Tidak semua orang menyadari bahwa dirinya memiliki masalah dengan bau mulutnya. Agar lebih mudah mengetahui jika seseorang memiliki bau mulut, Minasan bisa memeriksakan diri penyebab bau mulut secara medis. Dengan begitu bau mulut bisa diatasi dengan mudah sebelum bertambah parah dan menjadi lebih sulit disembuhkan.
Mendeteksi Penyebab Bau Mulut Melalui Tindakan Medis
Perkembangan teknologi menjadikan membuat segalanya menjadi lebih mudah. Termasuk ketika akan mengetahui bagaimana dan seperti apa penyakit yang diderita oleh seseorang. Tenaga medis akan membantu dengan mudah menerangkan bagaimana penyakit bisa menyerang tubuh seseorang juga untuk mendeteksi penyebab bau mulut yang ada dan dikeluhkan oleh pasien.
Kebanyakan kasus halitosis atau bau mulut memiliki penyebab bau mulut dari sisa-sisa makanan yang ada di dalam mulut khususnya ketika ada gigi yang berlubang atau gusi yang bermasalah. Maka untuk mengetahui penyebab bau mulut dengan medis bisa dengan mudah melakukannya dengan pemeriksaan mulut dan gigi. Sebaiknya dilakukan secara berkala supaya dengan mudah bisa diketahui bagaimana penyebab bau tersebut berkembang. Selain itu perlu diperhatikan pula apakah ada resiko yang lebih berbahaya jika dibiarkan atau harus ditangani dengan secepatnya.
Pemeriksaan medis yang lebih detail dan lebih dalam untuk mengetahui penyebab bau mulut bisa dengan cara melakukan endoskopi atau memeriksan seluruh saluran pencernaan atau pernafasan yang ada di dalam diri seseorang. Kamera endoskopi bisa dimasukan ke dalam saluran tersebut dan memeriksa apa yang terjadi di dalam saluran itu. Jika ditemukan adanya pembengkakan, bisa jadi pembengkakan itulah yang menjadi penyebab adanya bau mulut yang tidak sedap.
Cara lainnya yaitu dengan mengobservasi dan melakukan analisis terhadap rekam medis seseorang. Jika dirinya sedang menjalani sebuah terapi maka bisa jadi terapi itulah yang menjadi pemicu penyebab bau mulut yang terjadi. Beberapa obat pun bisa memicu adanya bau mulut yang menyerang seseorang yang akan menyebabkan terjadinya reaksi tertentu di dalam tubuh dan mengeluarkan aroma yang tidak sedap sama sekali.
Penyakit lainnya juga bisa menjadi penyebab bau mulut, misalnya saja ada penyakit di saluran pernafasan seperti bronkitis dll. Atau ada gangguan akibat diabetes yang akan menjadikan beberapa kelenjar bekerja terlalu optimal dan mendesak pernafasan atau pencernaan untuk mengeringkan mulutnya dan menjadikan mulut menjadi lebih kering dibandingkan dengan sebelumnya.
Bau mulut yang menyerang seseorang sebenarnya akan berbeda tingkatannya sehingga ada yang dengan mudah tercium, ada juga yang tidak tercium sama sekali. Pertolongan pertama bisa dengan cara mengonsumsi air putih lebih banyak supaya bisa menetralkan saluran pencernaan.
Selain menggunakan cara medis, pemeriksaan bau mulut bisa dilakukan dengan cara sederhana dan bisa dilakukan oleh diri sendiri. Yaitu dengan cara menjilat bagian dalam pergelangan tangan sendiri lalu tunggu beberapa detik hingga air liur mengering. Jika kemudian tercium bau yang tidak sedap dari daerah tersebut maka bisa jadi pertanda adanya kemungkinan bau mulut yang menyerang atau adanya gangguan pada mulut yang perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.