Bagaimana cara memutihkan kulit ketiak yang menghitam secara aman? Tanpa disadari, kegiatan bercukur atau mencabut bulu ketiak menyebabkan kulit di area ketiak menjadi hitam. Hal tersebut terjadi karena pencabutan bulu ketiak menyebabkan pigmentasi sehingga kulit ketiak cenderung menghitam. Tentu kulit ketiak yang menghitam membuat Minasan jadi kurang percaya diri bila harus menggunakan baju tanpa lengan. Lantas, adakah perawatan atau cara aman yang bisa dicoba untuk memutihkan kulit ketiak yang menghitam?
Tidak perlu ambil pusing. Untuk memutihkan kulit ketiak yang menghitam, ternyata ada sejumlah bahan alami yang dapat Minasan ambil manfaatnya. Apa saja kira-kira? Berikut beberapa diantaranya.
1. Yogurt dan Susu
Campuran yogurt dan susu memiliki kandungan asam laktat dalam kadar tinggi yang dapat berperan sebagai pemutih alami untuk kulit ketiak yang menghitam. Minasan dapat mencampurkan 2 sdm yogurt plain alias tanpa rasa dengan 3 sdm susu. Aduk agar keduanya bercampur merata. Setelah itu, langsung saja gosokkan pada kulit ketiak yang menghitam lalu diamkan kurang lebih 60 menit agar nutrisinya terserap sempurna. Akhiri dengan bilas air hangat. Cara memutihkan kulit ketiak ini bermanfaat juga untuk menghaluskan.
2. Timun dan Kunyit
Buah timun memiliki sifat menyegarkan. Adapun campuran timun dan kunyit juga menjadi kombinasi ampuh memutihkan kulit ketak. Bagaimana caranya? Minasan dapat menghaluskan ketimun lalu mencampurnya dengan bubuk kunyit secukupnya. Langsung oles pada kulit ketiak yang menghitam untuk membuatnya lebih putih dan halus. Bila perawatan dengan timun dan kunyit ini rutin dilakukan, dapat pula membantu menyamarkan noda hitam yang terdapat di kulit ketiak.
3. Minyak Kelapa dan Kulit Jeruk
Minyak kelapa diketahui kaya kandungan vitamin E yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit, tidak terkecuali kulit di area ketiak. Bila vitamin E minyak kelapa dikombinasikan dengan vitamin C yang terdapat pada kulit jeruk, maka akan memberi khasiat ganda. Keduanya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang akan membantu memutihkan dan mencerahkan kulit ketiak. Untuk mendapatkan manfaat ini, Minasan dapat melumatkan kulit jeruk dengan blender lalu mencampurnya dengan sedikit minyak kelapa. Blender sampai halus lalu gosokkan pada kulit ketiak yang hitam. Lakukan cara memutihkan kulit ketiak ini secara rutin dan buktikan khasiatnya.
4. Baking Soda
Biasanya, baking soda menjadi komposisi tambahan untuk membuat kue. Ternyata, baking soda juga dapat Minasan gunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit ketiak. Dalam hal ini, Minasan bisa membuat pasta dari baking soda. Caranya dengan mencampur baking soda dengan sedikit air sampai didapati tekstur mirip pasta. Lanjutkan dengan melakukan perawatan menggosokkan scrub baking soda pada ketiak. Lakukan cara memutihkan kulit ketiak ini minimal 2 kali dalam seminggu. Bila setelah 2-3 minggu perawatan belum didapatkan hasil yang nyata, Minasan bisa mencoba cara yang lain. Memang tidak dianjurkan terlalu lama menggunakan scrub baking soda karena dapat menyebabkan iritasi.
Itulah beberapa cara memutihkan kulit ketiak yang menghitam. Cukup mudah untuk dicoba sendiri di rumah namun tetap hati-hati melakukan perawatan. Bila dari beberapa kali perawatan didapati iritasi, berarti jenis kulit Minasan tidak cocok dengan bahan alami yang digunakan. Tidak perlu khawatir. Kemungkinan tersebut memang ada mengingat kulit di area ketiak termasuk sensitif. Bila memang terjadi, dalam kondisi ini Minasan disarankan menghubungi dokter kepercayaan atau segera menghentikan pemakaian bahan tersebut. Sekian dan selamat mencoba.
Selengkapnya