Mulut kering atau xerostomia akan terjadi apabila mulut menghasilkan air ludah yang sedikit. Sebab terjadi demikian karena kelenjar ludah terlalu tebal atau memiliki banyak serabut. Ketika kelenjar ludah dalam keadaan baik baik saja, maka dengan mudah semua rasa bisa dikecap dan menjadikan selera untuk makan. Sedangkan ketika bermasalah, akan menjadi penyebab bau mulut yang mengganggu dan menjadikan bagian lain di dalam mulut pun ikut terganggu.
Penyebab Bau Mulut Oleh Mulut Kering
Air liur yang kurang mengakibatkan mulut menjadi kering dan bibir pun akan terlihat pecah atau retak-retak. Beberapa orang akan terlihat seperti memiliki luka di bagian sudut bibir mereka. Jika dipegang, maka akan terasa kasar dan kering. Yang parah selain jadi penyebab bau mulut yaitu adanya kehilangan selera makan karena semua makanan hampir sama rasanya, lalu adanya rasa sakit ketika akan menelan ludah ataupun makanan.
Mulut kering menjadi penyebab bau mulut karena adanya kondisi medis yang diistilahkan dengan sebutan sindrom sjogren. Sindrom tersebut yaitu gangguan akibat sel darah putih yang menyerang bagian kelenjar ludah akibat proses autoimun yang bertujuan untuk melindungi kelenjar tersebut tetapi kemudian jaringan yang baik pun ikut diserang dan dihilangkan.
Apa yang menjadi penyebab mulut kering yang juga menjadi penyebab bau mulut? Sebabnya karena terlalu banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang berbahaya dan mengganggu kesehatan seperti merokok, minum minuman keras dan bersoda. Produk tembakau pun turut meningkatkan keringnya mulut yang akan memberikan aroma tidak sedap. Produk-produk rokok ditengarai dengan mudah memperburuk kondisi mulut yang bisa mengakibatkan munculnya radang atau penyakit yang lain.
Penyebab bau mulut karena mulut kering adalah kondisi yang tidak mengenakan apalagi jika terjadi secara terus-menerus. Kotoran yang menempel akan terus berkembang karena tidak dibunuh atau dihilangkan oleh air ludah. Penggunaan lipstik pun akan memberikan peluang untuk menjadikan mulut semakin kering apalagi jika menempel pada gigi atau gusi. Akibat tidak ada air liur, maka akan sulit untuk mulut melakukan pembersihan terhadap berbagai jenis kotoran yang datang.
Supaya tidak terjadi bau mulut karena mulut kering, maka perlu diperhatikan kondisi mulut setiap harinya. Jangan menganggap remeh berbagai hal yang terjadi pada mulut karena bisa menjadi indikasi adanya berbagai penyakit dan peluang untuk mendapatkan peradangan pada bagian mulut. Seseorang yang mengabaikan kesehatan mulutnya akan memiliki peluang untuk merasakan beberapa penyakit seperti mulut yang kering, sariawan, gusi berdarah, sakit gigi, pembengkakan, dan lain lain termasuk bau mulut.
Bau mulut akibat mulut yang kering untuk sementara bisa dikurangi dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup banyak. Air putih akan memicu kelenjar ludah memproduksi ludah kembali sehingga keadaan mulut pun akan menjadi lebih lembab. Setelah keadaan mulut lembab, maka penyebab bau mulut lainnya yaitu bakteri bisa dihilangkan atau dibunuh menggunakan saliva tersebut.
Penyebab bau mulut dari mulut kering pun bisa berhubungan dengan adanya kelainan pada saraf. Seseorang yang mengalami cedera leher akan merasakan pula mulut yang kering kemudian bau pada bagian mulutnya. Apabila saraf lainny ikut terganggu, bisa jadi menyebabkan mulut kering juga dengan memungkinkan menjadi sebab untuk bau mulut yang menyerang.