Manicure adalah perawatan khusus untuk jari tangan dan kuku Minasan. Manicure diperlukan untuk menjaga keindahan tangan dan kuku. Beberapa masalah tangan dan kuku yang biasa muncul adalah kapalan, kuku bengkok, kuku masuk, jamur kuku, kuku rapuh, penebalan kutikula, penipisan kuku, alergi pada kulit, dan lain-lain. Seringkali Minasan dituntut untuk melakukan pekerjaan yang berat dan kasar. Tak heran hal itu membuat kuku dan tangan menjadi tak seindah yang diharapkan. Tapi, dengan melakukan manicure secara teratur dan tepat, Minasan bisa mendapatkan tangan dan kuku yang indah.
Untuk melakukan manicure dibutuhkan alat-alat tertentu seperti aseton, bola kapas, krim kutikula, pendorong atau penjentik kutikula, sabun cair, lotion, kikir kuku, gunting kuku, handuk, dan kuteks. Berikut ini tutorial praktis melakukan manicure di rumah:
source: https://graysuede.files.wordpress.com/2014/02/suvorna-ador-m77-manicure-kit.jpg

Langkah 1

Cuci tangan Minasan hingga bersih dan terbebas dari berbagai kotoran, termasuk kuteks dan bekas alergi pada kulit. Gunakan aseton untuk menghilangkan noda cat pada kuku. Untuk membersihkan bagian-bagian yang terdapat di bawah kuku, gunakan sikat gigi kecil. Tambahkan sabun cair agar lebih bersih. Sebaiknya hindari menggunakan sabun batang agar tak meninggalkan sisa noda di kuku. Gosok perlahan-lahan dengan gerakan satu arah.
source: http://seanails.com/wp-content/uploads/2014/08/spa-manicure-1.jpg

Langkah 2

Isi baskom manicure dengan air hangat atau susu. Rendam tangan Minasan selama kurang lebih lima menit. Langkah ini berguna untuk melunakkan kutikula kuku. Setelah merendam tangan, cuci tangan dengan air bersih. Keringkan tangan Minasan menggunakan handuk halus. Lalu gunakan pelembap ke seluruh permukaan tangan.

Langkah 3

Potong kuku Minasan. Agar tampak cantik, pastikan kuku Minasan memiliki panjang yang sama. Setelah itu, gunakan kikir kuku untuk merapikan bagian ujung kuku yang masih kasar. Untuk mengikir kuku secara tepat, gunakan kikir kuku secara searah. Kuku dapat dibentuk sesuai dengan keinginan Minasan. Bisa berbentuk persegi atau oval.
source: http://www.westendacademy.ca/images/blog-list-img-19.jpg

Langkah 4

Oleskan penghilang kutikula pada kuku. Dorong kutikula dengan pendorong kutikula. Jangan sekali-kali Minasan menarik kutikula. Potong kutikula yang susah dihilangkan dengan pendorong kutikula. Lakukan langkah keempat dengan hati-hati dan perlahan supaya tidak merusak jari Minasan. Setelah bersih, oles lotion atau minyak kutikula. Fungsinya adalah untuk menjaga kelembapannya.

Langkah 5

Oleskan penguat kuku sebagai lapisan dasar sebelum Minasan mulai mewarnai kuku. Jika sudah, kilapkan kuku Minasan. Langkah ini berfungsi untuk meratakan permukaan kuku yang tidak rata. Jika permukaan kuku sudah rata, oleskan kuteks sesuai warna yang Minasan inginkan. Jangan mengoles kuteks ke berbagai arah, karena ini akan membuat gumpalan dan garis-garis yang tidak rata. Sebaiknya oleskan kuteks searah dan satu kali. Jika sudah kering, baru tambahkan lapisan kedua untuk menutup bagian yang masih tidak rata.
source: http://www.blogcdn.com/www.stylelist.com/media/2013/03/manicure-at-home-620km111312-1363289798.jpg

Langkah 6

Setelah kuteks kering, gunakan top coat agar kuteks atau nail art Minasan bertahan lebih lama. Sebelum melakukan kegiatan lain yang membutuhkan tangan, pastikan kuteks Minasan benar-benar kering. Jika tidak, hal itu justru akan merusak keindahan kuku Minasan.
Nah, mudah bukan melakukan manicure sendiri di rumah? Alat-alat yang dibutuhkan pun tidak sulit dicari. Semoga berhasil mendapatkan kuku yang cantik, ya, Minasan!