Orang sakit akan terlihat lemas dan tidak berdaya, bukan karena penyakitnya saja tetapi juga karena ada pengaruh dari obat yang dikonsumsi. Semua obat terutama obat obatan kimia memiliki efek samping yang berbeda-beda. Dari semua obat yang ada dan beredar di pasaran maka ada beberapa obat yang bisa menjadi penyebab bau mulut, apalagi jika obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dengan jangka waktu yang cukup panjang.
Penyebab Bau Mulut dari Obat-Obatan
Beberapa obat yang mengandung bahan kimia dapat menjadi penyebab bau mulut. Obatan-obatan tersebut akan mengalami reaksi sedemikian rupa di dalam tubuh sehingga menyebabkan mulut kering atau berkembangnya bakteri di dalam tubuh yang mengonsumsinya. Pertumbuhan bakteri tersebut biasanya terjadi di saluran pencernaan yang menyebabkan terjadinya bau mulut yang membuat tidak nyaman, dehidrasi, perasaan pusing, kejang kejang atau beberapa efek samping lainnya yang sering kali menjadi standar pengaruh obat ketika di konsumsi.
Salah satu penyebab bau mulut yang dikarenakan oleh obat bersumber dari nitrat yang merupakan obat yang bisa memicu terjadinya bau mulut pada seseorang yang mengonsumsinya. Obat-obatan jenis nitrat akan diberikan kepada pasien yang memiliki gangguan fungsi menetralkan racun di dalam tubuh, juga adanya diagnosa penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan seperti mulut, tenggorokan, usus, dan lambung juga sistem metabolisme di dalam tubuh.
Obat chemotheraphy pun dapat menjadi penyebab bau mulut yang terjadi pada seorang pasien. Chemotheraphy merupakan tindakan yang dilakukan kepada pasien yang sudah mengalami penyakit dengan stadium yang cukup tinggi. Biasanya pasien yang menjalani terapi adalah penderita kanker dan beberapa penyakit kronis lainnya. Obat-obatan yang diberikan sebelum dan sesudah menjalani chemotheraphy akan mengakibatkan bau mulut yang cukup berat sehingga sudah menjadi hal yang umum jika seseorang yang sudah menjalani chemotheraphy memiliki bau mulut yang khas dan tidak sedap akibat ada reaksi dari obat di dalam tubuh.
Obat-obatan lainnya yang menjadi penyebab bau mulut ialah obat penenang yang memiliki kandungan tertentu dimana kandungan tersebut akan menjadikan mulut kering dan memicu dehidrasi. Selain itu, ketika kekeringan terjadi pada mulut secara otomatis akan mengakibatkan pula adanya bau mulut yang tidak enak. Obat penenang dalam jumlah besar bahkan bisa memicu terjadinya kelemahan pada urat syaraf dan menjadikan seseorang mengalami ketidaksadaran bahkan ketika obat sudah tidak berfungsi lagi.
Diuretika dan antisiamin pun ikut serta ke dalam jajaran obat yang diindikasi sebagai penyebab bau mulut. Obat-obatan tersebut memang memiliki kandungan bau yang berbeda yang akan bertahan di dalam lambung lalu bercampur dengan asam lambung dan mengakibatkan bau mulut yang tidak mengenakan. Disarankan untuk mengonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak untuk menjadikan kembali netral kondisi di dalam tubuh dan mengurangi adanya bau tersebut.
Supaya bisa menghindarkan diri dari penyebab bau mulut yang bersumber dari obat-obatan, maka perlu diketahui terlebih dahulu efek samping dari setiap obat yang akan dikonsumsi terlebih jika obat-obatan tersebut dikonsumsi dalam dosis yang tinggi untuk kurun waktu yang cukup lama. Katakan pada dokter mengenai obat apa saja yang akan menyebabkan bau mulut dan hal apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek yang terjadi tersebut, juga untuk mengantisipasi terjadinya efek lain dari penggunaan obat.