Apa Penyebab Rambut Bau?

Rambut merupakan bagian badan yang tentunya perlu diperhatikan agar tidak mengeluarkan bau yang tidak diinginkan. Penyebab rambut yang bau pada setiap orang dapat berbeda. Dengan mengetahui penyebabnya, akan lebih mudah untuk mencegah bau badan, terutama bagian rambut ini. Misalnya, apakah rambut memang cepat berminyak atau sering berdekatan dengan orang yang merokok atau memasak masakan yang berbau.
source: http://beauty.onehowto.com/article/why-does-my-hair-smell-bad-3985.html

Menggunakan Parfum Khusus Rambut

Cara mencegah bau badan yang berasal dari rambut yang pertama adalah parfum rambut atau hair mist. Parfum khusus rambut adalah kabar baik bagi Minasan yang suka menyemprotkan parfum untuk memberikan wangi tambahan untuk rambut. Parfum biasa memiliki bahan kimia yang berpotensi merusak folikel rambut jika digunakan terlalu sering. Dengan memakai parfum biasa ke rambut, dapat membuat rambut kering dan pecah-pecah. Mungkin rambut akan wangi, tetapi akan menumpuk masalah lain nantinya. Karena parfum biasa tidak dianjurkan, parfum rambut adalah pilihan terbaik. Jika Minasan memiliki wangi parfum favorit, dapat memilih parfum rambut yang serupa agar wanginya saling melengkapi.

Memilih Wangi Sampo yang Cocok Serta Menjaga Kebersihan

Kalau penyebab rambut berbau adalah karena rambut kotor, cara mencegah bau badan yang berasal dari rambut tersebut, yaitu tentunya dengan membersihkannya. Begitu banyak varian sampo serta kondisioner dengan berbagai wangi. Tentunya pilih yang wanginya Minasan sukai. Mungkin dapat disesuaikan pula dengan produk wewangian lain yang Minasan miliki. Namun perlu diingat, sampo dan kondisioner sering memiliki bau yang berbeda ketika dicium dari tutup botol dan ketika dipakaikan ke rambut. Menjaga kebersihan rambut tentunya adalah hal yang paling penting untuk membuat rambut tetap wangi. Seiring berjalannya hari, rambut pasti akan berminyak ditambah dengan keringat, apalagi setelah berolahraga. Kombinasi bau tersebut tentunya tidak akan menyenangkan. Cuci rambut sesuai dengan faktor-faktor seperti bagaimana keadaan lingkungan sehari-hari, apakah sering berdekatan dengan asap rokok atau masakan berbau. Selain itu, sesuaikan dengan tipe rambut Minasan. Pastikan Minasan memakaikan sampo secara menyeluruh. Jangan pula tidur dengan rambut basah dan meninggalkan handuk membungkus rambut basah terlalu lama. Dengan melakukan dua hal tersebut, bakteri akan menempel dengan kelembaban yang akan menyebar ke kepala sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap. Begitu pula dengan barang-barang seperti topi atau helm, jangan lupa untuk membersihkannya.
source: http://youqueen.com/beauty/hair/how-to-make-your-hair-smell-good/

Dry Shampoo Sebagai Solusi Cepat

Dry shampoo adalah cara lain untuk mencegah bau badan yang berasal dari rambut. Ada banyak wangi yang dapat dipilih. Kalau kulit kepala Minasan berminyak, tetapi rambut kering, dry shampoo dapat dicoba untuk menyerap minyak di kulit kepala sehingga minyak berlebih tersebut tidak menyebabkan bau. Dry shampoo dianjurkan bagi Minasan yang perlu solusi cepat untuk membuat rambut terlihat fresh dan menambah wangi. Jika Minasan suka menggunakan serum rambut atau hairspray, pilihlah pula yang wangi.

Menggunakan Kondisioner Tanpa Bilas

Leave-in conditioner adalah cara lainnya untuk mencegah bau badan yang berasal dari rambut. Kondisioner ini tidak hanya membantu merapikan rambut dan menjaga kelembutan rambut, tetapi juga membantu membuat rambut memiliki wangi seperti baru saja dicuci. Namun, jangan gunakan produk ini terlalu banyak, karena akan membuat rambut terlihat kotor dan berminyak.

Batasi Penggunaan Alat Styling yang Panas

Dengan menggunakan alat-alat panas ke rambut tidak hanya merusak rambut, tetapi dapat membuat rambut menjadi bau seperti terbakar. Maka, harus berhati-hati saat memakai alat-alat tersebut. Jangan pula memakai alat seperti catokan saat rambut masih basah karena akan menyebabkan bau, serta rambut menjadi rentan untuk rusak. Sesekali dianjurkan untuk melewatkan alat tersebut agar aroma segar sampo Minasan bertahan lebih lama.
source: http://www.livestrong.com/article/173329-how-to-remove-smell-from-hair/