Cara memutihkan kulit dengan buah-buahan merupakan metode klasik yang sudah banyak digunakan sejak dulu. Selain lezat untuk dimakan, gizi dan khasiat buah-buahan juga sering dijadikan solusi mengatasi sejumlah masalah kecantikan. Misalnya saja buah-buahan segar yang ampuh memutihkan kulit secara alami.
Sebagai pemutih kulit, buah-buahan tak memiliki efek samping apapun. Apalagi jika ramuannya diolah sendiri sesuai takaran yang dianjurkan. Ramuan tersebut bisa dijadikan masker untuk wajah maupun badan tergantung keinginan Minasan. Langsung saja, yuk simak buah-buahan yang efektif putihkan kulit.
1. Bengkuang
Buah satu ini sudah malang melintang diberbagai produk kecantikan di Indonesia. Bengkuang kerap dijadikan bahan utama cara memutihkan kulit. Buah berwarna putih ini mengandung kalsium, fosfor, pachyrhizon, vitamin B1, vitamin C dan rotenon. Kandungan tersebut tak hanya befungsi sebagai pemutih alami namun juga membersihkan kulit dari flek hitam akibat jerawat.
Cara membuat olahannya, pertama kupas kulit bengkuang dan cuci hingga bersih. Lalu parut sampai halus dan ambil sarinya dengan disaring menggunakan kain. Tempatkan air bengkuang dalam wadah bersih dan bening. Biarkan mengendap sekitar 30 menit lalu buang air bengkuang. Pakailah endapan bengkuang untuk masker wajah atau dibalurkan ke tubuh.
2. Lemon
Lemon berkulit cerah, nampak segar dan rasanya asam karena mengandung banyak vitamin C. Lemon berkhasiat untuk mencerahkan, membersihkan dan menjadi cara memutihkan kulit yang sangat efektif. Dengan menggunakan lemon untuk wajah atau tubuh dapat membantu mengatasi sejumlah masalah sekaligus seperti kusam dan flek hitam.
Menurut pakar kecantikan dalam dua minggu hasil sudah bisa didapatkan jika memakai air perasan lemon untuk perawatan kulit rutin setiap hari. Cara pakainya bisa dengan membelah lemon jadi dua lalu dioleskan ke kulit. Atau memeras airnya terlebih dahulu dan taruh ke dalam wadah. Gosokkan air lemon secara perlahan ke tubuh dengan menggunakan kapas. Biarkan air lemon megering sebelum dibilas dan pastikan kulit bersih sebelum memulai perawatan.
3. Alpukat
Buah hijau yang sangat lezat jika dijadikan jus ini banyak mengandung mineral, kaya vitamin dan minyak alami. Kandungan itulah yang dipercaya ampuh sebagai cara memutihkan kulit. Perawatan dengan alpukat juga akan menjaga kesehatan kulit, menangkal radikal bebas dan membantu proses regenerasi kulit.
Caranya cukup denga mengambil daging alpukat dan haluskan. Ingat ambil dagingnya saja dan jangan sampai bagian berwarna hijau ikut terambil. Setelah halus oleskan ke wajah dan tubuh seperti luluran. Untuk hasil maksimal terapkan perawatan kulit dengan alpukat secara rutin. Misalnya 2 kali dalam seminggu atau sesuai selera. Penggunaan alpukat sebagai bahan perawatan tidak akan menimbulkan efek samping meskipun digunakan secara rutin.
4. Tomat
Buah bewarna merah ini juga mengandung banyak vitamin dan astringent alami untuk mengatasi kulit gelap. Selain manjur sebagai cara memutihkan kulit, tomat bisa mengatasi kulit yang mudah berkeringat dan jerawat di wajah dan tubuh.
Penerapannya hanya dengan menghaluskan beberapa buah tomat dengan diblender, ditumbuk atau diparut. Taruh dalam sebuah wadah bersih lalu balurkan secara perlahan dan merata ke wajah serta tubuh. Khususnya untuk daerah gelap dan diamkan hingga kering sekitar 15-25 menit. Setelah itu haluskan kembali tomat segar dan oleskan sambil dipijat 1-2 menit. Terakhir bilas dan bersihkan kulit sampai bersih.
Selain buah-buahan di atas, cara memutihkan kulit juga bisa dilakukan dengan memakai pepaya dan jeruk nipis. Pengolahan dan penerapannya kurang lebih sama. Lakukanlah perawatan alami dengan buah-buahan secara rutin dan teratur agar cepat mendapatkan kulit putih idaman.
Selengkapnya