Cara memutihkan kulit dengan scrub alami menjadi salah satu cara efektif yang perlu dicoba. Perawatan scrub kulit dapat membantu membersihkan dan menyapu semua kotoran tanpa menyisakan sedikit pun. Scrub sendiri merupakan suatu metode pengelupasan sel kulit mati yang menempel di permukaan kulit. Sehingga scrubbing dapat membantu kulit agar lebih segar dan bersinar. Selain itu, pastinya juga bermanfaat mempercepat proses regenerasi kulit.
Adapun secara garis besar perawatan dengan cara scrubbing memiliki manfaat sebagai berikut:
a. Memutihkan kulit
b. Mencerahkan kulit
c. Mengencangkan kulit
d. Mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam dan kasar
e. Mengoptimalkan regenerasi sel
f. Menghaluskan kulit
Perawatan scrubbing yang dilakukan dapat memberi sejumlah manfaat di atas jika dilakukan dengan cara yang tepat. Bagi Minasan yang memiliki jenis kulit kering dapat melakukan scrubbing satu minggu sekali. Sementara bila jenis kulit Minasan cenderung berminyak scrubbing dapat dilakukan 2 kali dalam seminggu. Dalam hal ini tidak ada salahnya mencoba membuat scrub sendiri sebagai cara memutihkan kulit alami dengan hasil efektif.
Scrub Kulit Jeruk
Buah jeruk tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya untuk memutihkan kulit. Bahkan dari hasil riset ternyata ada manfaat lain dari buah jeruk yaitu dapat menyeimbangkan kondisi kulit dan membantu menekan produksi sebum berlebih. Adapun untuk membuat scrub kulit jeruk Minasan membutuhkan beberapa bahan di antaranya kulit jeruk, kulit lemon, 2 sdm oat, 2 sdm biji bunga matahari, 2 sdm garam, minyak almond, atau minyak esensial lain.
Siapkan semua bahan yang dibutuhkan. Awali dengan menghaluskan biji bunga matahari lebih dulu. Lanjutkan dengan memarut kulit jeruk dan kulit lemon. Bila sudah campurkan semua bahan dalam baskom lalu tutup rapat. Scrub alami sebagai cara memutihkan kulit siap digunakan.
Scrub Gula
Gula juga memiliki khasiat memutihkan dan menghaluskan kulit. Hal ini dikarenakan gula dengan tekstur khususnya memiliki kemampuan mengangkat sel kulit mati dan kasar. Tidak hanya itu saja, gula juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit.
Pembuatan scrub gula cukup mudah. Namun sebelumnya Minasan perlu mempersiapkan beberapa bahan seperti gula pasir tentunya, madu murni, dan baby lotion. Apa yang harus dilakukan adalah hanya mencampur semua bahan lalu simpan untuk digunakan saat scrubbing.
Scrub Kopi
Kopi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Mulai dari mengurangi keriput, menghaluskan, menghilangkan bau tidak sedap, dan mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam. Bahkan kandungan dalam kopi juga dapat menutrisi kulit supaya tetap segar dan sehat.
Untuk membuat scrub kopi sebagai cara memutihkan kulit alami Minasan hanya perlu menyiapkan biji kopi yang sudah digiling lembut tetapi masih agak kasar. Campur dengan madu sampai didapati adonan berbentuk pasta.
Itulah beberapa cara membuat scrub cara memutihkan kulit alami. Adapun untuk cara penggunaannya secara garis besar tidak ada perbedaan. Minasan dapat memulai dengan memoles scrub dari ujung jari kaki dan merata ke bagian tubuh atas. Gosok-gosok dengan gerakan berputar sembari diberikan pijatan. Setelah merata membaluri seluruh tubuh diamkan kurang lebih 10-15 menit. Lanjutkan dengan bilas air bersih sembari menggosok-gosok kulit tubuh Minasan kembali. Lakukan secara rutin maka kulit Minasan akan terasa lebih segar dan sehat.
Selengkapnya