3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Lotion Pemutih Badan

Perawatan kulit sering menjadi hal pokok yang diperhatikan wanita dalam menunjang penampilannya. Para wanita akan selalu membuat dirinya tampak prima dengan memberi perhatian lebih pada tubuhnya secara mendetail. Salah satu di antaranya ialah kesehatan kulit badan.
Kulit putih, kencang, halus dan tampak sehat mungkin sudah menjadi impian bagi setiap wanita. Banyak cara yang ditempuh untuk mewujudkan kulit putih idaman tersebut. Salah satunya dengan memakai lotion pemutih badan.
Menggunakan lotion pemutih merupakan cara paling populer di kalangan masyarakat. Produk kecantikan ini dinilai efektif dan mudah diterapkan. Tingginya minat konsumen pada lotion ini memicu produsen mengeluarkan beragam produk pemutih di pasaran.
Kini ada banyak merek yang bisa jadi pilihan untuk masyarakat. Semakin banyak jenisnya, tak jarang pula lotion pemutih badan ini ditawarkan dengan harga murah demi menarik pembeli. Lalu apakah lotion murah tersebut aman digunakan dan seperti apa kualitasnya?
Produk lotion murah memang cukup mengkhawatirkan. Namun ada cara untuk menjawab pertanyaan tersebut. Jika Minasan tertarik membeli lotion pemutih badan dengan harga murah, coba cek dulu 3 hal ini agar tahu produk tersebut berkualitas dan aman.
1. Cek Ada Tidaknya Label BPOM
Produk yang aman dan berkualitas di Indonesia pastinya harus lolos sertifikasi dan mendapatkan izin edar dari lembaga terkait, yaitu BPOM. Sebelum membeli, cek ada atau tidaknya label BPOM dan nomornya. Jika tak ditemukan maka sebaiknya hindari lotion pemutih badan tersebut.
BPOM sendiri merupakan sebuah lembaga yang bertugas mengelola dan memberi perizinan obat-obatan dan makanan yang layak edar. Jika BPOM sudah memberikan izin maka bisa jadi jaminan produk tersebut aman dikonsumsi dan direkomendasikan untuk untuk dibeli.
2. Periksa Bahan Dasar atau Komposisi Lotion
Saat ini produk lotion pemutih badan yang beredar sangat bervariatif, baik dari segi merek maupun harganya. Fenomena ini menuntut Minasan untuk lebih jeli dalam membeli agar tak menyesal akhirnya. Jadi biasakan melihat dan memeriksa komposisi produk sebelum memutuskan membeli lotion.
Pastikan lotion diracik dari bahan-bahan berkualitas yang aman digunakan. Akan sangat baik jika Minasan tahu istilah-istilah ilmiah yang sering dipakai dalam membuat daftar komposisi. Dengan demikian Minasan akan terhindar dari bahaya efek samping dan penipuan.
Demi mencari keuntungan saat ini banyak lotion pemutih yang memakai bahan kimia berbahaya. Hasilnya memang memutihkan namun Minasan harus mengalami efek samping yang umumnya menimbulkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, lebih disarankan membeli lotion pemutih badan yang terbuat dari bahan-bahan herbal atau alami.
3. Cek Jenis Kulit dan Kondisi Minasan
Ini adalah hal penting yang perlu diperhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli lotion pemutih badan. Kulit manusia memiliki jenis-jenis yang berbeda. Ada yang normal, kering, kombinasi dan sebagainya. Ketahui dulu jenis kulit Minasan serta kondisinya. Misal kulit kulit kering dan tampak kusam, carilah lotion yang bisa menyelesaikan masalah tersebut.
Umumnya lotion pemutih berkhasiat melembabkan dan mencerahkan kulit badan. Namun di beberapa produk memiliki fungsi tambahan seperti mengatasi kulit kusam, mengangkat sel kulit mati, mengencangkan, melembutkan dan sebagainya. Pilihlah sesuai kebutuhan agar pemakaiannya tepat guna.
Untuk jenis kulit sensitif sebaiknya tidak sembarangan membeli produk kecantikan termasuk lotion pemutih. Ini bisa berisiko memperburuk kondisi kulit badan. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu sebelum membeli.
Terakhir jangan lupa mengecek masa kadaluarsa produk lotion pemutih badan. Lihat tanggal produksi dan tanggal expired yang tertera agar dapat terhindari dari efek samping yang merugikan bagi kulit.

Tips Memilih Lotion Pemutih Badan Sesuai Kondisi Kulit

Lotion pemutih badan yang baik ialah yang sesuai dengan jenis kulit dan mampu menajawab kebutuhan pemakainya. Sebagus apapun merek lotion jika tak cocok tetap tak akan berbuah hasil. Untuk itu sangat penting menyesuaikan produk lotion yang dipilih dengan kondisi yang dialami agar hasilnya optimal.
Kondisi tersebut antara lain ialah jenis kulit dan juga pola aktivitas pemakainya. Misalnya jenis kulit kering, berminyak dan sebagainya. Juga bagaimana Minasan beraktivitas sehari-hari, sering di luar ruangan atau di dalam ruangan saja.
Lotion pemutih yang dipakai sangat berpengaruh pada perbedaan jenis kulit. Jadi coba kenali dulu jenis kulit Minasan. Cara paling sederhana mengenali jenis kulit ialah setelah mandi. Tunggulah sekitar 3 sampai 4 jam kemudian tempelkan tisu di kulit Minasan. Jika ada minyak maka Minasan memiliki jenis kulit berminyak. Namun bila terlihat kering, kusam dan sedikit bersisik termasuk jenis kulit kering.
Setelah mengetahui jenis kulit sendiri langkah selanjutnya ialah memilih produk lotion pemutuh badan yang sesuai.
1. Lotion untuk Kulit Kering
Jenis kulit ini kerap bermasalah di musim atau cuaca tertentu. Seperti bersisik, kerutan dan sebagainya. Pilihlah lotion yang kaya akan pelembab dan dapat mengencangkan kulit. Carilah lotion yang mengandung alpha hydroxy acid, gliserin dan sebagian lanolin. Khususnya untuk digunakan di musim hujan dan dingin. Jika cuaca panas bisa memakai lotion dengaan kandungan yang lebih ringan.
2. Lotion untuk Kulit Berminyak
Kulit berminyak memang cenderung lembab. Namun jika tak dirawat kulit bisa tampak kusam. Untuk yang ingin memiliki kulit cerah bisa memakai lotion pemutih badan dengan pelembab ringan dan bebas dari kandungan minyak.
Di pasaran ada banyak sekali pilihan lotion untuk jenis kulit berminyak. Jadi tak perlu khawatir dan pilihlah sesuai kebutuhan agar kulit lebih sehat bercahaya.
3. Lotion untuk Kulit Normal
Jenis kulit ini paling mudah perawatannya karena hanya membutuhkan sedikit perhatian. Jika ingin memutihkan pilihlah lotion yang ringan, melembutkan dan sedikit lembab agar kulit badan tampak sempurna.
4. Lotion Pemutih Badan Dengan Kandungan SPF
Sebagian lotion pemutih badan ada yang berfungsi melindungi pemakainya dari sinar matahari. Jika Minasan tergolong sering beraktivitas di luar ruangan disarankan memakai lotion ber-SPF. Lotion akan bekerja layaknya sunblock yang memproteksi kulit agar tak terbakar selama beberapa jam.
Tingkatan SPF menunjukkan berapa lama lotion bisa melindungi kulit. Di Indonesia waktu maksimal seseorang terkena sinar UV ialah 33 menit. Jika lotion ber-SPF 20, maka kandungan tersebut mampu melindungi kulit selama kurang lebih 200 menit (20x10 menit).
5. Lotion untuk Kulit Terbakar
Bila Minasan hendak memakai lotion pemutih badan untuk kulit terbakar disarankan memilih produk yang mengandung aloe vera. Lotion berbahan utama lidah buaya sangat efektif mengatasi kondisi kulit terbakar agar kembali cerah.
Selain memilih sesuai kondisi, jangan lupa melakukan tes kecocokan terlebih dahulu ketika memilih. Caranya cukup oleskan di telapak tangan atau bagian lain yang tak berisiko. Lihat ada tidaknya efek samping. Bila kulit memerah, gatal, terjadi iritasi dan hal tak wajar lainnya berarti lotion pemutih badan tersebut tidak cocok.
Memilih lotion yang tepat dan benar akan memberikan hasil maksimal pada tubuh. Manfaatnya tak hanya memutihkan, namun juga melindungi, menjaga dan merawat kulit badan agar tampak sehat, lembab dan bersinar.