Punggung yang jarang dirawat tentunya dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Penyebabnya adalah lemak yang berlebihan karena kelebihan hormon saat pra-menstruasi dan stres. Penyebab yang lain adalah karena pola makan yang kurang baik. Makanan yang berlemak dan berminyak berisiko pada munculnya masalah kulit seperti jerawat.
Munculnya jerawat di punggung akan menurunkan rasa percaya diri Minasan. Selain itu, bekas jerawat belum tentu hilang dalam waktu yang singkat. Bekas jerawat bisa menjadi noda hitam membandel yang membuat punggung tak lagi mulus. Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat adalah mencoba perawatan punggung dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

1. Olesi Dengan Minyak Esensial

Sebelum melakukan berbagai macam perawatan pada punggung, oleskan minyak esensial terlebih dulu ke seluruh punggung Minasan. Minyak esensial ini bisa berasal dari bahan olive oil, almond, lavender, dan lain-lain. Minyak esensial dengan aromaterapi akan lebih bagus karena sekaligus memberi wangi yang menenangkan dan memberi rasa nyaman.

2. Massage

Jika Minasan sudah selesai dengan langkah pertama, sekarang saat nya melakukan massage. Caranya tekan bagian punggung dengan jari tengah, dari arah bawah hingga ke atas, lalu gerakkan memutar. Terapkan pada bagian punggung yang lain. Minasan juga bisa menggunakan gerakan massage yang lain, yaitu dengan menekan bagian tengkuk atau bagian belakang leher dengan gerakan dari atas ke bawah. Massage berfungsi untuk melancarkan aliran darah sehingga nutrisi akan tersalurkan ke seluruh tubuh dengan baik.
source: https://www.sporthotel-ellmau.com/uploads/tx_cnheader/massage_2.jpg

3. Scrubbing

Setelah pemijatan pada punggung dan bagian belakang leher, Minasan bisa mulai langkah kedua, yaitu scrubbing. Minyak esensial sangat penting dioleskan sebelum scrub agar bisa menghindari adanya iritasi kulit scrubbing. Pilihlah butiran scrub yang lembut dan berbentuk bulat. Jangan menggunakan butiran scrub yang berujung tajam karena justru akan melukai kulit Minasan. Scrub berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat di punggung. Scrubbing di punggung dikenal sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara ampuh. Minasan juga bisa menggunakan garam laut sebagai pengganti scrub. Garam laut bisa Minasan dapatkan di apotek atau toko kosmetik. Garam laut yang dicampur dengan minyak esensial juga bagus untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah melakukan scrubbing, basuhlah punggung Minasan dengan air hangat.
source: http://www.tanfaq.com/wp-content/uploads/2015/03/body-scrub.jpg

4. Gosok Dengan Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan lemak yang ada di permukaan kulit, gosok punggung Minasan dengan jeruk nipis. Mungkin pada awalnya akan terasa perih. Tapi, jeruk sangat berkhasiat sebagai antiseptik. Setelah digosok dengan merata ke seluruh punggung, diamkan dulu sejenak. Setelah itu, basuhlah kembali dengan air hangat.

5. Bubuhkan Bedak

Sebagai langkah terakhir, keringkan punggung dengan menggunakan handuk lembut. Jika sudah kering, bubuhi dengan bedak khusus untuk badan. Bedak berfungsi agar punggung Minasan tidak lembap dan sekaligus tidak menimbulkan jamur kulit.
Itulah 5 langkah mudah mengusir jerawat membandel di bagian punggung. Caranya sangat mudah, kan? Jika Minasan mempraktikkan langkah-langkah perawatan di atas secara tepat dan teratur, jerawat di punggung pun bisa diatasi. Selain itu perawatan ini juga bisa menjadi alternatif cara menghilangkan bekas jerawat di punggung. Selamat mencoba, Minasan!