Taman Nasional Komodo


Taman yang terdiri dari Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar ini menyandang gelar Situs Warisan Dunia dari UNESCO pada tahun 1991. Eggak hanya komodo, di kawasan ini juga terdapat 58 jenis binatang dan 128 jenis burung yang dijaga dengan baik.
source: http://galleryhip.com/komodo-national-park.html
source: http://www.tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g325592-i26921471-Komodo_National_Park_Komodo_East_Nusa_Tenggara.html

Taman Nasional Ujung Kulon


Taman nasional yang identik dengan badak bercula satu ini terletak di provinsi Banten, Jawa Barat. Daerah ini juga mencakup hutan hujan yang dilindungi, serta flora dan fauna liar. Taman ini juga menyimpan keindahan alami yang belum banyak dijamah orang.
source: http://publicholiday.org/calendar/ujung-kulon-national-park-indonesia/
source: http://www.thegoldenscope.com/2014/08/unescos-world-heritage-sites-of-indonesia-pt-2/

Candi Borobudur


Sebagai monumen Budha terbesar, Candi Borobodur merupakan tempat yang selalu ramai dikunjungi turis sepanjang tahun. Kunjungi Candi Borobudur saat matahari terbit untuk menikmati kesunyian dan pemandangan tak terlupakan.
source: http://www.ainisastra.com/2013/09/inilah-foto-candi-borobudur-saat-pertama-kali-ditemukan.html
source: http://lifestyle.okezone.com/read/2014/09/23/408/1043376/destinasi-indonesia-yang-diakui-dunia

Candi Prambanan


Kompleks candi yang dibangun saat pemerintahan Sailendra berkuasa ini terdiri dari 240 candi Hindu. Kamu juga dapat menyaksikan pertunjukan sendratari Ramayana di malam hari yang berlatarkan bintang-bintang.
source: http://indonesianspaceresearch.blogspot.com/2012/10/candi-prambanan-cerita-rakyat.html
source: http://kratonpedia.com/article-detail/2011/11/12/197/50.Tahun.Sendratari.Ramayana.Prambanan.html

Situs Manusia Purba Sangiran


Penemuan fosil manusia purba seperti Meganthropus Palaeo dan Pithecanthropus Erectus di Sangiran yang dekat dengan kota Solo, Jawa Tengah membuat UNESCO memasukkan tempat ini ke dalam daftar Situs Warisan Sejarah Dunia di tahun 1996. Tempat ini juga menjadi kunci pembelajaran evolusi manusia purba.
source: http://kebudayaanindonesia.net/kebudayaan/820/situs-manusia-purba-sangiran
source: https://yunisura.wordpress.com/tag/situs-purbakala-sangiran/

Taman Nasional Lorentz


Taman nasional dari Papua yang satu ini masih belum banyak dijelajahi oleh orang lain sehingga tanaman asli, hewan dan budayanya masih asli. Karena lokasinya yang tinggi dan medan pendakian yang terbilang sulit, tempat ini juga disebut sebagai tempat dengan pendakian termahal di Indonesia.
source: https://galeriwisata.wordpress.com/wisata-papua/wisata-provinsi-papua/taman-nasional-lorentz/
source: http://anjungantmii.com/papua/index.php?option=com_content&view=article&id=7:tamannasionallorentz&catid=6:wisataalam&Itemid=14

Hutan Hujan Tropis Sumatra


Harimau, gajah dan orangutan Sumatra adalah binatang yang menempati hutan hujan tropis di Pulau Samutra. Di dalam situs ini juga terdapat Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan yang menampung 10.000 spesies tanaman, 200 spesies mammalia dan 600 spesies burung.
source: http://worldheritage.routes.travel/world-heritage-site/tropical-rainforests-of-sumatra/
source: http://enaturalicious.blogspot.com/2012/07/top-10-most-beautiful-tropical.html

Sistem Subak: Lanskap Kultur Provinsi Bali


Subak mencerminkan konsep filosofi Tri Hita Karana yang menyatukan roh, manusia dan alam. Di pusat Subak sendiri terdapat kuil air dan imam yang bertugas mendistribusikan air. Praktek pertanian dengan konsep Subak ini menjadikan Bali daerah yang paling efektif dalam hal penanaman padi di nusantara.
source: http://www.indonesia.travel/en/destination/73/bali/article/298/the-jatiluwih-rice-fields-a-unesco-cultural-landscape-from-bali-for-the-world
source: http://itineraryku.blogspot.com/2012/06/indonesia-untuk-dunia-world-heritage.html
UNESCO mengakui bahwa situs warisan di atas tidak hanya bernilai sejarah namun juga menyimpan kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Oleh karena itu, sudah sewajarnya kita mencintai dan melestarikan budaya negeri sendiri.