Membersihkan Muka Sebagai Langkah Pertama

Ada banyak sekali hal-hal di sekitar kita yang membuat kulit muka kusam. Tentu saja langkah pertama dalam memerangi kulit muka kusam adalah membersihkannya. Singkirkan makeup, debu, kotoran lain dari muka setelah sampai di rumah. Jika tidak dilakukan, pastinya kulit muka kusam serta berbagai masalah kulit lainnya, seperti jerawat, akan berdatangan.

Eksfoliasi untuk Menyingkirkan Sel Kulit Mati

Jika sel-sel kulit mati dibiarkan saja menghuni muka Minasan, maka kulit menjadi tidak halus dan tidak dapat memantulkan cahaya yang membuatnya cerah. Jadilah, kulit muka kusam. Namun, pastinya Minasan tidak menginginkan itu terjadi. Lakukan eksfoliasi dengan gerakan memutar yang lembut dan tidak berlebihan sekitar dua kali seminggu atau tergantung kebutuhan. Atau alternatif lain, yaitu peeling. Dengan berusaha mengusir sel-sel kulit mati, kulit cerah yang tertutup pun akan terlihat. Untuk kulit normal, gunakan yang mengandung asam glikolat sekitar seminggu sekali. Berbeda dengan kulit berminyak, eksfoliasi dapat dilakukan lebih banyak dari kulit normal. Pada kenyataannya, memang kulit ini lebih membutuhkannya. Pakai produk yang mengandung asam salisilat yang dapat membersihkan pori-pori tersumbat. Untuk Minasan dengan kulit kering atau sensitif, dalam eksfoliasi pastinya tidak sebanyak pada mereka yang memiliki kulit berminyak. Lakukan dengan ekstra hati-hati karena kulit Minasan rentan dengan iritasi dan nantinya malah tambah kering. Lebih baik menggunakan produk dengan asam laktat yang memiliki molekul relatif lebih besar sehingga tidak menembus kulit sedalam asam-asam lainnya. Sel kulit mati pada kulit muka kusam juga menyebabkan pelembab tidak terserap dengan baik, maka eksfoliasi penting untuk membantu produk pelembab bekerja sehingga hasil lebih maksimal.

Melembabkan Muka untuk Membantu Kulit

Setelah eksfoliasi, produk moisturizer akan membantu dalam pemeliharaan kulit muka. Menjaga kelembaban kulit sangat penting untuk memberi tampilan kulit lebih segar dan bercahaya. Terutama untuk Minasan dengan tipe kulit kering yang rentan terhadap kulit kusam akibat kelembaban kulit yang tidak terjaga. Pelembab untuk pagi hari dianjurkan mengandung SPF, sedangkan pelembab malam lebih baik kaya antioksidan. Dengan begitu, akan lebih ideal untuk membuat kulit muka kusam menjadi cerah.
source: http://www.hercampus.com/beauty/how-revive-dull-dreary-winter-skin

Berolahraga untuk Kulit Cerah

Dengan berolahraga rutin, akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih baik sehingga lebih banyak oksigen dan nutrisi yang disebarkan ke sel-sel kulit. Selain itu, olahraga dapat membantu mengeluarkan toksin lewat keringat yang merupakan salah satu penyebab kulit muka kusam. Yoga juga dapat dilakukan untuk memelihara kulit. Dengan melakukan yoga, dapat mengurangi stres sehingga akan berpengaruh positif terhadap kulit.

Gunakan Perawatan Kulit yang Baik

Setelah Minasan rajin melakukan eksfoliasi serta tidak lupa memakai pelembab untuk menghindari kulit muka kusam, jangan lupa memilih produk-produk kecantikan yang mengandung beberapa kandungan seperti, retinoid untuk merangsang kolagen. Untuk pelembab, ceramide adalah kandungan yang baik untuk mengatasi kulit muka kusam. Selain itu, jangan lupakan vitamin C untuk mencerahkan kulit dan membantu menghilangkan warna kulit yang belang.
source: http://www.bustle.com/articles/80622-get-glowing-skin-with-these-7-tips-that-will-help-you-look-and-feel-radiant

Lakukan Dengan Benar

Produk pembersih atau pelembab yang tidak cocok dan eksfoliasi berlebihan bisa mengikis lapisan pelindung kulit dari minyak alami sehingga kelembaban alami kulit pun berkurang. Bahkan jika menggunakan produk yang sangat baik, melakukan kesalahan atau terlalu berlebihan akan membuat kulit muka kusam tidak akan pergi. Untuk itu, kesabaran penting untuk menghindari berlebihannya pemakaian. Selain itu, pilihlah produk untuk muka dengan hati-hati.

Dapat Pula Menggunakan Make Up

Untuk cara instan Minsan dapat gunakan highlighter untuk menjadikan kulit lebih cerah. Kalau Minasan memiliki kulit jenis normal atau kering, pakailah krim highlighter. Pada kulit berminyak, gunakan highlighter dengan bentuk bubuk. Highlighter dapat dipakai untuk poin-poin menonjol di muka, seperti tulang pipi, hidung, tengah dahi atau dagu. Selain highlighter, dapat pula gunakan primer untuk mencerahkan kulit muka. Dapat digunakan tanpa foundation atau di bawah foundation.
source: http://www.popsugar.com/beauty/Where-Apply-Highlighter-Your-Face-23510296