Alat cukur untuk bulu sebaiknya disediakan beberapa dan dikhususkan. Misalnya alat khusus bulu kaki, ketiak, dan kemaluan. Tiap bulu yang tumbuh di tubuh mempunyai karakter dan fungsinya. Dengan membedakan alat mencukurnya, tentu bisa menjada kebersihan, mengurangi resiko buruk dan hasil lebih maksimal.
Khusus untuk bulu kaki, ada 8 hal yang perlu Minasan ketahui sebelum memakai alat cukur bulu. Hal tersebut terkadang diabaikan dan jadi kesalahan fatal kaum hawa dalam mempercantik kakinya. Berikut penjelasan detailnya.
1. Angkat Sel Kulit Mati Sebagai Persiapan
Agar tak terjadi iritasi saat memakai alat cukur bulu, lakukan persiapan terlebih dahulu. Misalnya menggunakan scrub atau lulur mandi untuk mengangkat sel kulit mati.
2. Teliti Memilih Krim dan Alat Cukur Bulu Kaki
Layaknya mencukur bulu pengganggu di area lain, mencukur bulu kaki juga memerlukan krim untuk melembapkan dan melancarkan proses pencukuran. Telitilah dalam memilih jenis krim dan sesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Krim cukur punya banyak varian dan berbeda-beda penerapannya.
Selain itu, pilihlah alat cukur bulu yang tepat dan berkualitas agar Minasan memperoleh hasil sesuai yang diharapkan. Untuk hasil terbaik, pakailah alat dengan pisau ganda karena jauh lebih efektif dan hemat waktu. Ganti pisau secara rutin untuk menjaga ketajaman dan kebersihannya.
3. Perhatikan Arah Mencukur
Sebaik-baiknya alat cukur bulu dan produk krim yang digunakan akan sia-sia jika dilakukan dengan sembarangan. Arah yang benar ialah mencukur dari bawah ke atas dan tidak melakukan pengulangan karena kulit bisa meradang.
4. Malam Jadi Waktu Terbaik Mencukur Bulu Kaki
Umumnya, wanita memakai alat cukur bulu ketika pagi hari sebelum atau sesudah mandi. Namun, tahukah Minasan bahwa waktu terbaik justru saat malam hari? Alasannya, kulit jauh lebih halus dan lembut karena ketika tidur kondisi kulit kembali normal.
5. lembapkan Kulit Usai Mencukur
Penerapan pelembap sebenarnya bukan sekedar mengembalikan kondisi kulit namun juga untuk mencegah iritasi. Sama halnya dengan tahap persiapan yang harus melakukan eksfoliasi, usai memakai alat cukur bulu kaki lakukan juga tahap perawatan.
6. Segera Atasi Jika Terjadi Iritasi
Meski telah berhati-hati, terkadang seseorang bisa melakukan hal ceroboh dan melukai kulit saat mencukur. Jika ini terjadi, segera lakukan perawatan agar tak infeksi dan menyebar luas. Tindakan pertama bisa denan mengompres dengan air hangat agar kulit jadi rileks.
7. Mencukur Basah atau Kering
Pilihan mencukur ini hanya dikhususkan bila Minasan memakai alat cukur bulu elektrik. Jika memilih mencukur kering, langkah yang harus dilakukan ialah membersihkan kaki dengan air hangat dan sabun. Lalu, keringkan dengan handuk lembut dengan menggosoknya dari bawah ke atas. Fungsinya agar rambut lebih mudah dicukur dan berdiri. Kemudian nyalakan alat cukur dan mulailah. Jangan lupa memakai pelembap usai mencukur.
Untuk mencukur basah caranya hampir sama dengan memakai alat cukur manual. Yakni, dengan diolesi krim atau gel pencukur terlebih dahulu. Setelah selesai bilas air hangat dan keringkan sebelum diolesi lotion.