Cegah Jerawat Sejak Awal

Pencegahan lebih baik daripada mengobati. Cara menghilangkan bekas jerawat adalah mencegah jerawat sejak awal pembentukannya. Tentu saja, jika tidak ada jerawat, tidak ada jejak yang ditinggalkan. Semua itu dapat dicapai dengan perawatan kulit yang tepat, seperti: menghapus makeup setiap kali sebelum mencuci wajah dengan pembersih yang mengandung asam salisilat agar pori-pori bersih dan kulit mampu bernapas, serta menghindari kotoran menumpuk yang menyebabkan jerawat itu sendiri. Perlu diketahui, asam salisilat merupakan salah satu musuh jerawat yang paling efektif. Namun jika jerawat terlihat mulai tumbuh, oleskan produk krim yang juga mengandung asam salisilat. Jangan biarkan jerawat semakin tumbuh dan matang, ya!

Lakukan Eksfoliasi Kulit (Pengelupasan Kulit)

Membersihkan wajah tidaklah cukup. Minasan juga harus menggosok lembut wajah dengan scub agar sel-sel kulit mati mengelupas setiap malam hari untuk membersihkan kotoran yang menumpuk pada siang hari. Jika kulit sensitif, lakukan saja dua atau tiga kali dalam seminggu. Untuk DIY scrub lembut, campurkan satu sendok teh baking soda dengan pembersih wajah favorit Minasan. Butiran halus dari baking soda tidak akan terlalu kasar pada kulit, sehingga bersih dan bersinar dalam waktu singkat. Lakukan gerakan melingkar di seluruh area wajah karena bisa melancarkan sirkulasi darah di area tersebut.

Waspadai Radang

Selama melakukan perawatan bekas jerawat, waspadai radang! Jika wajah Minasan terlanjur terkena peradangan kulit dengan ditandai kemerahan di sekitar bekas jerawat. Untuk meminimalisirnya, gunakan masker wajah. Pilih krim masker yang mengandung lidah buaya, licorice, teh hijau, dan gandum. Bahan-bahan tersebut juga mengandung antioksidan yang membantu meringankan peradangan kulit, mengurangi kemerahan, dan membantu menyamarkan jerawat.

Selektif Memilih Produk Krim

Selama perawatan menghilangkan bekas jerawat, sebaiknya minasan lebih selektif menggunakan produk kecantikan. Ada banyak produk di pasaran jika ingin memilih produk pencerah kulit. Pastikan produk mengandung bahan aktif seperti ekstrak licorice, minyak pohon teh, vitamin C, ekstrak murbei, arbutin dan kojic acid, yang membantu dalam membantu kulit lebih cerah. Hindari produk yang memiliki hydroquinone, yang dikenal juga sebagai karsinogenik, bahan ini sering ditambahkan dalam krim pemutih karena efektivitasnya. Terlebih si pemilik kulit gelap, hindari bahan tersebut karena dapat menyebabkan kerusakan melanin kulit.

Retinol dan Kortison Dengan Resep Dokter

Kortison dan retinol dapat mendorong pembentukan kolagen dari dalam tubuh, yang begitu penting dalam perawatan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat karena bisa membuat kulit terlihat sehat dan awet muda. Meskipun ada produk yang mengandung bahan-bahan ini yang bisa dibeli di pasaran, sebelum membeli produk yang mengandung dua bahan tersebut, sebaiknya Minasan tetap membelinya dengan saran dan resep dari dokter ahli karena para ahli mengetahui kadar dan dosis anjuran pemakaian yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita.

Dapatkan Perawatan Profesional

Ada banyak perawatan dan prosedur di pasaran sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, termasuk mengobati dan meminimalkan munculnya bekas jerawat dengan beberapa metode yang diawarkan oleh dermatologists. Daripada mencoba-coba atas saran banyak orang, sebaiknya Minasan membuat janji dengan dokter kulit atau dokter kecantikan berlisensi dan berkonsultasilah untuk mendapatkan perawatan terbaik. Karena pada dasarnya, tidak ada bekas jerawat yang sama sehingga membutuhkan metode perawatan dan pengobatan yang berbeda.