Olahraga merupakan salah satu kebutuhan dasar untuk menunjang kesehatan tubuh kita. Olahraga juga banyak dimanfaatkan salah satunya untuk menurunkan berat badan atau membentuk dan mengecilkan bagian tubuh di area yang diinginkan. Olahraga yang berat umumnya membutuhkan banyak tenaga dan waktu, serta alat-alat yang menunjang. Akan tetapi, jenis-jenis olahraga dibawah ini, cukup ringan akan tetapi dapat memberikan hasil yang baik dan efektif untuk program olahraga saat diet Minasan.

Pilates

Pilates adalah jenis olahraga yang memadukan beberapa tehnik latihan yang melibatkan konsentrasi pikiran dan latihan fisik guna mencari keseimbangan antara tubuh dan pikiran kita. Kelebihan pilates dibandingkan olahraga lain adalah Minasan tidak membutuhkan alat-alat berat dan mahal untuk melakukan olahraga ini. Pilates juga disebut-sebut dapat efektif menurunkan berat badan dikarenakan kita hanya menggunakan berat badan kita sendiri untuk menguatkan dan membentuk serta mengecilkan dan melatih area yang kita inginkan. Dikutip dari greatist.com, berikut adalah salah satu gerakan pilates dasar yang Minasan dapat lakukan untuk membakar kalori tubuh secara keseluruhan.
source: http://greatist.com/
Standing Roll-Down (dilakukan 5 kali ulangan)
source: http://greatist.com/
Minasan dapat melakukan gerakan di atas dengan 5 kali ulangan. Pada saat melakukan gerakan peregangan tangan, lakukan pula inhale (penarikan nafas), kemudian exhale (membuang nafas).
source: http://greatist.com/
Thigh Strech (dilakukan 10 kali ulangan)
source: http://greatist.com/
Untuk melakukan gerakan ini, Minasan cukup berlutut di atas lantai dengan posisi lutut sejajar di bawah pinggul. Lalu lakukan gerakan mengangkat lengan sejajar dengan bahu dan turunkan lengan sejajar dengan tubuh sambil memiringkan tubuh ke arah belakang sebanyak 45 derajat. Gerakan ini dapat diulangi sebanyak 10 kali. Gerakan ini efektif untuk membakar lemak dan menguatkan otot bagian perut dan paha.
source: http://greatist.com/
Swan (dilakukan 5-8 kali ulangan)
source: http://greatist.com/
Gerakan di atas dapat Minasan lakukan sebanyak 5-8 kali ulangan. Minasan cukup berbaring tertelungkup bertumpu pada perut dan paha. Bagian betis dan kaki bagian bawah diangkat sedikit dan diluruskan dengan posisi tubuh bagian atas. Angkat bagian dada dan bahu lalu luruskan lengan ke arah depan, lalu tekuk sikut membentuk huruf W di samping tubuh, tahan beberapa saat lalu luruskan kembali sambil sedikit menurunkan bagian tubuh atas. Gerakan swan ini baik untuk melatih otot bahu, dada, dan lengan bagian atas. Ketiga gerakan ringan pilates di atas bisa Minasan lakukan sehari-hari dan sebaiknya dilakukan sebanyak tiga ronde untuk mencapai hasil yang efektif.

Yoga

Kebanyakan orang berfikir latihan yoga dan pilates memiliki banyak kesamaan. Akan tetapi, latihan yoga dipercaya lebih banyak digunakan untuk rasa sehat dan rasa damai kesejahteraan seseorang. Tujuan dari yoga adalah untuk mensinergikan pikiran, tubuh, dan jiwa melalui rangkaian latihan, teknik meditasi, peregangan dan latihan pernafasan. Beberapa pose yoga dibawah ini cukup mudah dan bisa Minasan coba dirumah.
source: http://www.amoena.com.au/
Tadasana (Pose Gunung Untuk Pemanasan)
source: http://www.amoena.com.au/
Pose ini baik dilakukan untuk mengawali latihan yoga Minasan, caranya yaitu berdiri tegak lurus, kedua tangan lurus dan menutup sisi tubuh Minasan. Regangkan tangan ke depan sambil melakukan gerakan berjinjit pada kaki dan ditahan selama 20-30 detik. Gerakan ini dilakukan sebanyak 10 kali secara bertahap.
source: http://www.discover-yoga-online.com/
Pavanamuktasana (pose Angin) Tahapan : Berbaring dengan posisi terlentang, kaki lurus, dan tangan di samping tubuh Minasan. Tekuk kedua lutut hingga ke perut. Kalau memungkinkan tekuk kepala Minasan hingga dagu menyentuh lutut. Tahan posisi selama 60  E90 detik, dan ulangi 8-10 kali, dan istirahatlah 15 detik setiap mengulang gerakan Minasan
source: http://www.discover-yoga-online.com/
Pose ini dapat membantu Minasan mengurangi masalah pencernaan dan sembelit dan bisa membantu pembakaran lemak dalam darah. Pose ini bagus untung membuang gas dalam perut bila Minasan mengalami kembung.
source: http://www.a2zlifestyles.com/
Marjariasana (Pose Sapi atau Pose Kucing) Tahapan : Duduk dengan rileks, dan pelan pelan lakukan posisi seperti di gambar. Angkat kepala dan dorong punggung bawah sehingga berbentuk cekung. Tarik napas dalam dalam dan tahan sekitar 15-30 detik. Saat selesai buang napas pelan pelan dan lengkungkan punggung ke atas untuk menyeimbangkan tubuh Minasan. Ulangi secara bertahap
source: http://www.a2zlifestyles.com/
Latihan Marjariasana ini membutuhkan kontraksi yang kuat selama melakukan pose, latihan pose ini dapat membantu dalam mencairkan lemak dan mengurangi ukuran perut.
Itu tadi Minasan, beberapa olahraga ringan yang bisa kita coba lakukan di rumah. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan olahraga.