Masa kehamilan adalah masa yang ditunggu-tunggu oleh para wanita. Namun ternyata di masa kehamilan tersebut ada banyak hal yang terjadi, seperti timbul bau tak sedap yang berasal dari mulut. Hal ini tentu membuat ibu hamil yang harus menyesuaikan dengan kondisi tubuhnya menjadi tidak nyaman. Ada banyak penyebab bau mulut di saat hamil, salah satunya perubahan hormon.
Penyebab Bau Mulut Pada Wanita Hamil
Beberapa penyebab bau mulut di masa kehamilan di antaranya adalah morning sickness yang sering terjadi di awal kehamilan khususnya di trimester pertama. Morning sickness merupakan kondisi dimana tubuh wanita masih menyesuaikan dengan perubahan yang ada di dalam tubuhnya. Mornning sickness membuat tubuh terasa lebih cepat lelah, merasa pusing, dan terkadang disertai dengan mual dan muntah yang parah. Beberapa wanita hamil perlu diberikan perawatan khusus untuk mengatasi morning sickness, namun ada juga yang tidak mengalaminya sama sekali. Morning sickness menjadi penyebab bau mulut pada wanita hamil.
Perubahan lainnya seperti adanya hormon yang terus menerus berkembang, menjadikan wanita hamil cepat mengalami mual. Mual akan menyebabkan muntah dan secara tidak langsung sisa muntahan yang masih ada di dalam mulut dapat menjadi penyebab bau mulut. Mual-mual yang terjadi tidak dapat dihindari tetapi bisa dikurangi dengan tidak mengonsumsi makanan yang menyebabkan rasa mual serta tetap menjaga kenyamanan diri.
Usahakan pula untuk selalu mencukupi kebutuhan air. Mulut kering karena dehidrasi ketika hamil juga dapat menyebabkan bau mulut. Penyebab bau mulut tersebut akan semakin memperparah keadaan ibu hamil karena bukan hanya asupan air untuk ibu hamil saja yang tidak tercukupi tetapi juga untuk janin yang sedang berkembang di dalam perutnya.
Penyebab bau mulut yang terjadi pada masa kehamilan menjadi momok yang tidak membuat nyaman bagi ibu hamil. Terlebih keinginan untuk menyikat gigi pun semakin berkurang karena enggan mencium bau pasta gigi. Supaya bisa lebih nyaman, maka ibu hamil bisa membuat makanan tertentu yang akan mengurangi kadar bau pada mulutnya, atau bisa juga dengan mengonsumsi ramuan-ramuan herbal yang tidak berbahaya bagi kesehatan ibu sendiri dan kesehatan bagi janinya.
Semakin bertambah usia kehamilan maka akan semakin banyak perubahan yang terjadi pada diri ibu hamil. Dengan begitu maka potensi untuk mengalami bau mulut pun akan semakin tinggi. Penyebab bau mulut akan semakin bertambah dan berbeda beda tergantung kepada kapan dan berapa usia kehamilan yang sedang dialami oleh ibu hamil tersebut. Jika morning sickness menjadi penyebabnya di awal kehamilan, maka perubahan hormon akan menjadi penyebab lainnya di trisemester berikutnya.
Demikianlah beberapa penyebab bau mulut yang terjadi pada masa kehamilan. Perlu diketahui bahwa bau mulut merupakan hal normal jika ibu sedang hamil. Tidak diperlukan obat-obatan untuk mengatasi bau tersebut karena akan berdampak buruk bagi perkembangan janin. Lebih baik mengurangi beberapa makanan penyebab bau mulut, atau melakukan kegiatan yang bisa membuat badan lebih rileks dan menerima perubahan yang ada selama masa kehamilan hingga persalinan tiba.