Dewasa ini banyak ditawarkan cara memutihkan kulit dengan obat-obatan yang menjanjikan hasil instan. Sejumlah produk yang ditawarkan di pasaran memang dapat memutihkan secara cepat. Hal itu karena kandungan pemutih kulit yang ada di dalamnya. Akan tetapi, beberapa waktu lalu masih didapati produk pemutih berbahaya karena mengandung zat kimia yang tidak baik bagi kesehatan kulit. Lebih dari itu, hasil kulit putih yang diberikan sebenarnya tidaklah permanen. Biasanya kulit akan kembali kusam dan hitam setelah menghentikan penggunaan obat. Lantas, bagaimana solusinya?
Adapun solusi aman dengan hasil efektif yang seharusnya dipilih adalah menggunakan bahan alami. Tentunya bahan alami jauh lebih aman karena tidak memiliki efek samping pada kulit. Hanya saja, Minasan memang harus lebih bersabar untuk mendapatkan hasilnya. Hasil yang diberikan pemutih alami tidaklah instan tetapi dapat lebih awet selama Minasan rutin melakukan perawatan.
Pada kesempatan kali ini akan diberikan setidaknya 3 ramuan alami sebagai solusi pemutih kulit alami. Apa saja ketiga ramuan yang dimaksud? Berikut uraian cara memutihkan kulit lebih lengkapnya.
1.Ramuan Minyak Zaitun dan Beras
Minyak zaitun dan beras merupakan kombinasi dengan khasiat hebat untuk memutihkan kulit secara alami. Kombinasi kedua bahan alami ini pun diyakini dapat menghambat proses penuaan dini seperti mencegah keriput dan garis halus. Untuk membuat ramuan ini, Minasan dapat mengambil 1 genggam beras lalu menumbuknya sampai halus. Tambahkan 2 sdm minyak zaitun lalu aduk agar bercampur merata. Adonan selanjutnya dapat diaplikasikan pada kulit tubuh seluruhnya. Gosok-gosok sembari memijat ringan. Biarkan kurang lebih 30 menit sebelum bilas bersih. Perawatan dengan ramuan minyak zaitun dan beras ini sebaiknya rutin dilakukan minimal 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.
2.Ramuan Pisang, Gula Pasir, dan Madu
Cara memutihkan kulit selanjutnya dapat Minasan coba dengan membuat ramuan dari buah pisang, gula pasir, dan madu murni. Kombinasi ketiga bahan alami tersebut diyakini dapat menyapu kotoran yang menutup pori-pori dan mencerahkan kulit secara efektif. Ramuan alami ini dapat Minasan buat dengan mencampur 1 buah pisang yang sudah dihaluskan dengan 4 sdm gula pasir dan 4 sdm madu murni. Aduk agar adonan bercampur merata. Adonan yang sudah jadi dapat diaplikasikan langsung pada permukaan kulit tangan dan kaki. Tunggu kurang lebih 30 menit dan biarkan nutrisinya terserap masuk ke dalam kulit. Akhiri perawatan dengan bilas sampai bersih.
3.Ramuan Wortel dan Lotion
Cara yang ketiga tidak kalah mudahnya untuk dicoba. Cara memutihkan kulit berikut membutuhkan wortel segar dan lotion. Pertama-tama, Minasan hanya perlu memarut 1 buah wortel. Tambahkan lotion secukupnya pada parutan wortel yang sudah siap. Sebagai opsi, Minasan bisa menggunakan perbandingan 1 buah wortel dicampur 1 sdm lotion. Bila memang membutuhkan ramuan lebih banyak, Minasan bisa menambah porsinya sesuai kebutuhan. Oleskan ramuan alami kombinasi wortel dan lotion secara merata pada permukaan kulit tubuh. Diamkan kurang lebih 30 menit sebelum dibilas. Cara alami memutihkan kulit ini pun baik dilakukan 2-3 kali dalam satu minggu.
Demikian beberapa cara memutihkan kulit yang dapat Minasan coba lakukan sendiri di rumah. Tentu sangat mudah. Minasan dapat meluangkan waktu di hari libur untuk memanjakan diri dan kulit. Bila rutin dilakukan, beberapa perawatan di atas tidak hanya bermanfaat memutihkan kulit saja tetapi juga menyehatkan.
Selengkapnya