Mengapa Sugar Wax?

Sugar wax, atau lebih tepatnya disebut dengan "body sugaring" adalah sebuah teknik yang telah lama digunakan oleh orang Mesir kuno. Cara alami menghilangkan bulu ini menggunakan pasta gula yang terbuat dari madu, gula, dan air lemon. Bahan campuran ini memiliki tekstur seperti wax (lilin), bahkan memiliki warna yang sama. Namun, sugar wax tidak meninggalkan residu yang lengket, bahan-bahan pengawet dan bahan-bahan pewarna seperti yang terdapat pada wax tradisional. Campuran dari sugar wax ini dihangatkan sedikit hingga mencapai temperatur ruangan, diaplikasikan berlawanan dengan tumbuhnya rambut dan ditarik searah dengan arah tumbuhnya rambut. Teknik ini tentunya berbeda dengan teknik yang digunakan saat menggunakan wax konvensional.

Sugar Wax vs Wax Biasa

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, teknik pencabutan bulu dengan sugar wax dan wax biasa memiliki perbedaan. Sugar wax dioleskan searah tumbuhnya bulu, namun dicabut berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu, sedangkan wax konvensional menggunakan teknik yang berlawanan. Menghilangkan bulu dengan wax konvensional adalah rentannya rambut untuk tumbuh ke dalam (ingrown hair). Pengalaman tumbuhnya rambut ke dalam ini tentu saja bukan merupakan pengalaman yang menyenangkan, apalagi jika tumbuh di area bikini.
source: http://www.greenprophet.com/wp-content/uploads/2013/01/sugar-wax-hair-removal.jpg
Sugar waxing hanya melekat pada folikel rambut, dan bukan pada sel kulit yang hidup. Substansi wax konvensional biasanya menempel ke sel kulit hidup karena kandungan resin yang terdapat di dalamnya. Hal ini menyebabkan sakitnya kulit saat melakukan proses waxing dan juga dapat mengangkat kulit kita. Sebagai akibatnya, kulit kita dapat terasa terbakar dan mengelupas. Sugar waxing tidak pernah menempel ke sel kulit yang hidup karena hanya menempel ke sel kulit yang mati dan hanya sebatas ke akar rambut saja.

Bahan-Bahan Sugar Wax:

1/4 cup gula putih atau gula merah
2 sdm air putih
1 1/2 sdm air lemon
Garam (tidak wajib)
source: http://www.homehairremovalblog.com/wp-content/uploads/2012/07/sugaring.jpg
I created this homemade hair removal wax last night and I must admit, I was blown away by how easy it was. The mixture did explode in my microwave and cause a very sticky mess, but clean up was easy and in just a few minutes, I had my very own natural wax. If you are sensitive to wax, patch test a small spot on your arm or leg to see if reactions occur.
source: http://www.homehairremovalblog.com/wp-content/uploads/2012/07/sugaring.jpg

Bahan Lain yang Diperlukan:

Sehelai kain (kaos bekas, kain katun)
Spatula kecil untuk mengoleskan wax (bisa dari bekas pegangan es krim)

Langkah-langkah Membuat Sugar Wax:

1. Campur seluruh bahan di wadah yang aman untuk diletakkan ke dalam microwave dan masukkan ke dalam microwave selama 30 detik.
2. Aduk seluruh bahan hingga merata dan masukkan ke dalam microwave selama 30 detik lagi. Hati-hati saat mengaduknya karena panasnya campuran bahan-bahan ini.
3. Keluarkan dari microwave dan biarkan hingga temperaturnya turun dan terasa tidak menyakitkan ketika dioleskan ke kulit.
4. Kamu akan membutuhkan sehelai kain sebagai alat untuk mencabut bulumu. Jadi, gunakan kaos bekas yang tidak terpakai, atau sehelai kain katun.
5. Oleskan wax secara tipis ke area yang diinginkan (catatan: hindari pemakaian di wajah) dan aplikasikan searah dengan arah tumbuhnya rambut. Setelah itu, langsung letakkan sehelai kain ke atas wax yang telah dioleskan tadi.
6. Tekan kain dengan lembut dan pastikan bahwa kain telah merekat ke wax. Angkat secara perlahan dan tarik secara cepat kain yang menempel dan berlawanan arah dengan arah tumbuhnya rambut.
7. Bersihkan area dengan air saja dan kamu dapat menyimpan sisa wax di dalam kulkas. Untuk menggunakannya kembali, gunakan microwave atau kucurkan air panas di luar wadahnya hingga wax dapat dioleskan kembali.
youtube:GVKrLumCEpA
source: https://www.youtube.com/watch?v=GVKrLumCEpA
DIY ♥ Sugaring Wax Recipe and Tutorial