Menggunakan Wardah sunscreen gel sebagai alas bedak kini banyak menjadi solusi bagi para wanita. Selain mudah ditemukan di mana-mana, harganya juga sangat terjangkau. Berbagai masalah kulit mengancam dari kulit belang sampai kanker kulit ketika kita terkena sinar UV.

Oleh karena itu, menggunakan tabir surya penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Bukan hanya kulit di badan, tetapi juga kulit wajah. Semua bagian tubuh yang terkena kontak dengan sinar UV sebisa mungkin dilindungi, terutama pada bagian wajah.

Sebagian besar wanita mungkin menggunakan makeup saat keseharian. Nah, bagaimana cara yang baik untuk memakai sunscreen bersamaan dengan makeup? Berikut ini adalah cara yang disarankan untuk menggunakan sunscreen bersama makeup.

source: https://www.tokopedia.com

Mengapa Memakai Tabir Surya Penting?

Walaupun langit mendung, sinar UV hampir 80 persen masih dapat menembus awan mendung tersebut. Jadi, apa pun cuacanya, krim tabir surya untuk wajah adalah hal yang penting untuk menjaga kulit dari kerusakan. Selain itu, sinar UV yg berbahaya dapat masuk melalui jendela. Karena itu, rentan bagi kamu jika mengemudi mobil, naik kereta di dekat jendela, atau duduk di meja yang berada di dekat jendela.

Oleh karena itu, tidak diragukan lagi kalau memakai krim tabir surya untuk wajah serta untuk badan adalah hal yang penting untuk melawan hal-hal buruk yang dapat terjadi pada kulit. Walaupun mungkin make up kamu memiliki perlindungan dari matahari, tetapi pemakaian produk-produk tersebut biasanya kurang merata atau kurang cukup untuk mendapatkan perlindungan seperti yang tertera pada produk tersebut. 
source: http://www.stylecraze.com
baca juga

Lalu, Bagaimana Cara Memakai Sunscreen Bersama dengan Make Up?

Pertama, jangan lupa langkah penting, yaitu membersihkan wajah sebelum melakukan apapun pada wajah untuk hasil yang efektif. Setelah memastikan wajah bersih, barulah melakukan tahap selanjutnya, yaitu menggunakan krim tabir surya untuk wajah. Oleskan tabir surya sebelum pelembap dan make up, salah satunya dengan menggunakan wardah sunscreen gel sebagai alas bedak.

Gunakan krim tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih tinggi untuk perlindungan yang terbaik. Krim tabir surya untuk wajah tersebut digunakan lebih baik pada kulit wajah yang kering. Jangan lupa pula gunakan di leher dan telinga. Cara terbaik adalah menunggu sekitar 3 sampai 5 menit setelah menggunakan krim tabir surya untuk wajah. Hal ini untuk memastikan tabir surya benar-benar meresap sehingga pengaplikasian tahap make up selanjutnya tidak terganggu.

Penggunaan Pelembab Wajah Bersama Sunscreen

Untuk pemakaian pelembab dan krim tabir surya untuk wajah, tergantung pada kandungan dari tabir surya. Jika tabir surya yang digunakan mengandung mexoryl, oxybenzone, parsol atau avebenzone sebagai bahan, berarti krim tabir surya termasuk kimia. Tabir surya kimia ini harus bersentuhan dan meresap ke dalam kulit. Jadi, krim tabir surya ini harus digunakan terlebih dahulu pada kulit kering, lalu gunakan serum jika kamu memakainya, kemudian pelembab.

Jika tidak mengandung bahan-bahan tersebut dan memiliki kandungan seperti zinc oxide atau titanium dioxide, berarti adalah sunscreen fisik. Sunscreen ini membuat penghalang untuk kulit sehingga akan menghalangi produk lain di atasnya. Jadi, gunakan pelembab atau serum sebelum sunscreen berjenis ini
baca juga

Penggunaan Foundation Bersama Sunscreen

Setelah menunggu beberapa menit agar krim tabir surya untuk wajah meresap atau setelah memakai pelembab, kamu dapat menggunakan foundation. Pastikan gerakan memakai foundation halus. Jangan menggosok-gosoknya atau menggunakan tekanan berlebih. Lebih baik dalam pemakaian foundation di atas sunscreen ini menggunakan spons daripada jari.

Memang ada foundation atau produk lain yang mengandung SPF, tetapi hal tersebut bukan berarti akan menambahkan perlindungan. Perlu diingat jika kamu menggunakan krim tabir surya untuk wajah dengan SPF 30 dan produk wajah lain dengan SPF 15, bukan berarti SPF menjadi 45, tetapi tetap 30.
source: http://gizmodo.com


 

Jangan Lupa Lindungi Bibir

Bibir, sebagai bagian dari wajah tentunya dapat terbakar matahari juga, yang biasanya menjadi pecah-pecah akibat kekeringan. Jangan lupa lindungi bibir dengan produk lip balm atau lipstick yang memiliki SPF yang tinggi.

Memakai Lagi Krim Tabir Surya

Kalau kamu berada di bawah sinar matahari langsung yang terik, berenang atau berkeringat, tentunya perlu menggunakan lagi krim tabir surya tersebut agar kulit tetap terlindungi dari sinar matahari. Tidak masalah jika tidak berenang atau tidak berada di bawah sinar matahari langsung, karena akan lebih mungkin tabir surya tersebut masih utuh di wajah. Namun, anjuran mengatakan akan lebih baik untuk menggunakan lagi krim tabir surya sekitar 2 jam setelah pemakaian terakhir.
source: http://www.health.com


 

Nah, sudah paham kan cara menggunakan tabir surya bersamaan dengan make up. Jangan sampai kulitmu terbakar karena lupa pakai tabir surya ya.