1. Kebiasaan Mengeksfoliasi

Apakah Minasan sudah familiar dengan istilah eksfoliasi? Kebiasaan eksfoliasi ini adalah kegiatan yang sering dilakukan wanita untuk mengangkat lapisan kulit paling luar atau epidermis. Biasanya, kebiasaan ini sering dilakukan pada kulit wajah dengan memakai scrub dari bahan yang kasar dan keras. Ternyata, butiran scrub yang keras justru dapat merusak wajah Minasan. Banyak produk kecantikan yang memilih bahan dasar seperti kerang, kacang, dan biji-bijian sebagai eksfoliator. Sayangnya, masih banyak butiran-butiran itu yang terlalu kasar untuk kulit dan bahkan mempunyai sudut yang tajam. Nah, mulai sekarang coba Minasan perhatikan scrub yang Minasan gunakan. Untuk meminimalkan efek yang kurang baik, pilihlah scrub yang berukuran kecil dan berbentuk bundar. Namun, jika Minasan sudah menemukan scrub yang bagus, jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi. Cukup lakukan dua atau tiga kali seminggu, dan pilihlah perawatan wajah alami menggunakan bahan-bahan dari alam.

2. Berendam Dengan Air Hangat

Berendam di air hangat memang bisa membuat tubuh merasa rileks dan nyaman. Terkadang Minasan menjadi malas untuk segera beranjak dari bak mandi. Namun, tahukah Minasan bahwa terlalu lama berendam di air hangat sebenarnya justru tidak baik untuk kesehatan kulit? Air hangat justru membuat lapisan lipid atau lapisan pengikat sel kulit menjadi terkikis. Padahal lapisan itu berfungsi mengikat sel agar kulit tetap lembab. Walaupun setelah selesai berendam air hangat lapisan ini akan terbentuk lagi, namun selama proses tersebut, kelembaban tubuh telah berkurang dalam jumlah banyak.

3. Mengernyitkan Mata

Kebiasaan ini kelihatannya sepele ya, Minasan. Tapi, jika Minasan mengernyitkan mata terlalu sering dalam sehari, bisa dibayangkan sudah berapa banyak kerutan di sekitar mata yang muncul? Hal itu juga akan membekas akibat kebiasaan ini. Agar Minasan tidak terlalu sering mengernyitkan mata, cobalah memeriksa kesehatan mata Minasan. Periksa kesehatan mata secara rutin 6 bulan sekali. Mata yang normal akan membuat Minasan dapat melihat sesuatu dengan jelas tanpa harus terlalu sering mengernyitkan mata.

4. Tidur Dengan Posisi Menyamping

Apakah Minasan tahu kalau tidur degan posisi menyamping ternyata berpengaruh pada peremajaan kulit wajah? Saat Minasan tidur dalam posisi miring, gravitasi bumi membuat cairan menumpuk di bagian bawah mata. Hasilnya, mata menjadi bengkak dan berkantung. Wanita yang cenderung suka tidur menyamping akan memiliki banyak kerutan di wajah. Garis-garis wajah juga akan terbentuk karena terlalu sering kontak dengan sarung bantal. Untuk meminimalikan hal ini, cobalah Minasan mengganti sarung bantal dengan bahan sutra yang lembut sehingga tak membuat bekas saat Minasan tidur dalam posisi menyamping.
source: http://www.alenebrennan.com/wp-content/uploads/2014/09/Web_MindfulSleeping.jpg

5. Konsumsi Makanan Asin

Kebiasaan yang berkaitan dengan asupan juga harus dihindari agar Minasan mendapatkan kulit wajah yang halus. Kebiasaan makan makanan asin sangat tidak bagus untuk kulit. Sodium yang terdapat dalam garam bisa mengangkat kelembaban kulit sehingga kulit menjadi kering. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah mengonsumsi makanan sehat yang tidak terlalu asin. Makanan yang banyak mengandung vitamin seperti sayur, buah, dan kacang-kacangan sangat bagus untuk kesehatan kulit.
Itulah lima kebiasaan yang harus Minasan hindari agar kulit wajah menjadi mulus. Menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut sama pentingnya dengan melakukan perawatan wajah alami. Tidak sulit, kan? Selamat mencoba, ya!