Penyakit kronis yang menyerang satu atau beberapa organ di dalam tubuh tidak serta merta hanya menyebabkan peradangan atau rasa sakit di organ tersebut saja. Ada efek atau kaitannya juga dengan organ dan sistem metabolisme secara keseluruhan, salah satunya dapat jadi penyebab bau mulut yang membuat tidak nyaman dan mengurangi rasa percaya diri seseorang.
Penyakit Kronis Sebagai Penyebab Bau Mulut
Kanker merupakan salah satu penyakit kronis yang paling ditakuti. Penyakit tersebut ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di dalam tubuh seseorang yang semakin hari akan semakin besar. Indikasi adanya kanker sulit untuk dikenali kecuali sudah sampai pada stadium yang cukup tinggi. Tetapi, kanker pun bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Jika permasalahan bau mulut tidak kunjung reda walaupun sudah diatasi dengan tepat, bisa saja hal tersebut dikarenakan penyakit seperti kanker yang sedang menyerang atau dalam masa inkubasi dan pertumbuhan di dalam tubuh seseorang.
Penyebab bau mulut dari penyakit kronis diawali dengan adanya autoimmun yang akan menyerang beberapa sel yang terjangkit oleh virus dan sudah rusak. Akan tetapi sistem kekebalan tubuh tidak bisa memilah mana sel yang masih baik dan mana sel yang masih rusak sehingga ada beberapa bagian sel yang baik kemudian turut rusak. Hal tersebut memicu adanya bau mulut pada diri seseorang karena ada reaksi yang terjadi di dalam tubuhnya.
Penyebab bau mulut selanjutnya ialah karena adanya penyakit hati atau liver yang menyerang tubuh. Hati berfungsi untuk menetralkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ketika hati memiliki penyakit maka otomatis fungsinya pun akan terganggu. Semua racun yang ada di dalam tubuh tidak bisa dengan mudah dikeluarkan, dan dengan demikian akan memberikan kesempatan kepada bakteri untuk berkembang dan menjadikan bau pada bagian mulut.
Bau mulut memang menjadi sebuah permasalahan yang menjengkelkan apalagi bagi wanita yang sering bicara di depan orang, bau mulut akan memberikan perasaan tidak nyaman dan tidak percaya diri. Penyebab bau mulut sendiri terdiri dari berbagai macam, dari mulai hal ringan seperti kurangnya menjaga kesehatan gigi, hingga penyakit serius seperti kanker atau penyakit hati. Oleh karena itu, Minasan perlu mewaspadai kondisi yang terjadi pada diri supaya tidak memiliki kebiasaan buruk yang akan memperparah kondisi yang ada.
Untuk meminimalkan penyebab bau mulut, bisa dengan cara mengonsumsi permen dan pengharum mulut sebelum berkomunikasi dengan orang lain. Atau bisa juga mengonsumsi obat-obatan herbal secara teratur yang berkhasiat menghilangkan bau pada mulut. Selebihnya bisa dengan terus memantau seperti apa perkembangan bau mulut yang terjadi dan memprediksi apa yang menjadi penyebab bau mulut tersebut. Apakah berkaitan dengan kebersihan gigi dan mulut, makanan yang dikonsumsi, dan faktor lainnya. Jika ada faktor dari hal tersebut maka bisa dihentikan kebiasaan tersebut.
Agar tidak merasa khawatir bahwa ada penyakit kronis di dalam tubuh yang merupakan penyebab bau mulut, periksakan diri kepada dokter hingga terdeteksi apakah tubuh memiliki penyakit atau tidak. Jika memang ada maka bisa diatasi dengan sedini mungkin, jika tidak ada maka bisa jadi penyebab bau yang ada pada mulut dipengaruhi oleh faktor yang lain dan perlu diberikan penanganan yang baik supaya penyebab bau mulut itu bisa diobati dengan tepat.