Jangan Mencukur Dalam Keadaan Kering

Mungkin saat sedang dikejar waktu atau sedang malas, muncul keinginan untuk mencukur kilat, yaitu dengan mencukur saat kulit dalam keadaan kering. Namun, cara menghilangkan bulu dengan pisau cukur yang benar adalah ketika kulit basah sehingga lembut dan tidak memiliki kecenderungan untuk tergores. Menggunakan pisau cukur pada kulit yang kering akan membuat kulit lebih rentan untuk terluka serta membuat pisau cukur jadi seolah tumpul. Jangan lupa menggunakan krim cukur sehingga mencukur bulu pun akan lebih mudah. Dalam keadaan darurat, dapat pula menggunakan kondisioner rambut atau body lotion. Namun, jangan gunakan sabun mandi. Sabun untuk badan sebenarnya tidak lebih buruk daripada mencukur dalam keadaan kering, tetapi sabun mandi kurang memberikan efek lembut saat mencukur dan biasanya membuat kulit menjadi kering. Karena mencukur berpotensi membuat kulit iritasi, kemudian ditambahkan dengan sabun akan meningkatkan risiko iritasi pada kulit.
source: http://www.popsugar.com/beauty/How-Use-Razor-Shaving-Tips-34903687?stream_view=1#photo-34903689

Segera Cukur Setelah Berada di Kamar Mandi

Memang menghilangkan bulu dengan mencukur lebih baik setelah mandi karena akan melembutkan rambut dan membuka folikel bulu. Kira-kira selama 15 menit sebelum mencukur. Namun, jangan terlalu lama, tentunya Minasan tahu jika terlalu lama terkena air kulit akan mengkerut sehingga akan membuatnya menjadi lebih sulit untuk dicukur.

Jaga Pisau Cukur Tetap Kering

Jangan sampai menghilangkan bulu dengan pisau cukur yang karatan karena tidak tepat menyimpan pisau tersebut. Karena pisau cukur karatan pastinya tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Bahkan dapat memberikan iritasi dan infeksi jika terluka. Agar pisau cukur tidak cepat karatan, pastikan pisau tersebut benar-benar kering setelah selesai digunakan, kalau perlu gunakan hair dryer untuk mempercepat.

Pertama-tama Eksfoliasi Terlebih Dulu

Eksfoliasi bermanfaat untuk menghilangkan lapisan sel-sel kulit mati sehingga memberikan proses menghilangkan bulu dengan pisau cukur menjadi lebih mudah. Sel-sel kulit mati tersebut bisa saja menghambat kerja pisau cukur. Eksfoliasi setelah mencukur tidak dianjurkan karena setelah mencukur kulit menjadi sensitif dan mungkin sedang terluka. Maka, tentu saja eksfoliasi setelah mencukur akan membuat kulit menjadi iritasi.

Gerakan Pisau Cukur yang Benar

Gerakan pisau cukur adalah hal yang penting untuk diperhatikan untuk mempermudah dan mengurangi risiko luka saat mencukur. Karena rambut kaki tumbuh ke bawah, mulai dari pergelangan kaki atau lutut lalu cukur ke arah atas. Kecuali jika sangat sensitif, untuk mengurangi iritasi gerakkan ke arah tumbuhnya rambut, bukan sebaliknya.
source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/tips/a20754/mistakes-shaving-your-legs/

Masalah Kebersihan Pisau Cukur

Pisau cukur sendiri saja sudah memiliki bakteri yang tersedia di sana apalagi jika memakai pisau cukur milik orang lain. Disarankan memiliki pisau cukur sendiri. Selain itu, jangan malas untuk menjaga agar pisau cukur tetap bersih. Kalau perlu, bersihkan dalam beberapa kali gerakan mencukur. Hal itu adalah salah satu cara menghilangkan bulu dengan pisau cukur agar lebih efektif yang sebenarnya sangat mudah diikuti karena dengan membersihkan pisau cukur di antara beberapa gerakan membuat pisau cukur tidak tersumbat. Untuk menjaga kebersihan dan memudahkan mencukur, hal lain yang dilakukan adalah mengganti pisau cukur sekitar lima sampai sepuluh kali pemakaian. Atau, jika merasa menarik kulit dan bukan meluncur lembut, mungkin itu waktunya untuk mengganti pisau cukur.

Jangan Mencukur Terlalu Berlebihan

Cara menghilangkan bulu yang baik adalah jangan terlalu sering mencukur. Hal ini untuk menghindari ruam akibat cukur. Dengan terus-terusan mencukur dalam waktu yang berdekatan, menyebabkan kulit yang masih menyesuaikan diri menjadi iritasi. Mencukur dapat membuat kulit kering dan iritasi. Oleh karena itu, gunakan pelembab setelah bercukur untuk mengembalikan kelembaban kulit.
source: http://www.bustle.com/articles/54926-10-common-shaving-mistakes-and-how-to-fix-them-because-razor-burn-is-actually-the-worst