Sudah sejak lama kesan cantik diidentikkan dengan kulit yang putih, cerah, dan tampak sehat. Itulah mengapa banyak kaum hawa berusaha mencari cara memutihkan kulit. Ada yang mencoba cara cepat dengan produk tertentu seperti pil dan krim pemutih kulit. Ada pula yang lebih telaten memakai teknik warisan nenek moyang dengan bahan alami.
Cara mana saja bisa dipakai sesuai selera dan kebutuhan. Tiap metode memiliki kekurangan dan kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan. Namun, jika dilihat dari usaha masyarakat memutihkan kulit, ada 3 cara yang paling populer digunakan saat ini, antara lain:
1. Memutihkan Kulit Dengan Cara Tradisional
Cara memutihkan kulit secara tradisional saat ini terbilang yang paling banyak jadi perhatian dan diminati masyarakat. Pasalnya, metode ini sangat murah, aman, dan terbukti ampuh tanpa efek samping.
Kepopuleran cara alami memutihkan kulit ini bisa terlihat dari banyaknya tips yang direkomendasikan di internet. Mulai dari memakai bahan segar seperti buah, bahan dapur seperti bawang putih, kunyit, dan sebagainya. Semua bahan tersebut bisa didapat dengan mudah. Cara memakainya bisa diolah secara mandiri atau dicampur bahan lain yang memiliki khasiat serupa hingga jadi sebuah racikan.
Penerapannya pun bisa untuk wajah, area tertentu yang menghitam seperti ketiak, lengan dan kaki, hingga seluruh bagian tubuh. Hasilnya cukup cepat dan efektif. Jika Minasan menerapkan secara rutin misalnya 2 kali seminggu, maka hasil maksimal akan dapat terlihat.
Namun bagi orang modern yang sangat sibuk dan tak punya banyak waktu, cara memutihkan kulit dengan metode tradisional terbilang ribet. Alasannya, karena harus membuat olahan terlebih dahulu sebelum dipakai untuk perawatan.
2. Memutihkan Kulit Dengan Perawatan di Salon Kecantikan
Jika tubuh sudah lelah tentu sangat malas membuat bahan alami di rumah untuk perawatan. Namun di sisi lain, Minasan sangat ingin memutihkan kulit yang menggelap. Kasus tersebut cukup banyak terjadi dan biasanya kaum hawa akan memilih jalan mendatangi salon kecantikan terpercaya.
Banyak salon kecantikan yang sudah memiliki nama dan pelanggan setia. Mereka menawarkan beragam produk mulai dari tradisional sampai produk kimiawi untuk membantu memutihkan kulit. Semua produk tersebut dikemas menarik dan memakai teknologi canggih agar hasil yang didapat lebih cepat serta nampak alami dan efektif.
Keunggulan cara memutihkan kulit dengan mendatangi salon kecantikan ialah pelayanan dan produk berkualitas. Masalah Minasan akan dibantu oleh tenaga ahli dan merasa dimanjakan seperti mendapatkan pijatan, ruangan yang menenangkan, dan lain-lain.
Namun sayangnya, cara ini tergolong cukup mahal. Sekali perawatan bisa menghabiskan biaya puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Bagi kalangan menengah ke atas, tentu hal ini bukan masalah. Tapi bagi masyarakat yang ingin berhemat dan berpenghasilan cukup, tentu sangat sulit.
3. Memutihkan Kulit Lewat Jasa Dokter
Berkonsultasi dengan ahlinya seperti dokter kecantikan kulit menjadi metode ketiga dari cara memutihkan kulit yang banyak dilakukan masyarakat. Cara ini biasanya ditempuh jika seseorang memiliki jenis kulit sensitif dengan sejumlah permasalahan lain.
Seseorang yang ke dokter umumnya sudah mencoba cara tradisional dan mendatangi salon kecantikan namun tak juga mendapatkan hasil namun justru muncul masalah lain pada kulit yang dirasa cukup menganggu.
Melakukan perawatan dan pengobatan dokter memang jadi cara aman mencerahkan kulit gelap. Biasanya dokter akan merekomendasikan obat tertentu baik itu berbahan alami atau kimiawi. Namun, cara memutihkan kulit ini terbilang sangat mahal, baik untuk berkonsultasi maupun membeli obatnya. Jadi, jika tak memiliki masalah serius lebih disarankan memakai cara tradisional atau mendatangi klinik kecantikan.
Selengkapnya