Kulit belang atau putih yang tidak merata adalah salah satu masalah yang banyak dialami masyarakat modern. Kulit belang biasanya terjadi pada wajah, leher, tangan, dan kaki. Wanita yang mengalami kulit belang tentu bisa mengurangi rasa percaya diri dan membuat penampilan jadi buruk. Untuk itu, banyak dari mereka mencari cara memutihkan kulit belang.
Minasan tak perlu risau lagi karena saat ini kulit belang dapat diatasi dengan mudah. Bagaimana caranya? Langsung saja simak pembahasan menarik berikut ini.
1. Penyebab Kulit Putih Tak Merata Atau Belang
Sebelum mencari solusi mengatasi kulit belang, sangat baik jika Minasan tahu penyebabnya. Dengan demikian, Minasan bisa mencoba menghindari dan menemukan cara memutihkan kulit belang yang tepat.
Secara umum penyebab paling utama kulit belang ialah hiperpigmentasi karena paparan sinar matahari. Yakni, suatu kondisi terjadinya peningkatan zat pigmen yang membuat kulit gelap. Hiperpigmentasi bisa terjadi baik saat kulit terkena sinar UV secara langsung maupun tak langsung.
Kondisi kulit belang paling berisiko pada Minasan yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Bagian kulit tubuh yang terbuka bisa jadi gelap dan akhirnya tampak belang. Jika tak segera ditangani tentu tanda belang akan makin jelas dan sulit untuk diputihkan secara merata.
2. Cara Memutihkan Kulit Belang Dengan Bahan Alami
Jika aktivitas di luar ruangan tak terlalu sering, biasanya kulit belang akan hilang sendiri paling lama sebulan. Namun, jika ingin cepat kembali normal atau Minasan secara terus-menerus beraktivitas di luar ruangan, cara memutihkan kulit belang berikut ini bisa jadi solusi alternatif.
a. Madu : Madu murni bisa membantu mempercepat pemutihan kulit belang. Baik itu di tangan, kaki, wajah maupun leher. Caranya hanya dengan mengoleskan madu ke area kulit yang belang. Biarkan mengering kemudian bilas bersih dan keringkan.
b. Minyak zaitun: Olive oil sudah lama dipercaya menjadi cara memutihkan kulit secara alami dan menyehatkan. Cara penerapannya sama dengan madu yakni cukup dioleskan di area belang hingga kering. Hasil optimal akan didapat jika rutin diterapkan.
c. Baking soda: Salah satu bahan pengolah makanan ini cukup efektif digunakan memutihkan kulit belang. Caranya, ambil satu sendok teh baking soda dan campurkan dengan satu sendok teh air putih. Jika sudah rata, oleskan ke area kulit belang sambil dipijat ringan. Diamkan mengering beberapa menit sebelum dibilas air bersih.
d. Yoghurt: Yoghurt murni tanpa rasa memiliki sejumlah manfaat mengatasi kulit belang. Penerapannnya bisa megangkat sel kulit mati, memudarkan flek hitam, menghilangkan warna kemerahan, dan membuat kulit kembali cerah. Caranya mudah dan sama seperti 3 bahan alami di atas.
3. Cara Lain Memutihkan Kulit Belang
Selain memakai bahan alami, Minasan juga perlu melakukan perawatan agar kulit belang kembali putih. Cara memutihkan kulit belang perlu dilakukan diantaranya:
a. Pakai Sunblock Atau Tabir Surya
b. Lindungi kulit dari paparan sinar UV dengan memakai tabir surya. Pakailah SPV yang tinggi jika intensitas diluar ruangan cukup lama dan tinggi, utamanya di siang hari agar kulit tak terbakar. Sangat baik jika tabir surya dioleskan ke kulit setiap 2 jam sekali untuk perlindungan optimal.
c. Kenakan Pakaian Tertutup
Sangat baik jika Minasan menghindari kontak langsung dengan sinar UV dengan memakai pakaian panjang dan tertutup. Meski demikian, tetap perhatikan style yang menarik agar penampilan tetap enak dipandang.
Cara memutihkan kulit belang juga bisa dengan sabun pepaya, membuat scrub kentang, dan sebagainya. Jika belang sudah hilang, tetap perhatikan kesehatan dan perlindungan kulit agar tetap putih merata.
Selengkapnya