Tips Agar Tidak Makan Berlebihan Pada Saat Stres

Bagi sebagian wanita terdapat kecenderungan untuk makan lebih banyak pada saat sedang mengalami stres. Namun jika hal ini terus dilakukan, tentunya bisa merusak program diet yang dijalankan dan susah untuk mencapai berat badan ideal.
Pada kondisi seperti ini, besar kemungkinan kita memasukkan berbagai macam makanan ke dalam mulut tanpa sadar. Oleh karena itu, disarankan untuk selalu mencatat apa saja makanan yang dikonsumsi per harinya.
Minasan bisa membuat catatan berupa tulisan maupun foto makanan apa saja yang telah dikonsumsi dari pagi hingga malam. Periksalah catatan ini sebelum tidur, sehingga Minasan dapat melakukan review seberapa banyak asupan yang telah dikonsumsi dalam sehari. Hal ini diharapkan dapat menciptakan kontrol diri sehingga Minasan dapat kembali menjalani pola makan sehat saat diet.
source: http://weheartit.com/entry/188198364/search?context_type=search&context_user=coffee_flowers&query=make+notes
Selain untuk membantu mengontrol agar tidak makan berlebihan saat stres, membuat catatan makanan juga dinilai ampuh sebagai salah satu cara makan sehat saat diet yang efektif. Mengapa demikian? Membuat catatan mengenai apa saja yang masuk ke dalam mulut mungkin bisa menjadi hal yang merepotkan. Bayangkan saja jika Minasan harus menulis atau mencatat setiap kali selesai makan. Terlebih lagi jika Minasa menambahkan informasi kalori dari setiap makanan yang Minasan konsumsi. Bagi sebagian orang hal ini akan terasa merepotkan sehingga dapat menimbulkan perasaan malas untuk makan.
Keuntungan lainnya adalah Minasan akan hafal dengan jumlah kalori makanan yang biasa Minasan konsumsi. Hal ini tentunya akan mempermudah Minasan untuk mengontrol jumlah kalori harian yang telah dikonsumsi.
Tetapi, mungkin ada kalanya kita tidak bisa mengontrol rasa ingin makan kita. Yang harus dilakukan pada saat terjadi seperti ini adalah bukan menghindarinya. Pilihlah asupan aman yang dapat memuasakan keinginan untuk makan. Kacang almond tanpa kandungan garam sangat disarankan untuk dijadikan camilan pada saat seperti ini.
source: http://weheartit.com/entry/group/82049206
Selain aman untuk program diet Minasan, kacang almond juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Konsumsi almond secara teratur sebagai makanan tambahan dapat meningkatkan sistem pencernaan dan menghindari Minasan dari penyakit gangguan pernapasan. Almond juga dapat meningkatkan daya ingat, mengontrol kadar kolesterol, dan meminimalkan risiko penyakit diabetes. Minasan setidaknya dapat mengonsumsi 20 butir kacang almond per harinya.
Alternatif lain yang dapat Minasan pilih adalah dengan mengunyah permen karet. Permen karet mampu memberikan efek rileks serta menunda lapar. Tetapi perlu diperhatikan juga, pilihlah permen karet yang low sugar ya, Minasan.

Perbaiki Cara Makan Agar Program Diet Sukses

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam cara makan sehat saat diet adalah hindari melakukan kegiatan lain saat sedang makan. Makan sambil menonton TV atau melihat layar smartphone akan membuat kita susah untuk mengetahui sudah seberapa banyak makanan yang kita konsumsi, sehingga memicu kita untuk makan dengan porsi yang lebih banyak. Mengapa begitu?
Pada dasarnya makan diperlukan untuk mengisi ulang energi yang telah kita gunakan. Yang menentukan apakah asupan yang kita makan sudah cukup untuk keperluan energi kita, dan menentukan rasa kenyang adalah otak, bukan perut. Sama halnya dengan kondisi perut. Otak juga turut serta berperan untuk menentukan apakah kondisi perut sudah penuh atau belum. Minasan mendapatkan rasa puas atau kenyang lewat apa yang dilihat, apa yang dicium oleh hidung, dan apa yang dirasa oleh gigi dan lidah.
source: http://lbr-japan.com/2014/06/09/45860/
Jadi, meskipun Minasan sudah mengonsumsi makanan dengan jumlah yang cukup, tapi jika dibarengi dengan melakukan kegiatan lain maka otak tidak bisa menerima sinyal dari mata, hidung, lidah maupun gigi. Hal inilah yang kemudian membuat kita susah untuk menerima sinyal bahwa kita sudah kenyang, sehingga menyebabkan makan dengan jumlah yang lebih banyak daripada biasanya.
Usahakan untuk fokus pada saat makan dan kunyahlah makanan secara perlahan. Fokus saat makan akan membantu otak untuk menerima sinyal kenyang lebih baik, sedangkan makan secara perlahan dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini tentunya dapat membantu Minasan agar bisa terhindar dari konsumsi makanan yang tidak perlu.
Saat Minasan merasa lapar sebaiknya jangan langsung memutuskan untuk memakan sesuatu. Pastikan apakah itu rasa lapar yang sesungguhnya atau mungkin hanya sekedar haus. Jika Minasan memang merasa lapar sebisa mungkin pilihlah asupan yang sehat. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kacang almond tanpa garam bisa menjadi pilihan. Selain kacang almond Minasan juga bisa memilih plain yogurt sebagai selingan di luar waktu makan. Kondisi perut yang sangat lapar pada saat jam makan juga tidak dianjurkan, karena hal ini dapat memicu Minasan untuk mengambil porsi yang lebih banyak daripada biasanya. Jadi, camilan itu boleh asal sehat, ya!
Perubahan pola makan saat diet itu pasti terjadi, namun jika dilakukan dengan benar kita pasti akan terasa mudah dijalani. Beberapa poin penting yang harus diingat adalah:
1. Terapkan pola makan yang menyenangkan, bukan pola makan yang membuat stres
2. Pilihlah makanan sehat sebagai camilan
3. Fokus dan kunyahlah secara perlahan pada setiap kali makan
4. Usahakan untuk tidak membiarkan perut terlalu lapar