Biasanya, kerutan banyak muncul di daerah sekitar dahi, bagian bawah mata, pipi, serta di sekitar mulut. Hal ini terjadi karena adanya proses penuaan pada sel-sel kulit, sehingga kekencangan alami kulit akan menghilang. Namun, Minasan tak perlu khawatir karena banyak cara bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah kulit wajah tersebut.
Cara yang banyak digunakan perempuan adalah dengan menggunakan krim anti-aging atau kosmetik lainnya yang dapat menyamarkan kerutan. Namun, penggunaan kosmetik tidak terlalu dianjurkan karena banyak mengandung bahan kimia. Jika kita tidak cermat memilih, pemakaian kosmetik tertentu justru bisa mempercepat timbulnya kerutan pada wajah. Selain itu, pemakaian kosmetik tertentu yang tidak sesuai dengan kulit wajah justru akan menimbulkan masalah lain seperti timbulnya jerawat atau iritasi.
Cara lain yang lebih dianjurkan adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal. Karena sifatnya yang alami, bahan-bahan ini tidak akan memberikan efek samping yang berbahaya untuk kulit. Selain itu, nutrisi yang banyak terkandung di dalamnya pun merupakan makanan terbaik yang diperlukan kulit. Nah, simak 3 bahan alami yang bisa Minasan pakai untuk mengurangi kerutan wajah berikut ini.

1. Bayam

Selain bisa dikonsumsi secara langsung sebagai bahan makanan, Minasan juga bisa menggunakan bayam untuk mengurangi kerutan wajah secara langsung. Caranya, siapkan daun bayam segar secukupnya. Pastikan Minasan mencucinya sebersih mungkin untuk menghindari sisa pestisida yang menempel pada daun. Tambahkan sedikit air dan haluskan dengan blender atau juicer. Untuk menggunakannya, gunakan masker bayam dengan kapas bersih. Gosokkan kapas yang sudah dibasahi masker bayam tersebut pada sudut mata, dahi, sekitar dagu, dan sudut mulut. Gosokkan pada semua area tersebut dengan gerakan memutar selama 5 menit. Kemudian, bersihkan wajah menggunakan air dingin. Minasan bisa melakukan perawatan ini 2 kali sehari, yaitu setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

2. Kentang

Kentang juga dapat diaplikasikan sebagai masker yang berfungsi untuk mengatasi masalah kulit wajah. Caranya pun sangat sederhana. Siapkan satu buah kentang segar. Kupas kulitnya, cuci hingga bersih, lalu parut. Gunakan parutan kentang ini untuk masker wajah. Diamkan masker yang sudah merata di wajah hingga kurang lebih setengah jam atau sampai masker benar-benar kering. Kemudian, bersihkan wajah dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Minasan bisa menggunakan perawatan ini secara teratur.

3. Pepaya

Untuk membuat masker pepaya sebagai bahan yang dapat mengurangi kerutan wajah, diperlukan bahan lain sebagai tambahan. Pertama, potong sedikit buah pepaya dan kupas kulitnya. Blender hingga halus, campurkan 3 sendok pepaya yang sudah dihaluskan tersebut dengan 1/3 cangkir outmeal yang belum dimasak dan satu sendok makan madu murni. Aduk ketiga bahan tersebut hingga merata. Untuk memakainya sebagai masker wajah, gunakan kuas wajah atau kapas. Diamkan sekitar 30 menit hingga masker tersebut mengering. Terakhir, basuh wajah menggunakan air hangat.
Meski kerutan di wajah tidak bisa dihilangkan seluruhnya, namun dengan menggunakan 3 bahan alami di atas, kerutan akan berkurang. Selain itu, Minasan juga bisa menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mempercepat timbulnya kerutan seperti kebiasaan merokok, kebiasaan tidur dalam posisi miring, atau kebiasaan menyipitkan mata ketika menghadapi masalah penglihatan. Dengan begitu, kerutan akan berkurang, sehingga Minasan akan terlihat lebih muda.