Ada banyak sekali bahan serta metode yang bisa digunakan sebagai cara memutihkan kulit wajah secara alami. Ada yang memakai bahan-bahan mandiri seperti buah-buahan. Atau mencoba meracik ramuan tradisional dengan bahan dapur yang sangat mudah didapatkan. Nah, jika Minasan bosan atau kurang suka memakai buah sebagai bahan pemutih kulit, alternatif terbaik yang masih tetap alami ialah meracik ramuan tradisional. Apa sajakah itu?
1. Almond + Susu + Kunyit
Ketiga bahan ini sudah cukup dikenal memiliki khasiat ampuh memutihkan kulit. Almond kaya vitamin dan bermanfaat sebagai antioksidan. Begitu juga dengan susu dan kunyit yang bisa mengangkat sel kulit mati, menghaluskan, mencerahkan dan merawatnya tetap sehat.
Cara meracik ramuannya adalah pertama dengan merendam almond dan satu ruas kunyit ke dalam gelas susu cair sebanyak 4-5 biji di pagi hari. Diamkan dan saat malam tiba keluarkan kunyit. Haluskan almond yang sudah lunak ke dalam susu hingga mengental seperti pasta.
Lalu oleskan ke wajah hingga leher dan biarkan semalaman. Bilas dan bersihkan kembali saat pagi hari. Hasil optimal cara memutihkan kulit wajah dengan almond akan didapat jika rutin dilakukan 2 minggu sekali.
2. Yoghurt + Madu
Kandungan asam laktat plus nutrisi dalam yoghurt mampu menekan melanin sehingga kulit lebih putih dan cerah berseri. Sedangkan madu sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kecantikan karena mengandung antioksidan, vitamin, mineral dan potassium. Tak hanya dijadikan sebagai cara memutihkan kulit wajah tapi juga berfungsi melembabkan dan menghilangkan jerawat.
Untuk membuat ramuannya buatlah perbandingan 1:2 dengan dengan jumlah yoghurt yang lebih banyak ketimbang madu. Campurkan keduanya dalam satu wadah bersih lalu oleskan ke wajah hingga leher. Diamkan mengering sekitar 15-30 menit agar meresap dan bilas air bersih setelahnya.
Selain dengan madu, racikan yoghurt juga bisa diterapkan bersama jus lemon dan oatmeal. Cara memutihkan kulit wajah dengan mencampurkan ketiga bahan dalam satu tempat dan aduk hingga seperti pasta. Lalu terapkan seperti cara biasanya yakni oleskan, tunggu kering dan bilas hingga bersih.
3. Beras + Minyak Zaitun + Madu
Minyak zaitun sangat manjur mencerahkan, meremajakan dan melembabkan kulit. Jika dicampur dengan beras dan madu tentu manfaat berlimpah akan didapatkan. Untuk meracik ramuan ini jadikan beras sebagai tepung terlebih dahulu.
Caranya cuci beras organik dan rendam semalaman. Esoknya tumbuk atau blender sampai halus kemudain jemur hingga kering seperti tepung. Jika sudah campurkan tepung beras minyak zaitun dan madu hingga mengental seperti pasta.
Oleskan merata ke wajah dan leher dan biarkan mengering sekitar 20 menit. Lalu bilas air bersih dan keringkan wajah dengan handuk. Lakukan rutin seminggu sekali.
Jika kurang suka cara memutihka kulit wajah dengan tambahan zaitun dan madu, Minasan dapat mencoba bahan lain. Misalnya beras + gula, beras + minyak almond dan kentang, beras + tomat atau beras + baking soda. Pilihlah sesuai selera untuk mengatasi kulit wajah gelap.
Selain ramuan tradisioal di atas Minasan juga dapat mencoba meracik bahan lainnya yang berkhasiat memutihkan dan sudah banyak direkomendasikan. Seperti kunyit, air mawar, bawang putih, kacang-kacangan dan sebagainya. Sebelum meracik perhatikan takaran tepat, cara membuat dan mengaplikasikannya.
Cara memutihkan kulit wajah alami kini mulai banyak diminati karena terbukti efektif, aman dan bebas efek samping. Selain itu harganya juga cukup ekonomis sehingga bisa berhemat. Modal yang diperlukan hanya sedikit usaha dan konsisten dalam melakukan perawatan kulit.
Selengkapnya