Padatnya aktivitas dan kegiatan sehari-hari seringkali dijadikan satu alasan untuk tidak membersihkan peralatan makeup yang sudah di pakai. Akibatnya sisa-sisa kosmetik masih menempel di kuas dan menyimpan banyak bakteri. Lalu, karena rasa malas dan durasi waktu yang sedikit untuk berdandan, tidak jarang juga banyak orang langsung menggunakan kuas yang masih kotor untuk mengaplikasikan makeup mereka.
Taukah Minasan? Ternyata hal tersebut bisa membuat bakteri menumpuk pada peralatan makeup dan membuat wajah kita jadi rentan terhadap jerawat dan masalah kulit lainnya. Bahkan, kuas makeup yang kotor bisa membawa dampak alergi dan mengundang penyakit kulit yang lebih parah. Karena itu mulailah untuk menerapkan mencuci kuas makeup sebagai gaya hidup sehat mencegah jerawat.
Sebenarnya mencuci kuas dan aplikator makeup bukanlah kegiatan yang membosankan lho Minasan. Dengan membersihkan peralatan makeup, kita jadi melatih kebiasaan baik dalam merawat dan menjaga barang-barang yang kita punya. Selain itu Minasan bisa lebih mengenal dan memperhatikan bila kuas, sponge, atau puff yang Minasan miliki sudah mulai rusak, sehingga kamu bisa mengatur estimasi pengeluaran untuk membeli alat-alat makeup yang baru.
Sebelum mencuci peralatan makeup pisahkanlah lebih dahulu alat-alat tersebut berdasarkan kategori kuas, sponge, dan puff. Hal ini bertujuan agar proses pembersihan menjadi lebih cepat dan efektif. Khusus untuk kategori kuas, pisahkan kembali antara kuas yang biasa Minasan gunakan untuk kosmetik yang bertekstur basah seperti foundation, eyeliner, dan lipstick dengan kuas yang digunakan untuk aplikasi kosmetik yang bertekstur kering yaitu bedak, eyeshadow, dan blush on.
Sekarang Minasan perlu menyiapkan peralatan yang akan di gunakan untuk mencuci aplikator makeup. Sebaiknya alat-alat ini disimpan dalam satu tas atau kotak sehingga bila diperlukan dapat dengan mudah di gunakan. Peralatan yang diperlukan adalah:
source: https://www.google.com/search?noj=1&tbm=isch&sa=1&q=step+to+clean+brush+mak+eup&oq=step+to+clean+brush+mak+eup&gs_l=img.3...75220.79899.0.80258.29.22.1.0.0.0.263.2874.0j17j2.19.0....0...1c.1.64.img..16.13.1681.ek6e2jMpwXQ#imgdii=ycVcbV75bryk7M%3A%3BycVcbV75bryk7M%3A%3Bg3zUDbuZ9WEYiM%3A&imgrc=ycVcbV75bryk7M%3A
1. Sabun khusus pencuci kuas makeup atau shampo bayi
2. Handuk bersih yang mudah menyerap air
3. Egg brush cleaner
4. Brush tree (gelas plastik yang tinggi dan karet gelang bila tidak ada)
5. Mangkuk kecil

Kuas Makeup

Langkah pertama dalam membersihkan kuas makeup adalah membasahi bulu-bulu kuas dengan air dingin. Untuk kuas foundation Minasan bisa merendamnya sebentar dalam larutan sabun dan air. Rendamlah hanya bagian bulu kuas saja, usahakan untuk tidak mengenai bagian besi karena dapat mengurangi lem yang merekatkan bulu-bulu kuas dengan gagangnya.
Selanjutnya, tuanglah sabun pencuci kuas ke atas egg brush cleaner atau telapak tangan. Egg brush celaner adalah alat berbentuk bulat telur yang pada permukaannya terdapat pola bergerigi berbahan karet untuk membersihkan kuas. Bila Minasan tidak memiliki alat ini jangan khawatir, Minasan masih bisa menggunakan telapak tangan untuk membersihkan kuas makeup.
Kemudian, gosoklah kuas pada sabun yang sudah dituang dengan gerakan memutar sampai sisa-sisa kosmetik luruh dan bulu-bulu kuas menjadi bersih kembali. Perhatikan warna busa sabun bila sudah mengental dan berwarna cokelat, Minasan dapat mengulangi kembali langkah ini sampai busa berwarna putih yang menandakan bahwa kuas sudah bersih.
Khusus kuas yang digunakan untuk mengaplikasikan kosmetik bertekstur cair. Minasan bisa menggunakan minyak zaitun dengan mengoleskannya pada bagian ujung kuas lalu gosok sampai sisa eyeliner dan lipstik yang mengering pada ujung kuas luruh. Kemudian lanjutkan dengan sabun untuk menghilangkan minyak yang menempel.
source: https://www.google.com/search?noj=1&tbm=isch&sa=1&q=clean+your+makeup+brushes&oq=clean+your+make+&gs_l=img.3.1.0i8i30j0i10i24.49535.54466.0.56581.28.18.2.0.0.0.246.2339.0j7j6.13.0....0...1c.1.64.img..17.11.1761.zuMF_eMsjeM#imgrc=QWEmFjZjr-v__M%3A
Bilas bulu kuas dengan air dingin yang mengalir. Jangan gunakan air panas karena dapat mengurangi kekuatan lem yang merekatkan bulu kuas dengan gagangnya. Pastikan sisa busa sudah bersih dan tidak tersisa. Bukalah bagian tengah kuas yang tebal untuk memastikan kebersihannya.
Lalu, peras bulu-bulu kuas untuk membuang sisa air dan keringkan dengan handuk. Tepuk-tepuk dengan lembut hingga seluruh air terserap pada handuk.
Gantungkan kuas pada brush tree. Bila Minasan tidak punya alat yang satu ini Minasan bisa menggunakan gelas plastik dan karet. Caranya, letakkan gelas plastik diatas meja dengan posisi terbalik. Kemudian ikatkan satu buah karet gelang pada badan gelas. Selipkan karet lainnya pada karet yang sudah di ikat di gelas dan ikatlah ujung gagang kuas pada karet yang di selipkan tersebut. Gantung kuas dengan posisi terbalik agar sisa-sisa air turun ke bawah supaya tidak membuat ujung kuas yang terbuat dari besi menjadi berkarat.
Letakan pada tempat yang sejuk dan berangin agar bulu kuas yang lembap cepat kering. Jangan gunakan hairdryer untuk mengeringkannya karena dapat merusak tekstur bulu menjadi kasar dan merekah. Simpan kuas pada tempat yang bersih setelah kering.

Sponge dan Puff

Sponge adalah alat makeup yang terbuat dari spons biasanya bertekstur kenyal dan padat seperti beauty blender atau eyeshadow aplicator. Sedangkan puff adalah alat makeup yang biasa digunakan untuk mengaplikasikan bedak padat maupun tabur, umumnya terbuat dari kain yang lembut dan tebal. Keduanya memiliki karakteristik yang mirip sehingga Minasan dapat membersihkan kedua alat ini bersamaan.
Pertama, rendamlah keduanya dalam air hangat untuk membuat sisa-sisa kosmetik yang mengering menjadi lunak sehingga mudah dibersihkan.
source: https://www.google.com/search?q=brush+make+up+yang+dikeringkan&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAcQ_AUoAWoVChMI8vLWq6WDyAIVDZ6OCh1UsApG&biw=1138&bih=519#tbm=isch&q=clean+beauty+blender&imgrc=lUlhAMiaU69ufM%3A
Lalu, tuangkan sabun pada telapak tangan dan mulailah mencuci spons maupun puff dengan cara diremas-remas sampai sisa kosmetik luruh. Sama seperti mencuci kuas makeup, Minasan bisa mengulangi proses ini sampai busa sabun menjadi putih atau warna puff dan spons menjadi cerah kembali.
Peras dan keringkan dengan handuk, lalu jemur pada tempat berangin hingga benar-benar kering.
Sebaiknya Minasan mencuci kuas yang sering digunakan minimal seminggu sekali agar kebersihannya tetap terjaga. Mari jadikan mencuci peralatan makeup sebagai gaya hidup sehat mencegah jerawat.