Cara memutihkan kulit secara alami biasanya dilakukan dengan memanfaatkan bahan alami baik buah, sayur, atau tanaman herbal. Bahan alami biasanya dipilih dengan alasan lebih efektif tanpa efek samping dan pastinya lebih efisien dari segi biaya. Selain itu, pada umumnya penggunaan bahan alami cocok untuk semua jenis alami, tidak seperti produk kecantikan tertentu.
Adapun sebelumnya perlu diketahui penyebab kulit kusam dan hitam. Secara umum kulit yang terlihat kusam dan hitam dapat disebabkan karena 2 hal berikut:
1. Faktor Keturunan
Penyebab pertama adalah karena faktor keturunan atau genetik. Bila orang tua memiliki kulit putih ada kemungkinan besar anak yang dilahirkan juga memiliki kulit putih dan sebaliknya. Bila yang menjadi penyebab adalah faktor keturunan, maka akan menjadi lebih sulit. Karena jenis kulit yang dimiliki sudah bersifat bawaan sejak lahir. Namun bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan untuk memutihkan. Beberapa jenis perawatan dapat membantu mencerahkan kulit.
2. Pola Makan dan Pola Hidup
Penyebab selanjutnya adalah pola makan atau pola hidup secara keseluruhan. Pola makan yang didominasi dengan makanan berminyak cenderung meningkatkan produksi minyak kulit berlebih. Akibatnya kulit menjadi terlalu berminyak dan tidak bercahaya. Sementara pola hidup yang kurang sehat, misalnya kurang menjaga kebersihan kulit wajah dan tubuh dengan jarang mandi atau sering begadang dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit.
Setelah mengetahui faktor penyebab secara umumnya, kini dapat ditelusuri sekiranya apa penyebab kulit kusam dan hitam. Bila memang karena pola makan dan pola hidup kurang sehat, maka mulai dari sekarang Minasan bisa memulai untuk lebih memperhatikan hal tersebut. Adapun cara memutihkan kulit yang akan diberikan kali ini tidak kalah mudah dengan perawatan alami menggunakan bahan-bahan alami. Bagaimana caranya? Beberapa pola hidup sehat berikut dapat membantu.
1. Memulai Pola Makan dan Pola Hidup Sehat
Awali dengan memulai pola makan dan pola hidup sehat. Karena seperti yang sudah diketahui pola hidup yang kurang sehat menjadi penyebab kulit kusam dan hitam. Mandi secara teratur, tidur cukup, dan mengonsumsi makanan sehat. Mengonsumsi makanan sumber vitamin C juga menjadi cara sehat untuk mendapat kulit putih berseri secara alami.
2. Penuhi Kebutuhan Air Minum
Cara memutihkan kulit selanjutnya dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Bila tubuh kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi dimana kulit akan terlihat kering dan kusam. Karena itu, Minasan perlu mengonsumsi air minum dalam jumlah cukup, paling tidak 8 gelas setiap hari.
Rutin Menjaga Kebersihan Kulit
Pola hidup sehat selanjutnya dengan rutin menjaga kebersihan kulit. Selesai beraktivitas sepanjang hari biasanya akan ada banyak minyak, debu, dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. Tidak jarang bakteri penyebab jerawat juga bersarang. Untuk itu, Minasan perlu rutin membersihkan dengan sabun pembersih yang cocok.
3. Menghindari Asap Rokok
Tanpa disadari paparan asap rokok dapat menyebabkan kulit menjadi kering, rusak, dan mengalami penuaan lebih cepat. Bila Minasan memiliki hobi merokok lebih baik kurangi atau berhenti. Selain mengganggu kesehatan kulit, rokok juga memiliki kandungan nikotin yang dapat memicu penyakit lainnya.
4. Hindari Stres
Pola hidup sehat yang terakhir tidak kalah penting dalam peranannya sebagai cara memutihkan kulit adalah menghindari stres. Stress merupakan penyebab kerusakan pada kulit seperti timbulnya jerawat. Oleh karena itu, hindari stres misal dengan meluangkan waktu sejenak untuk refreshing.
Selengkapnya