Biasanya, kulit menjadi kering karena beberapa penyebab. Ada penyebab internal yang datang dari diri kita sendiri, misalnya faktor genetik, usia, atau kurangnya asupan gizi dan nutrisi. Faktor eksternal seperti terlalu lama berada di ruangan ber-AC, cuaca yang tidak menentu, penggunaan sabun atau kosmetik yang tidak cocok, serta penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Untuk mengembalikan kelembaban kulit, Minasan bisa menggunakan 4 cara alami berikut.

1. Apel

Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat dalam buah apel sangat cocok untuk memberikan kelembapan pada kulit berjenis kering. Apel merupakan makanan untuk kulit sehat yang sangat direkomendasikan para ahli. Selain bisa dikonsumsi langsung, Minasan juga bisa mendapatkan banyak manfaat dari apel dengan cara mengolahnya menjadi masker. Caranya, siapkan satu perempat buah apel segar yang sudah dicuci bersih. Untuk menghindari adanya bekas pestisida yang menempel pada kulit apel, disarankan agar Minasan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kemudian, parut dan simpan di dalam lemari es sampai dingin. Gunakan sebagai masker wajah ketika kondisi parutan apel masih dingin. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas sampai bersih.
source: http://whatsupusana.com/wp-content/uploads/2014/05/Inside-Beauty-Healthy-Skin-Featured-Apple.jpg

2. Mentimun

Buah mentimun yang banyak mengandung air sangat baik untuk membuat kulit menjadi lembab. Cara pemakaiannya pun sangat sederhana. Siapkan satu mentimun, cuci hingga bersih. Lalu, potong-potong hingga menjadi beberapa bagian yang melingkar tipis. Usapkan pada wajah hingga merata, lalu diamkan sampai kering. Basuh wajah dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil optimal, Minasan bisa melakukan perawatan ini setiap hari.
source: http://vse-gosty.ru/wp-content/uploads/2012/02/how-to-use-cucumber-for-skin2.jpg

3. Susu & Madu Murni

Susu mempunyai kandungan alami yang baik untuk kesehatan kulit berjenis kering. Bahan tambahannya, madu, juga merupakan bahan herbal yang baik untuk kulit. Cara pemakaiannya adalah dengan mencampurkan 4 sendok makan susu bubuk dengan 2 sendok makan madu murni. Tambahkan 2 sendok makan air hangat ke dalam campuran tersebut, lalu aduk hingga semua bahan tercampur merata. Aplikasikan campuran ini pada wajah sebagai masker. Diamkan hingga 15 sampai 20 menit untuk mendapatkan hasil terbaik. Kemudian bilas hingga bersih.

4. Mandi Susu

Mandi susu juga sangat disarankan untuk mengatasi kulit kering di tubuh Minasan. Caranya, siapkan air hangat di bathtub. Tambahkan beberapa sendok susu bubuk serta 2 sendok teh minyak almond. Minasan juga bisa mengganti minyak almond dengan minyak zaitun. Gunakan untuk berendam selama beberapa menit. Ingat, saat mengerinkan tubuh, hindari menggosok-gosok tubuh dengan handuk yang kasar. Menggosok-gosok kulit secara berlebihan akan membuat permukannya semakin kering. Selain itu juga bisa menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Cukup tepuk-tepuk lembut kulit dengan handuk.
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Minasan bisa melakukan perawatan di atas setiap hari. Jika dilakukan dengan rutin dan teratur, kelembapan kulit Minasan akan kembali. Jangan lupa juga untuk mendukung perawatan di atas dengan mengonsumsi banyak air putih (minimal 8 sampai 10 gelas sehari) serta buah dan sayuran segar. Air putih yang banyak mengandung mineral serta buah dan sayuran yang mengandung banyak zat gizi merupakan makanan untuk kulit sehat yang baik untuk tubuh. Hasilnya, kulit pun akan tampak lebih sehat, lembab, dan kenyal.