Rasa tidak nyaman pada payudara ini terjadi karena produksi ASI yang meningkat. Ketika kondisi ASI sedang penuh, payudara akan terasa berat, mengencang, dan tidak nyaman. Kondisi yang tidak nyaman pada payudara tersebut biasanya terjadi sekitar tiga hari setelah persalinan. Rasa sakit itu disebabkan karena produksi hormon oksitosin yang meningkat. Nah, berikut adalah 5 perawatan tepat untuk payudara setelah menjalani proses persalinan. Selain bisa menghilangkan rasa sakit, perawatan ini pun merupakan cara mengatasi kulit payudara kendur jika dilakukan dengan benar.

1. Menghilangkan Rasa Sakit Akibat Menyusui

Pada saat menyusui, akan terjadi kontraksi pada rahim, sehingga menyebabkan sedikit rasa sakit. Para ibu umumnya juga akan merasakan sensasi tertentu pada saat bayi mereka menghisap ASI. Hal ini wajar terjadi karena adanya stimulasi dan aliran ASI yang mengalir menuju puting susu. Untuk mengatasi rasa sakit tersebut, Minasan bisa melakukan pemijatan lembut di bagian perut. Selain bisa meredakan rasa sakit, pijatan ini juga akan memberikan terapi relaksasi yang baik untuk tubuh.
source: http://a.dilcdn.com/bl/wp-content/uploads/sites/8/2011/08/woman-breastfeeding-baby-photo-420x420-ts-77297709.jpg

2. Meredakan Rasa Sakit Akibat Radang Payudara

Mastitis atau radang payudara adalah kondisi ketika payudara terasa sangat sakit dan disertai dengan gejala flu. Gejala ini bisa saja terjadi jika Minasan sering mengosongkan persediaan ASI ketika si bayi diberi susu formula. Untuk mengatasinya, Minasan bisa memakai antibiotik yang tersedia di apotek. Namun, pastikan Minasan membeli resep sesuai saran dokter sebelum mengonsumsi antibiotik tertentu.

3. Merawat Puting

Ketika menyusui, pastikan si bayi tidak mengisap susu tepat di puting. Posisikan rahangnya di sekitar aerola (bagian sekeliling payudara yang berwarna gelap dekat puting). Dengan begitu, puting akan masuk ke bagian belakang rongga mulut bayi. Usahakan untuk menggunakan payudara kanan dan kiri saat menyusui secara seimbang agar kedua payudara sama-sama difungsikan. Terakhir, hindari menggosok-gosok puting untuk membuatnya mengeras.
source: http://www.nursingbraexpress.com/sites/default/files/imagecache/product_homepage/bravado-original-nursing-bra-plus-white.jpg

4. Pegobatan Alami untuk Payudara

Saat ASI pertama keluar, beberapa ibu akan mengalami gejala umum seperti payudara mengeras, besar, terasa sakit, hingga timbul bengkak. Untuk mengatasinya, Minasan bisa menempelkan lapisan luar daun kol dalam bra atau kain flanel hangat pada payudara. Cara ini bisa mengurangi rasa panas dan mengurangi rasa sakit.

5. Perawatan Rutin untuk Payudara

Untuk menghilangkan rasa sakit pada payudara setelah melahirkan, Minasan bisa melakukan beberapa tips penyembuhan tertentu. Minasan bisa mengoleskan krim yang mengandung lotion calendula. Krim yang biasa dijual bebas di pasaran ini berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Untuk penyembuhan berkelanjutan, Minasan juga bisa melakukan pengobatan homeopati yang terbukti efektif, seperti kamomil, ignatia, pulsatilla, aconite, sulfur, grafit, dan silicea. Pengobatan tersebut juga merupakan salah satu cara mengatasi kulit payudara kendur yang bisa Minasan coba.
Itulah 5 perawatan tepat untuk payudara yang bisa Minasan terapkan pasca kehamilan. Jika dilakukan secara benar dan rutin, perawatan tersebut juga bisa menjadi cara mengatasi kulit payudara kendur secara efektif. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, Minasan sebaiknya mengkonsultasikan beberapa perawatan tertentu dengan dokter yang ahli di bidangnya. Hasilnya, dalam waktu tertentu payudara pun akan kembali ke bentuk normal yang kencang, lembut, dan nyaman meski Minasan telah melakukan proses persalinan.