"Tidak Perlu Menggunakan Sunblok Saat Cuaca Mendung"

Seandainya awan mampu menghalangi sinar ultraviolet mungkin kalimat tersebut bisa menjadi fakta. Namun, pada kenyataannya walaupun langit dipenuhi oleh awan, sinar ultraviolet yang terdiri dari UVA dan UVB mampu menembus ketebalan awan, terutama UVA. UVA merupakan sinar matahari yang mampu menembus awan, gelas, atau kabut dan dapat menyebabkan kulit Minasan mengalami penuaan dini. Untuk itu, kalimat tersebut mitos adanya. Walaupun cuaca sedang terik atau bersalju, Minasan harus tetap menggunakan sunblock agar terhindar dari pengaruh buruk sinar ultraviolet pada kulit yang bisa menyebabkan penuaan dini, flek hitam, bahkan kanker kulit.

"Memakai Sunblock Jika Hanya Ingin ke Pantai"

Pantai, gunung, maupun di dalam ruangan tidak ada bedanya, Minasan. Pengaruh buruk sinar ultraviolet pada kulit dapat menembus segala media sehingga walaupun di dalam rumah yang terkesan teduh dan jauh dari teriknya matahari tetap saja Minasan harus menggunakan sunblock. Bukan tempatnya yang harus diperhatikan, tetapi kadar sunblock yang harus digunakan. Jika di dalam ruangan, Minasan cukup menggunakan sunblock SPF 30, namun jika berniat melakukan aktivitas di luar rumah atau liburan ke pantai, Minasan harus menggunakan sunblock minimal spf 50. Dimanapun kita berada, sunblock wajib kita gunakan.
source: http://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/tips/a25221/sunscreen-mistakes/

"Menggunakan Sunblock Satu Kali Sehari Sudah Cukup"

Kalimat barusan adalah mitos, Minasan. Yang perlu diketahui adalah angka sunblock yang tertera pada label merupakan pentunjuk mengenai berapa lama perlindungan yang diberikan bisa bertahan. Jika Minasan menggunakan spf 50, maka itu artinya sunblock tersebut hanya mampu melindungi kulit Minasan hanya selama 500 menit saja. Begitu juga dengan spf 30 yang memiliki arti bahwa sunblock tersebut hanya bisa melindungi kulit Minasan selama 300 menit. Untuk itu, kami sarankan bahwa Minasan juga memiliki sunblock dalam bentuk spray. Sunblock dalam bentuk spray tidak akan merusak makeup yang telah Minasan aplikasikan ke wajah. Jika sunblock dalam bentuk spray susah ditemukan, Minasan bisa juga membeli bedak yang mengandung SPF.

" Hanya Menggunakan Sunblock Pada Wajah"

Faktanya, seluruh tubuh Minasan dari ujung rambut hingga ujung kaki dilindungi oleh kulit. Untuk itu, pengaplikasian sunblock tidak hanya pada wajah saja, namun juga seluruh tubuh, karena pengaruh buruk sinar ultraviolet tidak hanya berdampak pada kulit wajah saja. Gunakanlah sunblock yang sesuai dengan bagian tubuh Minasan agar kulit terlindungi dengan sempurna.
source: http://www.skinacea.com/sunscreen/wear-sunscreen-right.html#.VfemPzn7QUU

" Menggunakan Sunblock SPF 50 + Bedak SPF 30 = Perlindungan Kulit Menjadi SPF 80"

Perhitungan matematika seperti kalimat di atas tidak berlaku bagi penggunaan sunblock, Minasan. Jika Minasan mengaplikasikan sunblock spf 50 di wajah kemudian menggunakan bedak spf 30 perlindungan pada kulit Minasan tidak menjadi spf 80, namun tetap pada spf 50, kadar spf tertinggi yang Minasan gunakan. Jika ingin mendapatkan perlindungan selama 800 menit, sebaiknya Minasan menggunakan sunblock spf 50 dan 500 menit kemudian Minasan bisa melindungi kulit menggunakan bedak spf 30.
source: http://www.albertahealthservices.ca/apple/4563.asp
Kalimat-kalimat yang ada di atas merupakan mitos yang seringkali dipercaya oleh sebagian orang. Sebagai manusia yang peduli akan kesehatan kulit, sebaiknya Minasan lebih cermat dalam menanggapi berbagai macam hal dan mencari tahu lebih dalam lagi agar tidak mudah terkecoh dan dapat menghindari pengaruh sinar ultraviolet pada kulit secara optimal.