Biasanya, banyak wanita yang lebih memilih menggunakan perawatan dengan kosmetik tertenru yang berfungsi untuk menyamarkan kerutan. Namun, bahan kimia yang terdapat di dalam kosmetik tidak semuanya baik untuk mengatasi masalah kulit wajah. Bahkan, jika Minasan memiliki alergi terhadap bahan tertentu, kosmetik yang tadinya digunakan untuk mencegah kerutan mungkin akan menimbulkan masalah lain seperti kulit kering, bersisik, atau berjerawat.
Melakukan pencegahan dengan produk herbal bisa menjadi pilihan tepat. Selain itu, Minasan juga bisa melakukan cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan senam wajah antikerut. Senam yang satu ini bisa jadi metode yang direkomendasikan karena mudah dan bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. Yuk, cari tahu 4 manfaat yang bisa Minasan dapatkan dengan melakukan senam wajah antikerut berikut ini.

1. Mengencangkan Pipi

Pipi merupakan area wajah yang mudah terlihat karena bagiannya yang luas. Minasan tentu tidak mau memiliki pipi yang kendur dan berkerut pada usia 30-an, bukan? Nah, untuk mencegahnya, Minasan bisa lakukan gerakan sederhana berikut ini. Letakkan kedua tangan Minasan di kedua pipi, kanan dan kiri. Usap pipi secara perlahan dan dengan sedikit tekanan dan pijatan. Setelah itu, tepuk-tepuk dengan perlahan. Minasan bisa mengulang gerakan ini sampai 10 kali untuk mendapatkan kulit pipi yang kencang tanpa kerutan.
source: http://www.gudangkesehatan.com/wp-content/uploads/2014/11/pijat-wajah.jpg

2. Menghalau Kerutan di Dahi

Area wajah lainnya yang mudah mengendur dan berkerut adalah dahi. Pada usia di atas 30 tahun, kulit dahi akan mudah berkerut karena biasa tertarik saat kita menyipitkan mata atau mengekspresikan sesuatu dengan mata kita. Untuk mencegah kerutan ini, Minasan bisa meletakkan kedua jari telunjuk di dahi bagian bawah. Lalu, tarik perlahan ke atas dengan posisi tangan memisah ke kanan dan ke kiri. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Minasan bisa mengulangi gerakan sederhana ini sebanyak 5 kali.
source: http://www.glitzmedia.co/uploads/posts/medias/eLdZ6Il7pGJHT2rnr74MteWIUKokcSN6.jpg

3. Mencegah Kerutan Pada Mata

Mata merupakan aset berharga bagi setiap wanita. Mata juga merupakan bagian wajah yang mudah diperhatikan orang lain, misalnya saja saat kita berbicara. Saat kita mengobrol dengan orang lain, lawan bicara kita akan menatap mata kita. Jika ada kerutan di bagian sekitar mata, tentu hal itu akan cukup mengganggu. Minasan bisa mempraktikkan gerakan berikut ini untuk mencegah kerutan pada mata. Pertama, letakkan jari tangan Minasan di ujung mata. Kemudian, tarik perlahan ke belakang dengan sedikit tekanan. Lakukan berulang-ulang hingga 10 kali. Hasilnya, bagian di sekitar mata Minasan akan menjadi lebih kencang.

4. Mengencangkan Bibir

Meskipun Minasan bisa menutupi kerutan pada bibir dengan lipstik, namun hal ini tentu hanya bersifat sementara. Saat Minasan tidak menggunakan riasan dengan kosmetik, kerutan itu akan menjadi masalah kulit wajah yang mengganggu penampilan. Nah, untuk mencegah adanya kerutan dan mengencangkan bibir, lakukan tiga langkah mudah berikut ini. Pertama, posisikan bibir dalam keadaan seperti akan mencium (seperti melafalkan huruf 'U'). Kedua, lakukan gerakan seperti sedang menyedot, sehingga pipi mengerut ke dalam. Ketiga, kembungkan pipi sehingga pipi mengembung.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, senam wajah antikerut di atas bisa Minasan lakukan tiga kali dalam seminggu. Minasan juga bisa mengulang-ulang gerakan hingga 5 sampai 10 kali. Jangan lupa, selain melakukan senam wajah di atas, konsumsi buah dan sayur segar setiap hari agar kulit semakin terlihat kencang, kenyal, dan sehat alami.