Pada abad ke-7 Masehi, para dokter dan kimiawan seperti Ibnu Sina dan Al-Kindi telah menggunakan aromaterapi untuk pengobatan. Dalam sejarah, para ilmuwan sudah banyak menyebut tentang aromaterapi seperti mandi aromatik, bubuk aromaterapi, serta uap panas dengan wewangian yang berasal dari bunga-bunga. Hal ini menunjukkan bahwa aromaterapi sudah populer dan terbukti manfaatnya sejak zaman dahulu.
Aromaterapi bekerja melalui saraf penciuman (nervus olfaktorius) yang terbuka menuju otak. Aroma tersebut akan mengalir ke bagian yang melingkari otak, sehingga akan mempengaruhi emosi Minasan. Hal ini terjadi karena aroma tersebut menyentuh secara langsung pusat emosi yang kemudian menyeimbangkan tingkat emosional Minasan. Berikut ini 5 aromaterapi yang umum digunakan beserta manfaatnya.

1. Lavender

Aromaterapi ini adalah yang paling umum digunakan perempuan karena wanginya yang lembut. Lavender bermanfaat sebagai antidepresan, serta bisa mengurangi nyeri kepala dan stres. Pemakaian aromaterapi ini sangat direkomendasikan karena para peneliti membuktikan bahwa suasana dengan aroma yang wangi bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Aromaterapi ini bisa Minasan dapatkan dengan mudah di pasaran. Jangan lupa, pastikan Minasan menyimpannya di tempat yang gelap dan dingin. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
source: http://2.bp.blogspot.com/-Lf8jD43pLJc/VFNldYBsYRI/AAAAAAAAPhE/TYtnPo8vFBU/s1600/Aromatherapy.jpg

2. Rosemary

Selain bermanfaat sebagai stimulan dan analgesik, rosemary juga bermanfaat untuk meredakan nyeri kepala dan otot. Bila Minasan memiliki tekanan darah rendah, mandi dengan air hangat yang sudah dicampur dengan rosemary merupakan cara tepat. Cara ini juga efektif untuk mencegah bau badan. Caranya, masukkan lima sendok makan daun rosemary pada panci berisi empat gelas air mendidih. Tutup dan biarkan selama 30 menit. Ramuan tersebut bisa Minasan tambahkan dalam air mandi yang hangat. Rosemary akan merangsang sirkulasi dalam tubuh Minasan dan berperan sebagai tonik.
source: http://i0.wp.com/www.herbalogi.com/wp-content/uploads/2014/01/Minyak-Esensial-Rosemary.jpg?resize=600%2C450

3. Peppermint

Selain dua aromaterapi di atas, peppermint juga termasuk aromaterapi yang banyak dipilih perempuan. Aromaterapi ini bermanfaat sebagai dekongestan, antispasmodik, dan stimulan. Selain itu, aromanya yang fresh dan menyejukkan juga bisa digunakan untuk mengatasi mual dan kelelahan mental. Pemakaiannya yang cukup sederhana adalah dengan cara menghirupnya secara langsung.
source: http://www.mantechus.com/nnh-content/uploads/ho/home-care-benefits-of-eucalyptus-essential-oil.jpg

4. Eukaliptus

Meski tidak terlalu populer dibandingkan dengan yang lain, namun aromaterapi eukaliptus juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya yang terpenting adalah sebagai antidepresan. Minasan bisa mendapatkan aromaterapi ini di apotek atau toko herbal. Pastikan Minasan membeli aromaterapi yang murni, sebab banyak produk yang relatif lebih murah, namun sudah diencerkan dan diberi campuran bahan-bahan lainnya.
source: https://marunspa.files.wordpress.com/2012/06/essentialoilspicture.jpg?w=300&h=199

5. Rose

Sama dengan eukaliptus, aromaterapi dengan wangi rose bermanfaat sebagai antidepresan. Selain digunakan sebagai pewangi ruangan, aromaterapi ini juga bisa untuk pijat. Aromaterapi yang digunakan untuk massage bisa bermanfaat untuk mencegah bau badan. Namun, jika Minasan sedang hamil atau menyusui, sebagainya konsultasikan terlebih dahulu dengan terapis atau dokter profesional sebelum menggunakannya langsung pada kulit.
source: https://marunspa.files.wordpress.com/2013/07/11aroma2.jpg?w=705&h=435&crop=1
Untuk mendapatkan aroma yang berbeda, Minasan juga bisa mencampurkan aromaterapi yang satu dengan lainnya. Misalnya, Minasan bisa mencampurkan aroma lavender dengan peppermint yang ditambahkan minyak zaitun dan serai untuk pijat kaki. Campuran ini bermanfaat untuk membuat kaki lebih rileks, mencegah bau pada kaki, serta menghilangkan kulit yang kasar dan kering. Selain ramuan tersebut, masih banyak lagi ramuan lain yang bisa Minasan buat dari campuran beberapa aromaterapi. Nah, Minasan tertarik untuk mencobanya?