Bau mulut yang menyerang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dari sekian banyak faktor yang ada, diet yang dilakukan oleh wanita kerap kali menjadi penyebab bau mulut yang menjengkelkan. Jika ditelusuri kembali sesuai dengan kebutuhan gizi dan asupan nutrisi setiap harinya, diet memang dianjurkan untuk diterapkan supaya bisa dengan mudah mencukupi semua kebutuhan tubuh. Akan tetapi jika diet ditujukan untuk melangsingkan badan lalu menahan rasa lapar akibatnya akan sangat fatal dan bau mulut pun bisa menjadi salah satu akibatnya.
Diet Berlebihan Penyebab Bau Mulut
Diet yaitu mengatur pola makan sedemikian rupa sehingga tubuh bisa terpenuhi asupannya dengan seimbang setiap hari. Dengan diet yang baik maka perkembangan dan pertumbuhan tubuh akan lebih optimal. Berat badan pun bisa dikendalikan dan terjaga. Pola diet yang benar akan memberikan efek terwujudnya memiliki postur badan yang ideal dengan berat badan yang porposional sesuai dengan yang seharusnya. Namun diet juga dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut pada wanita dikarenakan oleh berbagai reaksi di dalam tubuh.
Salah satu penyebab bau mulut ketika melakukan diet ialah karena diet tersebut salah. Mengapa dikatakan salah? Karena diet yang sebenarnya tidak akan membuat seseorang merasa sakit atau mengakibatkan adanya timbul keluhan medis yang membahayakan tubuh dan kesehatan. Bau mulut merupakan sebuah efek dan termasuk ke dalam keluhan medis, untuk itu ketika bau mulut sudah mulai tercium ketika sedang menjalani diet, mungkin ada yang salam dalam metode yang sedang djalankan.
Penyebab bau mulut yang ada pada saat diet karena kekurangan karbohidrat yang berlebihan. Diet rendah karbo yang sering dilakukan oleh perempuan akan menyebabkan asam lambung naik dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap dihirup. Meskipun asupan lainnya cukup terpenuhi, jika karbohidrat sudah ada pada tahap kurang maka bau mulut tidak bisa dihindarkan lagi. Alangkah lebih baik tidak menghilangkan karbohidrat dari menu harian meskipun sedang dalam masa diet. Sebaiknya mengganti menu karbo yang biasa di makan dengan karbo lain yang tidak terlalu menyebabkan gemuk atau asupan berlebihan kalori.
Untuk mengurangi penyebab bau mulut karena diet yang salah bisa dengan mengurangi konsumsi karbohidrat, bukan menghilangkannya. Atau bisa juga dengan mengganti nasi biasa dengan nasi merah atau ubi dan kentang yang dengan mudah dicerna. Ubi dan kentang termasuk karbo dan bisa menutupi kebutuhan karbo harian meskipun sedang diet. Dengan begitu bau mulut akan berkurang dan bisa tertutupi ketika diet atau puasa, juga akan memberikan efek kenyang yang lebih lama. Bisa juga mengonsumsi pasta atau mie organik jika sudah mulai bosan dengan ubi dan kentang.
Yang menjadi penyebab bau mulut selanjutnya ialah karena tubuh kekurangan air sehingga mengalami dehidarasi dan berakibat pada keringnya saluran pencernaan terutama di daerah tenggorokan. Dengan begitu banyak bakteri yang bisa berkembang sementara dan menjadi pemicu adanya bau yang tidak sedap. Bakteri tersebut akan lenyap ketika sudah mengonsumsi kembali air dalam jumlah yang cukup.
Perlu diperhatikan, jika ingin melakukan diet pastikan bahwa kebutuhan tubuh sudah terpenuhi dengan baik sehingga diet tidak menjadi penyebab bau mulut yang mengganggu. Bau mulut yang ada bukan hanya menjadikan seseorang tidak nyaman dan tidak percaya diri tetapi juga menjadi penyebab orang lain merasa tidak nyaman berada di dekat orang tersebut.