Apa Itu Metode Oil Cleansing?

Metode oil cleansing adalah cara alami untuk membersihkan wajah dengan mengombinasikan minyak-minyak alami untuk membersihkan kulit dan untuk menyeimbangkan minyak alami kulit. Metode facial ini dapat kita lakukan sendiri dan kita lakukan secara rutin di rumah. Situs Acne.org bahkan menyatakan bahwa "Cara terbaik untuk melarutkan sebum/minyak adalah dengan menggunakan larutan yang memiliki komposisi yang mirip dengan sebum wajah, yaitu minyak lain. Dengan menggunakan minyak yang tepat, kalian dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri secara alami, lembut dan efektif. Metode ini dalam saat yang bersamaan juga mengganti sebum yang kotor dengan minyak yang lebih menguntungkan. Minyak ini diekstrak dari tanaman alami, sayuran, dan buah yang dapat menyembuhkan, melindungi, dan memelihara kulit. Jika dilakukan secaara benar dan konsisten, metode oil cleansing dapat membersihkan kulit dari masalah-masalah seperti kulit yang berminyak, kulit kering, kulit sensitif, komedo, dan masalah lainnya seperti jerawat. Selain itu, metode ini juga membuat kulitmu menjadi lebih sehat, seimbang, dan terjaga kelembabannya."

Jenis Kulit Seperti Apa yang Cocok Dengan Metode Ini?

Pada dasarnya, semua jenis kulit dapat mencoba metode ini, bahkan kulit yang berminyak sekalipun. Jika kamu baru mencoba metode ini untuk pertama kalinya, maka butuh waktu untuk menemukan campuran minyak yang cocok untuk kondisi wajahmu. Berikut ini adalah kombinasi minyak alami untuk berbagai macam jenis kulit.
source: http://wellnessmama.com/7569/oil-cleansing-method/
1. Kulit berminyak: 1/3 Minyak Castor atau minyak Hazelnut dan 2/3 minyak zaitun tau bunga matahari.
2. Kulit kombinasi: 1/4 minyak castor atau hazelnut dan 3/4 minyak zaitun, bunga matahari, atau minyak lainnya.
3. Kulit kering: semua minyak yang melembabkan seperti minyak zaitun, atau sedikit sekali minyak hazelnut atau castor untuk ditambahkan pada minyak zaitun.

Lalu, Bagaimana Caranya Membersihkan Muka Dengan Menggunakan Metode Ini?

1. Teteskan sedikit saja minyak (sebesar uang koin) ke telapak tangan. Pijat wajah dengan minyak dan usahakan agar tersebar dengan merata agar minyak dapat meresap. Gunakan pijatan memutar dan usahakan pijat dengan lembut. Pijat setidaknya untuk semenit atau dua menit, dan pastikan bahwa minyak benar-benar telah terserap ke dalam kulitmu. Melakukan hal ini juga dapat membersihkan wajahmu dari riasan wajah, sehingga tidak perlu untuk membersihkan riasan terlebih dahulu. Minyak yang telah dipijat di wajah dapat ditinggalkan dalam jangka waktu sepuluh menit untuk benar-benar membersihkan pori-pori wajah secara mendalam.
source: http://www.mommypotamus.com/oil-cleansing-for-clear-baby-soft-skin-video-tutorial/
2. Basahi lap wajah dengan air panas dan pastikan agar lap tersebut benar-benar basah, lalu peras hingga agak kering. Kemudian letakkan lap tersebut di atas wajah untuk menciptakan uap di atas kulit agar dapat menghilangkan minyak dan kotoran di wajah. Namun, perlu diperhatikan bahwa setelah menutup wajah dengan lap tersebut, tutup lagi dengan handuk kecil yang telah diperas dengan air hangat agar menghindari penurunan temperatur dari lap yang telah diperas dengan air panas. Diamkan selama semenit atau hingga lap terasa dingin. Jika diperlukan, ulangi dengan sisi lain lap tersebut, dan kemudian gunakan ujung lap untuk menghilangkan minyak yang tersisa. Jika sudah dilakukan, maka akan ada lapisan minyak tipis di atas wajah dan lapisan ini adalah lapisan yang menguntungkan untuk kulitmu. Secara umum, tidak diperlukan pelembap setelah membersihkan wajah dengan metode ini, namun jika kulitmu masih kering, coba untuk mengurangi minyak yang memiliki sifat untuk mengeringkan kulit dan gunakan sedikit saja pelembap untuk kulitmu.

Yang Perlu Diperhatikan

Namun, perlu diperhatikan ya, Minasan, bahwa untuk menggunakan metode ini, perlu untuk melakukan percobaan untuk beberapa kali agar benar-benar mendapat formula kombinasi minyak yang tepat untuk kulit kita, karena tidak semua orang memiliki kondisi kulit yang sama persis.
source: http://isagenixhealth.net/wp-content/uploads/2011/11/healthy_skin_small-resize.jpg