Saluran pernafasan yang terganggu ternyata bisa menjadi penyebab bau mulut yang timbul pada diri seseorang. Penyakit pada saluran pernafasan pada umumnya disebabkan oleh adanya bakteri yang menyebabkan peradangan dll. Dengan adanya bakteri di bagian pernafasan maka akan ada peluang bagi bakteri tersebut membawa kotoran dan menimbulkan pembengkakan di daerah mulut. Bau mulut akibat adanya penyakit di saluran pernafasan akan mengakibatkan perasaan yang tidak nyaman dan memicu penyakit lainnya secara perlahan-lahan.
Penyebab Bau Mulut Karena Penyakit Saluran Pernafasan
Bau mulut yang menyerang akan memberikan efek negatif pada setiap aktivitas yang ada. Tak hanya mengganggu diri sendiri, hal ini juga dapat mengganggu orang lain yang berinteraksi pada kita. Penyebab bau mulut salah satunya disebabkan oleh adanya penyakit yang menyerang pada saluran pernafasan. Penyakit tersebut ada yang bersifat ringan, tetapi ada juga yang sudah kronis. Biasanya penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri lah yang akan menyebabkan bau tak sedap pada mulut.
Penyebab bau mulut juga bisa disebabkan oleh penyakit bronkitis yang menyerang sistem pernafasan. Bronkitis terjadi karena adanya bakteri yang menyerang terutama pada bagian paru-paru. Jika peradangan sudah terjadi maka bisa menyebabkan bau mulut pada daerah mulut. Paru-paru akan membawa udara yang mengandung bakteri ke mulut dan membawa aroma tak sedap.
Penyakit pernafasan lainnya yang menjadi penyebab bau mulut yaitu sinusitis yang terjadi di daerah hidung. Ini diakibatkan karena adanya bakteri yang berkembang dan membentuk gumpalan yang menghalangi jalannya pernafasan dengan optimal. Selain bisa menjadikan pernafasan kurang baik, bau mulut pun akan menjadi penyebab yang lainnya. Sinusitis sangat mengganggu karena bisa mengakibatkan hidung tersumbat, mengalami pendarahan, dan jika sudah parah harus dilakukan tindakan operasi. Bau mulut kemudian menjadi efek yang lainnya yang membuat penyakit semakin bertambah parah.
Selain itu, penyakit seperti influenza pun merupakan penyebab bau mulut yang tidak disangka-sangka. Infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan akan menimbulkan sekresi lendir yang terjadi pada rongga hidung. Lendir tersebut kemudian akan mengalir dan berpindah ke rongga tenggorokan atau pun ke daerah mulut sehingga menyebabkan adanya bau pada daerah mulut. Terkadang lendir pun akan menimbulkan rasa gatal pada daerah tenggorokan.
Nafas yang tidak sedap diawali adanya bakteri yang menyebabkan sel-sel tumbuh dengan tidak baik dan mengalami kerusakan. Sel-sel tersebut kemudian akan terurai dan mengalir ke beberapa bagian di saluran pernafasan yang menyebabkan nafas tidak enak dan berbau. Karena mulut pun bisa dijadikan sebagai saluran pernafasan, tidak menutup kemungkinan mulut pun jadi memiliki bau yang tak sedap. Penyebab bau mulut tersebut terjadi sampai penyakit yang ada pada saluran pernafasan sembuh.
Itulah beberapa penyakit yang bisa menjadi penyebab bau mulut yang terjadi pada diri seseorang. Untuk menghilangkan bau mulut yang ada maka perlu menyembuhkan terlebih dahulu penyakit yang ada pada saluran pernafasan tersebut sehingga akar permasalahannya pun dapat hilang dan diselesaikan. Menjaga kesehatan saluran pernafasan menjadi langkah awal untuk menjaga organ-organ yang ada pada saluran tersebut seperti hidung, tenggorokan, paru paru, dan kesehatan mulut. Dengan terjaganya semua organ tersebut maka potensi untuk mendapatkan bau mulut yang tidak enak akan semakin berkurang.