Minasan pasti menginginkan kaki dan kuku dan yang indah. Sayangnya, kebiasaan memakai sepatu berhak tinggi, sandal dengan tumit atau jari kaki terbuka, dan memakai sepatu tertutup sepanjang hari membuat kaki dan jari menjadi rusak. Selain itu, kebiasaan yang buruk juga bisa membuat masalah bau kaki. Untuk mengatasi bau kaki dan masalah kaki lainnya, Minasan bisa melakukan home pedicure. Ini dia langkah-langkah praktisnya!

1. Merendam Kaki

Merendam kaki memiliki banyak fungsi, lho, Minasan. Tak hanya untuk mengangkat kotoran, merendam kaki juga bisa mengatasi bau kaki dan memberi perasaan rileks. Caranya sangat mudah. Cukup siapkan baskom atau ember kecil yang diisi dengan air hangat setinggi pergelangan kaki. Masukkan 1/2 ons garam mineral yang bisa didapatkan di toko-toko obat dan kosmetik. Jika tidak ada, tak perlu khawatir. Gunakan garam dapur yang mempunyai khasiat yang sama. Agar kelembapan kaki tetap terjaga saat direndam, tambahkan satu sendok makan minyak zaitun. Rendam kaki Minasan selama kurang lebih 10-15 menit. Larutan garam dan minyak zaitun berfungsi mengelupas kotoran dan sel kulit mati di kaki Minasan. Selain itu, larutan ini juga berfungsi menghaluskan kulit kering.
source: http://api2.ning.com/files/dj7KjSQgc-RCDDeGoVvzCPcN23-4uWMfsNs1q-74TuxMBxFPDPL9mPGipq8Xx*95fqvrKFVb-hCiCXWscAek9FQ5aFbM8RGn/Sport_Pedicure2.jpg

2. Melakukan Scrubbing

Sel kulit mati sangat merusak penampilan kaki. Sel kulit mati membuat kulit kaki tampak tidak cerah, kusam, dan kering. Untuk mengangkat sel kulit mati dan kulit kapalan, lakukan scrubbing pada kaki Minasan. Pilihlah butiran scrub yang berbentuk bulat dan tidak terlalu kasar. Butiran scrub yang tajam justru akan melukai kulit Minasan saat melakukan eksfoliasi. Perlu diketahui kalau scrubbing kurang cocok bagi Minasan yang memiliki kulit sensitif. Scrubbing bisa dilakukan dengan menggosok secara perlahan dan menggunakan gerakan satu arah atau grakan memutar. Gunakan sikat kaki atau batu apung jika lapisan sel kulit mati sudah menumpuk dan susah dibrsihkan. Jika sudah bersih, bilas kaki Minasan dengan air dingin hingga tak ada sisa scrub. Sisa scrub harus dipastikan sudah bersih sehingga tak akan meninggalkan kotoran baru.

3. Memotong Kuku Kaki

Kuku kaki harus rajin dipotong dan dibersihkan karena kuku yang hitam tentu menjadi sarang kuman yang menyimpan berbagai macam penyakit. Kuku yang kotor juga menimbulkan bau sehingga Minasan harus tahu cara mengatasi bau kaki. Untuk menghindarinya, potong kuku Minasan sesuai dengan bentuk jari. Karena bentuk jari tiap orang berbeda-beda, maka pemotongan kuku bisa berbentuk oval atau persegi. Setelah itu, kikir kuku Minasan secara serarah agar tidak merusak kuku. Bersihkan kutikula Minasan dengan menggunakan stick atau alat pendorong kutikula. Kutikula yang bandel memang bisa juga dipotong dengan pelan dan hati-hati. Namun, usahakan Minasan tidak sampai memotongnya karena kutikula berfungsi menahan bakteri agar tidak masuk ke dalam kulit.
source: http://www.pronails.com/sites/default/files/pedicure_stap_7_0_0.jpg

4. Memijat dan Merawat Kelembaban Kaki

Pemijatan sangat penting dilakukan pada saat home pedicure. Memijat kaki berfungsi untuk melemaskan otot-otot kaki Minasan yang lelah setelah melakukan berbagai aktivitas. Memijat kaki akan melancarkan peredaran darah dan memberi perasaan rileks. Sebelum memijat kaki, oleskan minyak esensial, bisa terbuat dari ekstrak zaitun, lavender, almond, dan lain-lain. Setelah merata, pijat kaki Minasan degan gerakan ke atas mulai dari jari kaki hingga betis. Lakukan gerakan secara satu arah untuk melancarkan aliran darah dan memberi manfaat bagi kesehatan Minasan.
source: http://happydayspas.com/wp-content/uploads/2014/05/FootMassage_lg.jpeg

5. Mewarnai Kuku

Langkah pewarnaan kuku memang tidak harus dilakukan. Langkah ini hanya ditujukan bagi Minasan yang menyukainya saja. Cat kuku bisa memberi kesan artistik bagi kaki Minasan yang sudah bersih dan sehat. Sebelum melapisi kuku dengan kuteks, berilah lapisan dasar terlebih dahulu untuk meratakan permukaan kuku dan menahan agar zat kimia tidak langsung masuk ke dalam kulit. Selanjutnya, poles cat kuku pada kuku Minasan dengan gerakan searah. Terakhir, poles top coat untuk melindungi agar cat kuku tidak mudah pudar.
source: http://www.champneys.com/media/91954/luxurypedicure600x300.jpg
Itulah langkah mudah home pedicure. Minasan bisa mendapatkan kaki cantik tanpa perlu merogoh kocek mahal dan pergi ke tempat spa. Silakan mencoba!