Bau yang tidak sedap yang keluar dari mulut akan memberikan kesan tidak mengenakan bagi siapa pun yang menciumnya. Sang pemilik mulut pun akan menjadi tidak percaya diri sehingga tidak mau mengeluarkan sepatah kata pun atau malah tidak mau bertemu dengan siapapun. Penyebab bau mulut bisa berasal dari apa yang dikonsumsi sehari-hari. Namun sudah tahukah Minasan bahwa beberapa makanan justru dapat menjadi pemicu bau mulut.
Penyebab Bau Mulut dari Makanan
Dari sekian banyak makanan yang ada, ada dua jenis makanan yang dapat menjadi penyebab bau mulut ketika dikonsumsi terutama ketika dikonsumsi secara berlebihan. Dari kedua jenis tersebut, yang paling banyak dikonsumsi adalah yang selalu ada dalam campuran makanan lain yaitu dari jenis bawang-bawangan.
Bawang-bawangan bisa menjadi penyebab bau mulut yang utama. Bawang-bawangan ini termasuk bawang merah, bawang putih, bawang bombay, daun bawang dan lain lain, yang mampu memicu terjadinya bau pada mulut secara efektif bagi yang memakannya. Adanya bau ketika sudah mengonsumsi makanan dengan bawang-bawangan dikarenakan adanya sebuah senyawa di dalam bawang-bawangan tersebut yaitu berupa senyawa belerang yang dapat memicu terjadinya bau yang tidak sedap di mulut. Senyawa tersebut pun akan terserap dengan baik ke seluruh aliran darah sehingga bukan hanya mulut yang bau melainkan beberapa bagian tubuh yang lembab dan sering mengeluarkan keringat.
Selain bawang-bawangan, ada penyebab bau mulut lainnya yaitu kopi dan alkohol yang bisa menjadikan seseorang mengalami bau mulut yang membuat tidak nyaman. Kopi mengandung kafein dan senyawa yang bisa memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau mulut, begitu juga dengan minuman yang mengandung alkohol akan memicu mulut kering dan menyebabkan banyak bakteri berkembang biak di sana.
Minuman seperti kopi dan alkohol, juga minuman bersoda, selain bisa menjadi penyebab bau mulut yang sangat efektif, bisa juga mengurangi kadar air di dalam tubuh khususnya di daerah tenggorokan sehingga tubuh akan dengan cepat merasakan dehidrasi. Usahakan setelah mengonsumsi kopi atau pun alkohol langsung meminum air putih yang banyak yang bisa menjadikan kembali netral kondisi tubuh yang ada. Meminum air putih pun akan mencegah terjadinya dehidarasi dan perasaan tidak sadar terlebih ketika sudah mengonsumsi minuman beralkohol.
Beberapa makanan lain sebenarnya bisa menjadi penyebab bau mulut yang tidak biasa adalah makanan yang memiliki bau yang menyengat seperti durian, petai dan jengkol. Makanan-makanan tersebut secara langsung menyebabkan bau yang tidak sedap ketika dikonsumsi, juga akan memberikan efek tidak menyenangkan juga pada bagian sekresi berupa air kencing yang bau dan kentut yang sama sama memiliki bau yang menyengat.
Supaya tidak merasakan bau tidak sedap tersebut, ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi makanan-makanan atau minuman penyebab bau mulut yang sudah disebutkan. Jika ingin sekali mengonsumsi makanan tersebut maka pastikan porsinya tidak berlebihan, lalu segera konsumsi banyak air putih untuk menetralkan atau mengonsumsi makanan lain yang baunya akan mengalahkan bau makanan yang menjadi pemicu bau tidak sedap tersebut.