Cleanser Sebagai Langkah Awal

Produk pertama yang wajib, yaitu cleanser. Cleanser yang cocok dengan kulit Minasan akan menjadi dasar dari rutinitas perawatan kulit juga makeup. Kulit muka kusam tentunya akan terbantu dengan produk cleanser dengan membersihkan muka akan membuat kulit lebih cerah. Dengan muka yang bersih, akan membuat perawatan kulit lain yang digunakan menjadi lebih efektif. Cleanser harus lembut dan dapat menghapus makeup serta kotoran. Jangan gunakan sabun yang biasa digunakan untuk mandi karena tingkat pH sabun tersebut tentunya berbeda. Jika dilakukan akan membuat kulit menjadi kering. Gunakan pula cleanser yang memang dibuat khusus untuk jenis kulit Minasan, apakah kulit berjerawat, kering, berminyak, atau sensitif. Gunakan cleanser dengan gerakan melingkar. Setelah itu tunggu satu menit untuk langkah selanjutnya.
source: http://www.refinery29.com/applying-skin-care-products

Toner Sebagai Pelengkap Pembersih

Toner sering tidak digunakan karena mungkin dianggap berlebihan dan tugasnya telah dikerjakan oleh cleanser. Namun, toner memiliki manfaat yang lebih. Untuk lebih efektif melawan kulit muka kusam, toner memiliki peran menghapus sisa cleanser dan mengencangkan kulit. Selain itu, toner mencegah pembesaran pori-pori sehingga memiliki pertahanan lebih terhadap bakteri, dan membantu mengatur produksi minyak bahkan mengatasi jerawat. Toner dapat digunakan untuk memastikan kalau muka sudah benar-benar bersih dari semua minyak dan kotoran. Dengan penggunaan toner, kulit menjadi lebih siap untuk diberikan perawatan selanjutnya, seperti serum. Setidaknya tunggu tiga menit sebelum menggunakan produk lain. Minasan dengan kulit kering, lebih baik pilih toner yang alcohol-free dan water-based dengan kandungan seperti air mawar atau vitamin B sehingga dapat menjaga kelembaban kulit. Sedangkan kulit berminyak gunakan astringent agar lebih efektif.
source: http://www.stylist.co.uk/beauty/how-to-make-your-skincare-work-even-harder

Eksfoliasi untuk Mengangkat Kulit Mati

Eksfoliasi memang tidak dilakukan setiap hari, tetapi masih penting terutama untuk kulit muka kusam. Dengan menyikat sel kulit mati hingga bersih, akan menghasilkan sel baru yang lebih cerah. Eksfoliasi mengurangi penyumbatan pori-pori, kulit belang, kulit muka kusam, dan garis keriput. Gunakan cleanser terlebih dahulu sebelum melakukan eksfoliasi. Tentunya jangan menggosok terlalu kasar apalagi jika kulit muka sensitif. Biasanya kandungan AHA akan mengeksfoliasi permukaan kulit, sedangkan BHA mengeksfoliasi permukaan wajah juga dalam pori-pori. Setelah eksfoliasi, kulit membutuhkan kelembapan.

Moisturizer untuk Menjaga Kelembapan

Langkah ini sama pentingnya dengan langkah lain demi mengatasi kulit muka kusam. Tidak peduli jenis kulit, semua kulit memerlukan kelembapan untuk menjaganya dari kekeringan. Dengan adanya berbagai pelembap yang dikhususkan dengan berbagai jenis kulit, maka gunakan yang paling cocok dengan kulit Minasan. Selain itu, untuk kulit kering akan membutuhkan bantuan moisturizer yang lebih dibandingkan kulit berminyak. Menggunakan pelembab membantu memberikan kulit kelembapan yang cukup untuk melindungi diri dari polusi dan cuaca yang panas. Namun, tentunya apa yang berlebihan akan berakibat buruk, seperti menyumbat pori-pori. Melebapkan kulit adalah cara terbaik untuk membuat kulit terlihat lebih muda.

Produk Lain Sesuai Masalah Kulit

Produk tambahan di sini tergantung dengan masalah yang ada di masing-masing orang. Pastinya masalah kulit akan berbeda-beda. Salah satu produk yang dapat ditambahkan untuk perawatan kulit, yaitu serum. Serum memiliki berbagai macam manfaat sesuai dengan macamnya. Selain itu, serum teksturnya lebih ringan daripada pelembap. Untuk mencerahkan warna kulit dan melindungi dari faktor perusak eksternal, biasanya mengandung antioksidan atau vitamin C. Lain halnya untuk hiperpigmentasi, salah satu kandungan yang dianjurkan adalah niacinamide. Ada juga jenis serum lain, seperti anti aging, memutihkan, atau mengurangi flek hitam. Atau, jika lebih memilih produk lain misalnya masker. Atau, dalam bentuk lain lagi, yaitu krim atau gel misalnya untuk jerawat, gunakan yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.
source: http://stylecaster.com/beauty-high/skin-care-routine/