Amandel akan memberikan rasa yang tidak nyaman kepada diri seseorang, juga perasaan sakit yang cukup memilukan jka ukurannya semakin besar. Selain itu, adanya amandel bisa jadi pemicu atau penyebab bau mulut karena adanya bakteri yang berkembang di sekitar tenggorokan yang menyebabkan aroma yang tidak sedap.
Penyebab Bau Mulut Karena Amandel
Keadaan tenggorokan bagian tonsil ketika sedang mengalami amandel akan terjadi pembengkakan dan menyebakan rasa ngilu atau nyeri yang tidak biasa. Beberapa orang bahkan tidak bisa makan dengan enak dan harus diinfus supaya bisa tetap sehat. Jaringan kelenjar amanadel pada saat itu sedang ditumbuhi oleh bakteri yang terus menerus berkembang. Tandanya ialah ada bercak putih yang merupakan tempat bakteri dan kuman menetap. Adanya bakteri dan kuman itu juga yang memicu penyebab bau mulut padapen derita amandel.
Pertumbuhan bakteri yang semakin parah akan memberikan aroma bau yang menyengat. Itulah penyebab bau mulut yang sebenarnya ketika amandel diserang dan meradang. Supaya bisa mengurangi bau mulut yang ada, bisa dengan meminum air hangat yang akan membunuh bakteri atau kuman penyebab bau mulut, juga akan mengurangi rasa sakit pada bagian tonsil. Secara perlahan-lahan juga akan mengempiskan bagian amandel yang bengkak akibat peradangan.
Beberapa ahli medis merekomendasikan meminum air garam supaya mulut kembali netral. Campuran air dengan garam memiliki sifat anti bakteri sehingga mampu membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut yang ada pada amandel, juga pada gigi dan gusi. Lebih baik lagi mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter jika sudah memeriksakan diri pada ahli medis. Jika ada alergi pada obat maka sampaikan bahwa beberapa obat bisa menyebabkan alergi bahkan ada yang menyebabkan bau mulut semakin bertambah.
Penyebab bau mulut karena adanya amandel tidak akan berlangsung selamanya. Beberapa penyebab akan berangsur-angsur menghilang seiring dengan membaiknya amandel dan peradangan yang ada. Namun apabila semakin parah maka bau mulut pun akan semakin parah. Untuk itu sebaiknya hal yang paling utama dihilangkan ialah amandel dan peradangan itu sendiri sehingga bau mulut pun dengan sendirinya akan menghilang.
Perawatan amandel perlu dilakukan supaya tidak menjadi penyebab bau mulut. Gunakan lamandel minimal sehari sekali untuk menjaga amandel tetap sehat dan bebas dari penyakit. Lamandel mengandung bahan-bahan yang alami yang akan memberikan efek pemeliharaan dan mengobati amandel yang sudah mulai meradang. Beberapa rempah-rempah juga dapat dijadikan sebagai obat jika ingin menggunakan bahan yang lebih alami.
Meskipun tidak semua penyebab bau mulut dikarenakan oleh amandel, akan tetapi amandel menjadi salah satu faktor yang melatar belakanginya. Beberapa faktor lain kemudian mendukung terjadinya bau sehingga mulut semakin tidak sedap dan perlu ditangani dengan segera. Beberapa dokter kemudian merekomendasikan untuk melakukan operasi amandel supaya peradangan bisa ditangani dan tidak ada potensi lagi untuk terjadi.
Supaya bisa memastikan apakah amandel merupakan penyebab bau mulut yang utama, lebih baik konsultasikan pada dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut. Untuk pencegahan bisa melakukan pemeriksaan saluran pencernaan dan pernafasan secara berkala sehingga berbagai jenis penyakit yang ada bisa dideteksi dengan baik dalam waktu yang lebih cepat.