Jika Minasan termasuk orang yang sibuk atau enggan membeli produk perawatan kulit di pasaran, Minasan bisa mencoba melakukan perawatan sendiri dengan masker tomat di rumah. Bagaimana caranya?
Tahukan Minasan? Buah tomat dipercaya dapat meredakan jerawat yang membandel, menghilangkan bekas jerawat dan membuat wajah Minasan menjadi lebih cerah bersinar. Karena tomat mampu memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan bahan alami lainnya, maka banyak orang yang sudah mempercayakan urusan jerawat pada masker tomat. Nah, kira-kira bagaimana cara membuat masker tomat dan cara pengaplikasiannya pada wajah? Yuk, ikuti ulasannya berikut ini, ya.

Mengapa Memilih Tomat untuk Mengobati Jerawat?

Tahukan Minasan bahwa tomat mengandung berbagai jenis antioksidan dan likopen yang memberikan banyak manfaat untuk tubuh? Salah satunya menjaga sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit dari sinar UVA dan UVB, membantu proses regenerasi kulit, serta membantu produksi kolagen yang menjadikan kulit menjadi lebih cerah.
Tidak hanya itu, buah tomat juga mampu membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil. Sehingga kotoran yang menyebabkan jerawat tidak mudah masuk ke dalam kulit. Tomat juga mengandung zat anti inflamasi alami yang berguna untuk mengurangi peradangan dan dapat menyembuhkan jerawat perlahan secara alami.
Kandungan minyak pada wajah yang sering menyebabkan jerawat juga bisa diatasi dengan buah tomat, lho Minasan. Zat khusus dalam buah tomat dipercaya mampu mencegah produksi minyak berlebih sehingga efektif sekali mengurangi jerawat.
"Belum lagi vitamin A, C, dan K yang terkandung dalam buah tomat. Asupan vitamin yang cukup untuk kulit dapat membuat jerawat mereda. Karena tomat mengandung ketiga vitamin tadi, maka tomat juga bisa dimanfaatkan untuk meremajakan kesehatan kulit, membuat kulit lebih elastis, dan menyembuhkan bekas merah akibat jerawat. Cara mengobati jerawat dengan tomat cukup mudah. Minasan bisa melakukannya sendiri di rumah, kok. Bagaimana caranya?
source: http://ekesehatan.com/penghilang-bekas-jerawat/

Irisan Tomat

Jika jerawat yang terdapat pada wajah Minasan adalah jerawat kecil-kecil di dahi, Minasan bisa mengatasinya dengan irisan tomat. Caranya potong tomat dengan ukuran sedang atau kecil. Lalu tempelkan potongan-potongan tomat tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Tekan hingga cairan dari tomat keluar dan mengenai kulit. Diamkan10-15 menit hingga gel mengering, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Masker Kulit Tomat

Wah, kulit tomat juga bisa dijadikan masker? Tentu bisa. Justru untuk Minasan yang memiliki jerawat rata di seluruh wajah, masker kulit tomat sangat dianjurkan. Caranya siapkan satu buah tomat cuci bersih. Kemudian kupas tomat secara keseluruhan mulai dari bagian ujung tomat, lalu rendam kupasan kulit tomat tadi dalam air hangat selama 5 menit. Tempelkan kupasan kulit tomat tadi pada seluruh wajah. Biarkan hingga kulit tomat mengering, dan bersihkan.
Minasan juga bisa menggunakan gel tomat sebagai masker. Caranya blender tomat hingga halus, kemudian oleskan pada seluruh bagian wajah. Setelah kering, bersihkan wajah dengan handuk hangat.

Tomat & Jeruk Nipis

Cara mengobati jerawat tidak harus dengan tomat saja. Minasan bisa menggabungkannya dengan bahan yang lain. Salah satunya adalah jeruk nipis. Caranya campur air perasan jeruk nipis dengan satu sendok gel tomat. Oleskan campuran tadi pada wajah seperti memakai masker. Biarkan hingga kering, lalu bersihkan dengan air hangat. Selain menghilangkan jerawat, cara yang satu ini juga ampuh mengatasi komedo.

Tomat & Mentimun

Selain jeruk nipis, Minasan juga bisa menggabungkan tomat dengan mentimun untuk mengatasi jerawat. Mentimun bermanfaat untuk melembabkan kulit, sementara tomat efektif mengecilkan pori-pori. Maka jika digabungkan, 2 bahan alami ini akan memberikan efek yang sangat baik dan dapat menghilangkan rasa sakit akibat jerawat. Caranya pun mudah. Blender tomat dan mentimun secara bersamaan. Setelah halus, oleskan pada wajah seperti masker. Biarkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.
Bagaimana Minasan, cukup mudah bukan? Tapi jangan lupa untuk selalu rutin melakukan perawatan ini, ya, Minasan. Karena apapun perawatan yang dilakukan jika tidak dijalani dengan rutin maka hasilnya akan kurang efektif. Selamat mencoba.
youtube:tCrsM6CoMdI
source: https://www.youtube.com/watch?v=tCrsM6CoMdI
cara menghilangkan jerawat dengan tomat