4 Cara Menggunakan Lotion Pemutih Badan yang Benar

Lotion pemutih badan merupakan salah satu produk yang umum digunakan untuk mendapatkan kulit yang lebih putih dan mulus. Selain bisa membuat kulit tampak lebih putih, lotion juga merupakan pelembab yang berguna untuk melindungi kulit dari kondisi yang membuat kulit menjadi kering seperti sinar matahari, cuaca yang dingin, atau terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Lotion ini mudah sekali ditemukan di berbagai toko kosmetik dan banyak merknya. Minasan bisa memilih berdasarkan jenis kulit dan kandungan yang terdapat di dalamnya dan mengggunakannya setiap hari. Tapi apakah Minasan sudah menggunakan lotion sesuai dengan aturan penggunaannya? Berikut adalah cara menggunakan lotion badan yang benar agar hasilnya maksimal.
1. Diusapkan ke Seluruh Tubuh
Lotion pemutih badan biasanya berlabel hand and body lotion, tetapi masih banyak wanita yang hanya mengaplikasikannya di tangan dan kaki saja. Padahal bagian tubuh yang lain seperti pundak, leher, dada, dan perut juga membutuhkan pelembab. Untuk mendapatkan hasil warna kulit yang merata, oleskan lotion ke seluruh permukaan kulit Minasan yang dapat terjangkau kecuali bagian muka dan yang tertutupi (selangkangan dan ketiak), karena bagian-bagian tersebut memiliki kulit yang lebih sensitif dan membutuhkan pelembab khusus selain lotion pemutih badan.
2. Gerakan Melingkar
Mungkin Minasan terbiasa menggunakan lotion pemutih badan dengan gerakan naik turun. Gerakan naik turun pada kulit bisa menyebabkan kulit menjadi kendur dan molor. Agar kulit Minasan tetap kencang, aplikasikan lotion dengan gerakan memutar sampai lotion meresap ke dalam kulit. Sambil mengusapkan lotion, beri pijatan lembut pada otot-otot di bagian tubuh agar lebih rileks.
3. Dua Kali Sehari
Memakai lotion pemutih badan biasanya setelah mandi, karena setelah mandi kelembaban badan akan terkikis oleh sabun dan air sehingga membutuhkan pelembab ekstra. Hal ini sudah benar, tetapi mungkin sebagian wanita hanya menggunakan lotion sekali saja dalam sehari. Untuk hasil yang maksimal, gunakan lotion dua kali sehari pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Pada malam hari, kulit akan menyerap nutrisi dengan lebih baik sehingga kulit Minasan akan menjadi putih dengan lebih cepat.
4. Perhatian Pada Bagian yang Kecil
Penggunaan lotion pemutih badan tidak hanya pada bagian kulit yang terlihat saja. Bagian-bagian seperti bawah kaki, belakang lutut, siku, dan pundak kerap dilewatkan oleh wanita, padahal bagian-bagian tersebut memiliki kulit yang paling kering dan paling butuh mendapatkan kelembaban meski seringkali tertutup pakaian.
Selain itu, permukaan kulit seperti buku jari tangan dan bagian sisi perut juga harus mendapatkan lotion. Mungkin Minasan memiliki bagian sisi perut yang warnanya lebih gelap dan tidak rata. Untuk mengatasinya, gunakan lotion pemutih badan agar warna kulitnya bisa sama dengan permukaan kulit lain. Lotion juga bisa membantu memudarkan stretch mark yang biasanya juga terdapat di bagian sisi perut.

5 Tips Memaksimalkan Pemakaian Lotion Pemutih Badan

Pemilihan lotion dan cara penggunan yang tepat memang sangat penting. Lotion pemutih badan berkualitas baik biasanya prosesnya tidak instan dan benar-benar memberikan hasil memutihkan yang sehat dan bercahaya. Lotion juga biasanya memberikan manfaat ganda seperti memutihkan sekaligus merawat dan melindungi.
Setelah menerapkan cara penggunaan lotion pemutih badan yang benar, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa cara lainnya agar dapat memaksimalkan pemakaiannya. Minasan dapat menerapkan beberapa langkah berikut agar penggunaan lotion dapat memberikan hasil yang maksimal.
1. Rutin Mengonsumsi Air Putih yang Cukup Setiap Hari
Pemakaian lotion pemutih tidak dapat bekerja maksimal jika tak diimbangi dengan kebiasaan baik dan menyehatkan. Salah satunya dengan rutin mengonsumsi air putih 8 gelas per hari.
Konsumsi air putih membantu memutihkan kulit dari dalam tubuh. Kebutuhan cairan yang terpenuhi bisa membantu tubuh mengeluarkan toksin. Air putih juga bisa melembabkan kulit dan menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Jika lotion pemutih badan bekerja dari luar maka air putih akan bekerja dari dalam.
2. Banyak Konsumsi Buah Pepaya
Buah satu ini benar-benar kaya manfaat. Umumnya pepaya dikenal bisa mempertajam pengelihatan, mengatasi masalah pencernaan, mencegah flu, jantung dan stroke. Dalam dunia kecantikan pepaya juga berkhasiat memutihkan kulit.
Vitamin A, C dan E bisa membantu melembabkan, menyehatkan dan mencerahkan kulit badan. Selain lotion pemutih badan dan air putih, pepaya bisa jadi pilihan alternatif yang baik untuk membuat kulit putih alami.
Selain dikonsumsi buah pepaya juga bisa dijadikan masker atau lulur. Pepaya dapat digunakan untuk membantu memutihkan badan dari luar dan dari dalam tubuh. Minasan bisa menerapkan keduanya atau pilih salah satu.
3. Hindari Kontak Langsung Dengan Sinar Matahari Terlalu Sering
Beberapa lotion pemutih badan memiliki kandungan SPF yang berfungsi melindungi kulit dari terpaan dan efek buruk sinar matahari. Pilihlah tingkatan SPF sesuai kebutuhan Minasan.
Bila Minasan sering dan cukup lama berada di luar ruangan pakailah SPF tinggi agar perlindungan lebih lama. Tingkatan SPF pada lotion menunjukkan seberapa lama ia bisa memproteksi kulit Minasan. Jika waktu sudah habis jangan malas memakai lotion lagi agar kulit tak terbakar dan gelap.
Selain itu perlindungan kulit badan dari sinar UV juga bisa dilakukan dengan memakai pakaian tertutup, topi dan payung. Sesuaikan dengan kondisi agar tak mengganggu aktivitas di lapangan.
4. Konsumsi Makanan Sehat Seperti Sayuran dan Ikan
Kulit gelap yang terbakar, berjerawat atau berflek hitam bisa dihilangkan secara alami jika kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Biasakan mengonsumsi makanan sehat sehari-hari. Khususnya sayuran, baik yang hijau maupun berwarna, dan juga protein yang bisa didapat dari ikan salmon.
Kedua makanan tersebut bisa membantu meregenerasi kulit lebih cepat karena mengandung lemak baik dan kaya zat gizi. Sayuran dan salmon akan membantu memaksimalkan pemakaian lotion pemutih badan untuk menciptakan kulit sehat dan putih alami lebih cepat.
5. Pakai Scrub atau Lulur
Perawatan yang bersinergi akan memberikan hasil yang lebih efektif dan memberikan kepuasan tersendiri. Selain melakukan 4 langkah di atas imbangi dengan memakai scrub atau lulur mandi yang membantu mencerahkan kulit.
Butiran halus dari scrub atau lulur bisa mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Gunakanlah scrub atau lulur minimal sekali dalam seminggu. Produk dan pilihannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Sama halnya dengan memilih lotion pemutih badan, pastikan produk kecantikan lain yang dipilih aman, berkualitas dan menyehatkan.