Pembuatan teh hijau berbeda dengan pembuatan teh hitam. Teh hitam dibuat dengan menggunakan proses fermentasi, sedangkan teh hijau tidak. Sehingga, teh hijau kaya dengan antioksidan dan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.
Berikut ini manfaat dari teh hijau:

1. Teman Baik Program Diet

Di dalam teh hijau terkandung polyphenol yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mempengaruhi penyerapan lemak tubuh. Di dalam 150 ml teh hijau dalam 1 cangkir dapat membakar kalori sebesar 25-30 kalori, sedangkan di dalam 250 ml dapat membakar kalori sebesar 40 kalori dalam tubuh. Dengan cara mengonversi makanan menjadi kalori lebih cepat dari biasanya, sehingga dapat menurunkan berat badan dan ini juga merupakan salah satu untuk menerapkan diet sehat. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin dan mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dapat mengurangi berat badan dalam jumlah yang signifikan selama beberapa bulan. Oleh karena itu, teh hijau menjadi minuman yang dapat memperlancar program diet yang sedang Minasan jalani.

2. Minim Risiko Kanker

Menurut penelitian dan riset bahwa dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin maka dapat menurunkan risiko terjadinya kanker dibandingkan dengan tidak mengonsumsi teh hijau. Hal ini dikarenakan bahwa teh hijau mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan sel kanker dalam tubuh manusia, serta dapat menghentikan berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker kolorektal, dan kanker prostat.

3. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Teh hijau dapat membantu memastikan partikel kolesterol lemak baik akan tersimpan dengan menambah kapasitas antioksidan dalam darah. Dengan kondisi seperti demikian, maka kolesterol atau lemak jahat dalam tubuh dapat diminimalkan sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Dan menurunkan risiko penyakit kardiovaskular atau penyakit jantung dengan kadar kolesterol jahat yang lebih rendah.

4. Dapat Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Dengan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Sehingga teh hijau jika dikonsumsi secara teratur dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan baik untuk pencegahaannya.

5. Membantu Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Teh hijau mengandung zat catechins yang dapat menghambat plak dan virus di mulut. Dengan mengonsumsi teh hijau dapat menghindari kerusakan gigi dan infeksi mulut serta dapat mengurangi bau mulut. Jadi, dengan konsumsi teh hijau dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut.

6. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Alzhaimer's dan Parkinson's

Zat catechins pada teh hijau dapat memiliki efek perlindungan pada neuron, sehingga membantu melindungi otak dalam jangka waktu yang panjang. Sehingga dapat menurunkan risiko penyakit Alzhaimer's dan Parkinson's dengan mengonsumsi teh hijau ini.
Teh hijau sangat cocok dengan ditambahkan madu alami bagi Minasan yang tidak menyukai rasa asli dari teh hijau. Walaupun teh hijau yang paling baik adalah teh hijau tanpa pemanis apapun apalagi pemanis buatan, yang sering kita jumpai yaitu pada teh hijau kemasan yang diolah dari pabrik atau dalam kemasan botol yang mengandung zat kimia. Dimana zat kimia tersebut mungkin kalorinya lebih tinggi daripada minuman soda atau sari buah. Dan tidak dianjurkan dengan menambahkan susu dan gula karena akan mengurangi efek antioksidan yang terdapat di dalam teh hijau bagi tubuh kita. Pilihlan teh hijau yang tidak mengandung fluoride agar dapat merasakan hasil yang maksimal bagi tubuh Minasan.