Bersihkan Pori-Pori Secara Berkala

Cara terbaik untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah yang membesar adalah membuatnya tetap bersih dan tidak tersumbat. Kotoran yang menumpuk pada pori-pori Minasan akan membentuk komedo yang secara visual dapat membuat pori-pori terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Untuk membersihkan pori-pori, Minasan dapat menggunakan sabun wajah yang mengandung salicylic acid atau charcoal setiap hari. Salicylic acid dan charcoal mampu membersihkan kulit wajah dari kotoran dan jerawat serta komedo. Untuk perawatan mingguan, Minasan dapat menggunakan facial scrub yang memiliki kandungan daun neem. Basahi wajah dengan air hangat agar pori-pori wajah terbuka dan komedo lebih lembut, kemudian gunakan scrub secara perlahan ke seluruh wajah dan terakhir, bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori menutup kembali.
source: http://www.seventeen.com/beauty/makeup-skincare/g831/how-to-unclog-your-pores/?slide=3
With purifying charcoal & polishing micro-crystals, this formula gets deep into pores, to draw out and bind to pore-clogging dirt & oil.
source: http://www.seventeen.com/beauty/makeup-skincare/g831/how-to-unclog-your-pores/?slide=3

Gunakan Masker Clay Seminggu Sekali

Sudah membersihkan wajah dengan facial wash dan facial scrub yang tepat tapi pori-pori masih saja tersumbat? Jangan khawatir, Minasan, hal ini sering terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya Minasan juga melakukan perawatan dengan masker clay seminggu sekali. Masker yang mengandung clay memiliki kemampuan untuk menyerap minyak berlebih yang menjadi penyebab komedo dan jerawat serta membersihkan pori-pori dari komedo yang membandel. Komedo tersebut akan terangkat oleh masker clay, karena masker clay memiliki daya hisap yang kuat. Minasan juga bisa mencampur masker clay dengan madu propolis. Madu propolis yang memiliki zat anti bakteri berguna untuk membuat wajah Minasan lebih bersih dan bebas dari kuman dan bakteri penyebab jerawat dan komdeo.
source: http://www.teenvogue.com/gallery/easy-tips-to-shrink-your-pores/2
Clay masks are a quick and gentle way to wick oil out of congested pores.
source: http://www.teenvogue.com/gallery/easy-tips-to-shrink-your-pores/2

Kecilkan Pori-Pori Dengan Retinol

Tips mengecilkan pori-pori wajah lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan krim wajah yang mengandung retinol. Retinol merupakan zat turunan dari vitamin A yang dikenal ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mencegah penuaan. Dengan menggunakan krim wajah yang mengadung retinol, kulit Minasan dapat lebih maksimal melakukan regenerasi. Regenerasi kulit tidak hanya menyamarkan kerutan sehingga kulit menjadi lebih muda, namun juga dapat membuat pori-pori menjadi lebih kencang dan terlihat mengecil. Jika Minasan masih berusia awal 20-an, sebaiknya penggunaan retinol diselingi dengan krim malam yang lebih ringan agar tidak terjadi iritasi pada kulit Minasan.
source: http://www.huffingtonpost.com/2012/07/05/shrink-pore-size-face-dermatologist_n_1644018.html
"Certain products that have retinol [a derivative of vitamin A and well-known acne fighter and anti-ager] can make pores appear smaller," says Dr. Jaliman.
source: http://www.huffingtonpost.com/2012/07/05/shrink-pore-size-face-dermatologist_n_1644018.html

Lakukan Treatment di Klinik Kecantikan

Bila Minasan memiliki dana berlebih, laser bisa menjadi perawatan yang tepat untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah Minasan. Jenis perawatan laser yang disarankan oleh dokter adalah IPL (Intense Pulse Light Therapy) dan LED ( Light Emitting Diode). Cahaya yang dipancarkan oleh LED dan ILP mampu menjangkau pori-pori Minasan lebih dalam dan mampu memproduksi kolagen lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan masker clay atau retinol. Cahaya tersebut mampu menembus bagian bawah kulit Minasan namun tidak merusak permukaan kulit dan yang terpenting, perawatan laser tidak menyakitkan sama sekali. Walaupun pori-pori terlihat lebih baik pada saat perawatan pertama, Minasan disarankan untuk menjalani 8 kali perawatan laser agar hasilnya lebih maksimal.
source: http://www.skininc.com/treatments/facial/antiaging/15106511.html
IPL (Intense Pulsed Light therapy) and LED (light-emitting diode) can make pores look smaller.
source: http://www.skininc.com/treatments/facial/antiaging/15106511.html
Demikianlah berbagai macam perawatan yang dapat Minasan lakukan untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah yang membesar. Sebaiknya Minasan melakukan perawatan ini secara berkala agar hasilnya lebih maksimal dan tidak mengecewakan. Jika Minasan ingin melakukan perawatan laser, sebaiknya kunjungilah klinik kecantikan atau rumah sakit yang benar-benar terpercaya agar dana yang Minasan sudah keluarkan tidak terbuang dengan sia-sia. Semoga artikel ini dapat membantu memecahkan masalah Minasan. Have a nice day!