Facial massage sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Masyarakat zaman dulu melakukan massage wajah secara tradisional untuk peremajaan kulit dan perawatan kulit kusam. Selain bisa menghilangkan rasa stres, facial massage juga berfungsi untuk membuat wajah kembali merona segar. Manfaat lain adalah untuk mencegah penuaan dini dan keriput. Namun, perlu diingat bahwa arah pemijatannya harus searah dengan arah otot dan aliran darah. Jika Minasan melakukan arah pemijatan yang berlawanan, justru akan memunculkan keriput pada wajah. Facial massage bisa Minasan lakukan secara teratur setiap hari selama 10-15 menit.
Sebelum melakukan facial massage, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Pertama, bersihkan wajah Minasan dari seluruh kotoran makeup dan debu. Setelah membersihkan wajah dengan milk cleanser, gunakan toner untuk mengembalikan kelembaban wajah. Jika wajah Minasan sudah bersih, poleskan pelembab atau minyak esensial (terbuat dari ekstrak almond, zaitun, atau lavender) ke seluruh wajah dan leher. Saat memoleskan pelembab atau minyak usahakan gerakannya menyapu ke atas. Hal ini untuk membuat wajah tidak kendur. Setelah persiapan tersebut selesai, saatnya Minasan mengikuti langkah-langkah pemijatan berikut ini!

Langkah 1

Tekan ibu jari dan telunjuk Minasan ke daerah-daerah wajah yang tegang. Daerah ini biasanya adalah daerah sudut dalam dan luar kedua mata. Tekan juga bagian pangkal alis. Lakukan tahap ini selama beberapa detik. Pemijatan ini akan melemaskan otot-otot Minasan yang kaku dan tegang.
source: http://cosmoface.ru/Content/UserImages/image/image003(1).jpg

Langkah 2

Pada tahap yang kedua, tepukkan tiga jari tangan ke seluruh wajah secara berirama. Lakukan tepukan ini mulai dari dagu, lalu bergerak ke garis rahang dan pipi, ke atas sampai hampir ke arah mata. Jangan menepuk tepat pada bagian mata karena daerah ini sangat sensitif.

Langkah 3

Setelah gerakan menepuk, Minasan bisa mulai melakukan pemijatan. Gunakan dua jari untuk memijat kening, mulai dari batas alis sampai garis rambut. Pemijatan ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah. Dengan bantuan pelembap atau minyak atsiri, Minasan akan lebih mudah melakukan pemijatan. Nutrisi pun akan terserap dengan mudah. Teknik memijat juga menjadi salah satu cara perawatan kulit kusam.
source: http://tranquilitymassageds.com/yahoo_site_admin/assets/images/facial_massage.323214139_std.jpg

Langkah 4

Pada tahap terakhir, gunakan kedua tangan secara bersama-sama untuk memijat bagian hidung dan mulut. Setelah itu, usapkan tangan ke seluruh bagian wajah beberapa kali. Gerakan facial massage bisa memberi banyak manfaat karena bisa melancarkan aliran darah, mengencangkan otot-otot, mengembalikan vitalitas wajah, serta sebagai alternatif alami perawatan wajah kusam.

Langkah 5

Langkah kelima merupakan langkah terakhir pemijatan wajah. Setelah selesai memijat wajah, Minasan bisa mulai memijat bagian leher. Gunakan seluruh jari dengan gerakan memijat ke atas. Tekankan pada ibu jari untuk bagian tengah leher.
Facial massage bisa Minasan lakukan secara teratur pada pagi dan malam hari. Untuk pemijatan pada pagi hari, cubit pelan-pelan daerah wajah, mulai dari tulang pipi sampai garis rahang. Lakukan gerakan ini dengan agak cepat supaya bisa membangkitkan semangat dan menyegarkan wajah Minasan. Sedangkan untuk pemijatan malam hari, lakukan gerakan melingkar menggunakan jari telunjuk. Lakukan gerakan ini dengan lambat supaya Minasan dapat lebih rileks. Cara ini juga bisa membantu Minasan mengatasi masalah susah tidur.
Itulah ulasan tentang facial massage atau pijat wajah. Tidak sulit, kan? Tak perlu repot-repot pergi ke salon atau tempat spa untuk menyegarkan dan mempercantik wajah. Minasan bisa melakukannya sendiri. Selamat mencoba!