Meskipun rokok tidak sepenuhnya dilarang, bagi mereka yang sadar dengan kesehatan pasti akan menghindari untuk tidak merokok. Perilaku merokok dapat menjadi penyebab bau mulut juga penyakit berbahaya lainnya. Apalagi rokok mengandung zat aditif yang dapat membuat ketagihan dan membuat seseorang selalu ingin menghisap rokok setiap harinya.
Penyebab Bau Mulut yang Berasal dari Kebiasaan Merokok
Penyebab bau mulut oleh rokok dimulai ketika satu batang rokok dinyalakan dan dihisap oleh mulut. Asap akan memberikan efek hitam kepada mulut dan gigi, kemudian secara perlahan-lahan gigi pun akan mulai kotor menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut. Nafas yang dimiliki oleh seseorang yang merokok pun akan berbeda dengan yang tidak karena akan terasa bau rokok yang kental dengan beberapa bau khas lainnya sesuai dengan kandungan yang ada dari rokok yang dihirupnya.
Seperti yang diketahui bahwa ada banyak sekali yang memicu dan penyebab bau mulut pada diri wanita. Yang paling aktif dan efektif menyebabkan bau tak sedap ternyata adalah rokok. Tidak sedikit wanita yang menghisap rokok dan menjadikan kebiasaan tersebut sebagai kebiasaan sehari-hari yang dilakukan. Tentunya efek negatif ini akan terus berlanjut selama Minasan masih menghisap rokok secara rutin.
Selain menjadi penyebab bau mulut, rokok pun akan menjadikan bibir Minasan lebih hitam. Meskipun sudah menggunakan pewarna bibir, tetap saja ada kesan gelap pada bibir yang tidak bisa dihilangkan. Begitu juga pada bagian gigi, beberapa gigi akan berwarna hitam serta terlihat rusak. Itu diakibatkan kandungan rokok berupa nikotin dan tartazin yang berbahaya untuk tubuh. Kandungan tersebut dapat mengikis bagian gigi sehingga dapat mengakibatkan keropos dan gigi yang menghitam.
Tak hanya menjadi penyebab bau mulut, rokok pun berpotnesi untuk menimbulkan gangguan pada berbagai macam organ seperti penyakit jantung, berbagai jenis kanker, impotensi, gangguan pada alat kelamin, dll.
Meskipun demikian, tidak serta merta orang yang telah terbiasa merokok bisa menghilangkan kebiasaan tersebut. Dibutuhkan motivasi yang kuat dan dukungan orang sekitar untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok. Harus ada usaha untuk mengurangi kebiasaan tersebut demi kelangsungan hidup dan terjaganya kesehatan yang lebih baik lagi.
Hindarkan diri dari kebiasaan merokok yang merupakan penyebab bau mulut. Kebiasaan yang buruk akan memberikan efek yang tidak baik kepada diri wanita, terutama pada bagian kebugaran dan kesehatan. Tentu akibat buruk dari rokok juga mengakibatkan penampilan tak cantik lagi. Belum lagi penyakit berbahaya lainnya yang akan memberikan potensi membahayakan organ tubuh, tapi juga janin di dalam rahimnya jika wanita itu sedang mengandung.