Beberapa faktor yang menyebabkan masalah kulit wajah menjadi kering adalah efek dari cuaca, ruangan ber-AC, penggunaan sabun yang tidak cocok, atau penggunaan obat-obatan tertentu. Selain itu, faktor genetik, usia, dan kurangnya nutrisi juga menjadi penyebab kulit kering. Nah, berikut adalah 7 perawatan yang tepat untuk Minasan lakukan untuk melembabkan kulit kering.

1. Hindari Terlalu Sering Membersihkan Wajah

Terlalu sering membersihkan kulit akan membuat kulit kehilangan formula alaminya. Hal ini terjadi misalnya ketika Minasan terlalu sering membersihkan kulit dari makeup, sehingga dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada di kulit. Ketika membersihkan kulit, sebaiknya gunakan facial wash yang mengandung bahan lembut.

2. Gunakan Pelembab

Kulit kering sebenarnya disebabkan karena kehilangan kadar kelembapannya. Oleh karena itu, penggunaan pelembab secara rutin akan mengembalikan kelembapan kulit. Sebaiknya, selalu gunakan pelembab sehabis mandi dan sebelum menggunakan makeup, serta lakukan pemijatan ringan setiap kali menggunakannya. Cara ini juga akan membuat kulit Minasan lebih lembut.

3. Gunakan Sun Block

Pancaran sinar matahari secara langsung dapat membuat kulit berjenis kering semakin terasa kusam. Karena itu, penggunaan tabir surya akan mengurangi dampak buruk akibat paparan sinar matahari. Jangan lupa untuk selalu mengoleskannya pada wajah setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah tabir surya yang mempunyai SPF minimal 15.

4. Minum Air Putih

Selain baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, ternyata air putih juga memiliki banyak manfaat untuk mempertahankan kelembapan kulit. Air putih bekerja dari dalam dan memberikan efek positif untuk permukaan kulit bagian luar. Sebaiknya, minum air putih 8-10 gelas per hari agar kulit selalu tampak sehat, segar, dan kenyal.
source: http://oxyro.in/images/room-01.jpg

5. Hindari Kandungan Alkohol Pada Kosmetik

Karena kandungan keras yang terdapat dalam alkohol, kosmetik yang mengandung alkohol dapat menyebabkan berbagai masalah kulit wajah, salah satunya kulit menjadi kering. Jadi, selalu periksa dulu bahan utama kosmetik Minasan sebelum membelinya. Sebaiknya, pilih produk kosmetik berbahan utama air atau berbahan herbal, sehingga bisa memberikan kesegaran untuk kulit.

6. Hindari Terlalu Lama Terkena AC

AC merupakan salah satu penyebab utama kulit menjadi kering. Menghindari berada di ruangan ber-AC dapat menjaga kelembapan alami kulit. Namun, jika Minasan memang diharuskan untuk bekerja di ruangan ber-AC, sebaiknya gunakan krim atau lotion secara merata pada kulit. Hal ini bisa membantu Minasan mencegah timbulnya masalah kulit wajah yang mengering.

7. Olahraga Secara Teratur

Olahraga secara teratur dapat membuat kulit menjadi segar dan tetap lekenyal. Sebaiknya, lakukan olahraga minimal 30 menit sehari untuk membuat kulit menjadi sehat. Hal ini karena saat Minasan berolahraga, toksin yang ada di kulit bagian dalam akan keluar bersama keringat melalui pori-pori. Selain itu, udara bersih di alam terbuka yang langsung menyentuh kulit juga akan membuat kulit serasa lembap.
source: http://i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/01983/exercise_1983470b.jpg
Itulah tujuh perawatan mudah yang bisa Minasan lakukan untuk merawat kulit kering. Jangan lupa imbangi perawatan di atas dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran segar setiap hari agar kulit mendapatan nutrisi alami dari alam. Kandungan zat gizi yang ada dalam buah dan sayur merupakan sumber makanan penting bagi kulit. Dengan melakukan perawatan di atas secara rutin dan teratur, kulit kering akan menjadi lembab, segar, dan kenyal.