Perhatikan Kebutuhan Kalori Harian

Aktivitas seperti olahraga, belajar, bekerja, berbelanja, mandi, dan rutinitas sehari-hari yang menggunakan fisik maupun otak akan menguras kalori. Tentu saja hal ini berbeda tergantung beban aktivitas dan kebutuhan masing-masing tubuh seseorang.
source: http://kumiko-jp.com/archives/62044.html
Bagi ibu yang baru saja melahirkan, setidaknya membutuhkan 2400~2800 kcal dalam sehari sebab membutuhkan lebih banyak energi karena menyusui dan aktivitas mengurus anak. Jadi, kamu tidak bisa mengikuti patokan kalori bagi orang diet pada umumnya, karena hal ini akan membahayakan kesehatanmu. Tapi kamu juga harus memperhatikan agar tak mengonsumsi lebih dari batas kalori itu jika tak ingin dietmu gagal.

Makan 4~5 Kali Sehari

Hanya makan 3 kali sehari bagi ibu yang baru saja melahirkan sangat tidak disarankan. Walaupun menjalani program diet, idealnya ibu yang baru melahirkan harus makan 4~5 kali dalam sehari. Pasca melahirkan, kamu akan merasa lebih mudah lapar daripada saat masa kehamilan. Hal ini wajar, sebab pasca melahirkan, seorang ibu akan membutuhkan energi lebih besar karena kesibukan barunya merawat dan menyusui sang bayi.
source: http://marubatsu-kukan.com/archives/1733
Jika kamu makan hanya 3 kali dalam sehari, ada kemungkinan pada waktu makan berikutnya kamu akan menjadi sangat lapar dan makan dengan porsi sangat banyak. Selain itu, jika lapar datang di sela-sela jam makan, bisa jadi kamu justru akan memilih camilan tidak sehat yang dapat memicu gagalnya dietmu.

Kunyah Dengan Baik

Kesibukan baru menjadi seorang ibu bisa-bisa membuatmu lupa atau tak sempat makan. Menyempatkan makan di saat bayi sedang tertidur biasanya banyak dilakukan oleh para ibu di sela-sela kesibukan lainnya. Biasanya para ibu akan makan sambil terburu-buru karena dalam kondisi mencuri-curi waktu di tengah kesibukan. Tapi ini bukanlah hal yang baik terutama jika kamu ingin sukses membentuk tubuh setelah melahirkan.
source: http://speedprosignssteinbach.com/archives/2337
Mengunyah makanan terlalu cepat akan membuatmu mudah merasa lapar. Nikmati dan kunyah dengan baik makananmu akan membuat dietmu jauh lebih efektif. Makanan yang dikunyah sampai lembut akan meringankan kerja lambung dan mampu membuat perutmu merasa kenyang lebih lama.

Minum Cukup Air

Minum air tidak hanya penting bagi kesehatan dan kecantikan, tapi juga baik untuk dietmu. Minum air akan membantu mengeluarkan zat tidak berguna dari dalam tubuhmu melalui keringat dan air seni. Terlebih lagi bagi kamu yang baru saja melahirkan, kamu butuh banyak minum agar produksi ASI lancar. Selain itu, kamu harus memenuhi kebutuhan air lebih banyak karena kulit cenderung menjadi kering dan sensitif pasca melahirkan.
source: http://www.skinnymom.com/5-health-numbers-that-matter/
Usahakan kamu minum tidak hanya pada saat merasa haus saja, karena minum air adalah kebutuhan yang wajib dipenuhi walaupun kamu tidak merasa haus. Disarankan minum air dengan suhu normal atau air hangat untuk meningkatkan metabolisme tubuhmu. Metabolisme tubuh yang baik akan berkaitan secara langsung dengan dietmu, lho!
source: http://newmomsforum.com/site-stuff
Sebagai kesimpulan akhir, poin penting saat menjalankan diet untuk membentuk tubuh setelah melahirkan antara lain adalah tidak meninggalkan konsumsi karbohidrat & protein, penuhi kebutuhan mineral (zat besi, kalsium, zinc, dan asam folat,), hindari konsumsi lemak, konsumsi kalori antara 2400~2800 kcal per hari, kunyah makanan dengan baik, serta cukup minum air. Semoga berhasil, yal!