Nah, sekarang coba periksa permukaan kulit Minasan. Kulit sensitif memiliki ciri-ciri mudah menjadi merah, gatal atau perih ketika terkena bahan kimia tertentu, serta diikuti dengan gangguan pada permukaan kulit yang kering dan timbulnya jerawat. Ciri lainnya juga ditandai dengan adanya alergi pada kulit.
Ada beberapa penyebab yang membuat kulit menjadi sensitif. Pertama, adanya penggunaan bahan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit, namun dipakai dalam waktu lama. Efek yang ditimbulkan adalah terjadinya penipisan lapisan kulit, sehingga mengangkat sel-sel kulit. Kedua, paparan sinar matahari berlebih, sehingga kulit mengalami penuaan dini. Ketiga, alergi makanan tertentu yang menyebabkan kulit menjadi sensitif. Jika tidak mendapatkan perawatan yang benar, akan timbul berbagai masalah pada kulit, seperti rasa gatal, panas, dan perih. Nah, berikut adalah 5 cara mudah yang bisa Minasan lakukan untuk merawat kulit berjenis sensitif.

1. Kosmetik Hipoalergenik

Produk perawatan kulit hipoalergenik berfungsi untuk mencegah timbulnya reaksi iritasi atau alergi pada kulit. Produk perawatan ini terbuat dari bahan-bahan khusus yang lembut dan aman untuk kulit, sehingga baik untuk dipakai pada kulit sensitif. Minasan juga bisa memilih produk perawatan berlabel "for sensitive skin" yang memang khusus diproduksi untuk kulit sensitif.

2. Facial Wash Khusus

Ketika membersihkan wajah dari makeup, pilihlah makeup remover yang tidak mengandung sabun (soap free) dan tidak berbahan dasar alkohol. Kemudian, gunakan air, kapas, atau tisu pembersih ketika menghilangkan sisa makeup. Hindari memakai waslap atau handuk berbahan kasar yang dapat mengiritasi kulit. Selain itu, jangan menggunakan air yang terlalu dingin atau terlalu hangat. Suhu yang ekstrim akan membuat wajah tidak mudah menyesuaikan diri, sehingga timbul iritasi.
source: http://media1.onsugar.com/files/2013/01/01/4/192/1922153/871bd76c634fb473_wash.xxxlarge_1.jpg

3. Scrub yang Aman

Untuk scrubbing, pilihlah scrub dengan butir-butir yang tidak terlalu kasar dan banyak mengandung moisturizer. Selain itu, jangan terlalu sering melakukan scrubbing pada wajah dengan kulit sensitif karena dapat menimbulkan masalah tertentu. Cukup lakukan sekali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati.
source: http://imbbpullzone.laedukreationpvt.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2014/08/best_ways_to_exfoliate_acne_prone_skin__1_.jpg

4. Sun Block Hipoalergenik

Penggunaan tabir surya ketika akan beraktivitas di luar ruangan sangat dianjurkan bagi Minasan yang memiliki kulit sensitif. Hal ini karena kulit sensitif biasanya disebabkan oleh pancaran sinar matahari berlebih. Namun, pilihlah tabir surya yang bersifat hipoalergenik, sehingga tidak menimbulkan alergi pada kulit dan iritasi setelah menggunakannya.

5. Cermat Memilih Kosmetik

Kunci utama merawat kulit sensitif sebenarnya adalah ketika memilih kosmetik yang sesuai. Pilihlah kosmetik berdasarkan bahan dasar pembuatannya, bukan karena mereknya yang terkenal atau karena harganya yang sangat terjangkau. Untuk memastikan kosmetik tersebut sesuai dengan kulit wajah Minasan, oleskan terlebih dulu pada dagu bagian bawah. Tunggu reaksinya beberapa menit. Jika kemudian area itu terasa panas, gatal, atau perih, artinya kosmetik tersebut tidak cocok untuk kulit Minasan.
Itulah 5 perawatan khusus yang bisa Minasan aplikasikan untuk merawat kulit sensitif. Memang kulit sensitif membutuhkan perhatian ekstra, namun jika diberi perawatan dengan benar, tentu tidak akan banyak masalah lain yang timbul. Dengan perawatan secara teratur, kulit yang tadinya mudah memerah, gatal, dan panas pun akan menjadi sehat, kencang, dan tetap kenyal.